23 Nopember 2017   Kesehatan

Yuk, Simak Pola Diet yang Benar di Sini!

1842     0
Saat berat badan sudah mulai di ambang batas normal, diet selalu menjadi jalan keluar yang dinilai paling efektif. Akan tetapi, sering kali diet justru disalahgunakan beberapa orang dengan hampir tidak makan apapun sama sekali. Alih alih langsing dalam waktu singkat, malah penyakit yang justru datang.

Diet bukan berarti tidak memperbolehkanmu makan, lho! Dalam arti katanya secara harfiah, diet merupakan upaya mengatur pola makan, baik itu porsi ataupun kandungan gizinya. Tentu saja kamu tetap boleh mengonsumsi makanan dengan karbohidrat sebagai sumber energimu setiap hari, hanya saja tidak dalam jumlah yang banyak.

Lalu, bagaimana pola diet yang benar? Jika kamu ingin memangkas pengonsumsian nasi, tak masalah. Begini panduannya:

1.Cari Makanan Pengganti Nasi
Kalau orang Amerika saja bisa hidup tanpa harus makan nasi, mengapa kamu tidak? Logikanya seperti itu.
 
2.Rancang Sendiri Menu Dietmu
Kunci diet adalah komitmen dan disiplin. Maka itu, menu diet yang dibuat harus benar-benar dijalani agar berat badan dapat turun dengan cepat tanpa efek samping atau risiko penyakit apapun di kemudian hari. Kamu bisa merancang sendiri menu dari pola diet yang benar, misalnya seminggu, 13 hari, atau sebulan dengan contoh menu sebagai berikut:
 
  • Sarapan: Ubi rebus dan segelas teh hangat
  • Makan Siang: Nasi beras merah dan ayam panggang
  • Makan Malam: Sup kacang polong
  • Snack: Salad buah
 
3.Hindari Minuman Manis
Pada dasarnya pola diet yang benar sekalipun akan percuma jika kamu masih terus mengonsumsi minuman manis. Walau terlihat sepele, tapi minuman manis seperti hot chocolate saja bisa menggemukkan, lho! Jika dihitung kandungannya, segelas teh hijau yang ditambahkan susu tersebut mengandung 260 kalori atau setara dengan 6 buah bakso berukuran 2 ons. Lebih baik, perbanyak minum air putih sekurang-kurangnya 8 gelas sehari.
 
4.Jangan Ngemil
Pola diet yang benar selanjutnya adalah usahakan untuk tidak ngemil! Meski ‘puasa’ nasi putih, bukan berarti ngemil diperbolehkan ya. Singkirkan potato chips kesukaanmu, ganti lah dengan buah-buahan seperti pisang, mangga, atau pepaya. Sebagai variasi, kamu bisa menambahkan granola tau agar-agar. Menarik, bukan?
 
5.Seimbangkan dengan Olahraga
Selain berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga mengambil peran besar dalam membantu mengoptimalkan pola diet yang benar. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat, cukup ringan saja akan tetapi dilaksanakan secara teratur. Misalnya jogging selama 30 menit minimal sebanyak 2 kali seminggu.
 
Dengan melakukan pola diet yang benar di atas, bukan tidak mungkin berat badan ideal bisa kamu miliki tanpa harus ‘sakit-sakitan’. Tapi memang butuh waktu yang tidak instan untuk benar-benar mendapat hasil yang maksimal.
 
Jaga Tubuhmu, Miliki Asuransi Kesehatan Sekarang Juga
Melakukan pola diet yang benar sesunggguhnya bukan hanya untuk keindahan tubuh saja. Manfaat lainnya untuk kesehatan pun banyak. Contohnya saat kamu memilih untuk tidak mengonsumsi nasi putih, berarti kamu pun telah mengurangi risiko diabetes sebanyak 15%. Seperti yang diketahui, nasi putih mengandung banyak zat gula yang selain menggemukkan juga memicu penyakit tersebut.

Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga diri dari serangan penyakit adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Mengapa harus memiliki asuransi kesehatan? Ketika tak ada yang tahu kapan penyakit datang, di situlah asuransi kesehatan memberi peran terbaik untuk meng-cover semua biaya berobat yang mungkin belum Anda persiapkan.

Pilih asuransi kesehatan terbaik, pilih AXA Financial Indonesia. Salah satu penawaran menariknya kini adalah perlindungan terhadap jantung dan stroke dengan premi kembali sebesar 105%, lho. Dapatkan segera sebelum promo berakhir!

Inspirasi Terkait
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya
24 Juni 2019   Kesehatan
Salah satu masalah persendian yang sering terjadi tanpa mengenal usia yakni penyakit asam urat. Dalam keadaan normal, asam urat dapat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, dalam kondisi tertentu asam urat bisa muncul dalam jumlah yang berlebih sehingga terjadi penumpukan dalam tubuh.
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya
24 Juni 2019   Kesehatan
Infeksi bisa terjadi di mana saja, termasuk pada area kantung kemih. Hal ini tentunya cukup rentan terjadi pada sebagian orang, karena pada area tersebut memiliki tingkat kelembapan paling sensitif. Sehingga, bakteri dan virus akan lebih cepat berkembang. Perlu diketahui juga, bahwa infeksi saluran
Baca Selengkapnya
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!
24 Juni 2019   Kesehatan
Anemia merupakan suatu kondisi ketika tubuh manusia kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin. Hal ini memiliki manfaat untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Hal ini dapat terjadi dalam jangka waktu panjang maupun pendek, serta tak boleh disepelekan, lho.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...