23 Nopember 2017   Kesehatan

Yuk, Simak Pola Diet yang Benar di Sini!

1949     0
Saat berat badan sudah mulai di ambang batas normal, diet selalu menjadi jalan keluar yang dinilai paling efektif. Akan tetapi, sering kali diet justru disalahgunakan beberapa orang dengan hampir tidak makan apapun sama sekali. Alih alih langsing dalam waktu singkat, malah penyakit yang justru datang.

Diet bukan berarti tidak memperbolehkanmu makan, lho! Dalam arti katanya secara harfiah, diet merupakan upaya mengatur pola makan, baik itu porsi ataupun kandungan gizinya. Tentu saja kamu tetap boleh mengonsumsi makanan dengan karbohidrat sebagai sumber energimu setiap hari, hanya saja tidak dalam jumlah yang banyak.

Lalu, bagaimana pola diet yang benar? Jika kamu ingin memangkas pengonsumsian nasi, tak masalah. Begini panduannya:

1.Cari Makanan Pengganti Nasi
Kalau orang Amerika saja bisa hidup tanpa harus makan nasi, mengapa kamu tidak? Logikanya seperti itu.
 
2.Rancang Sendiri Menu Dietmu
Kunci diet adalah komitmen dan disiplin. Maka itu, menu diet yang dibuat harus benar-benar dijalani agar berat badan dapat turun dengan cepat tanpa efek samping atau risiko penyakit apapun di kemudian hari. Kamu bisa merancang sendiri menu dari pola diet yang benar, misalnya seminggu, 13 hari, atau sebulan dengan contoh menu sebagai berikut:
 
  • Sarapan: Ubi rebus dan segelas teh hangat
  • Makan Siang: Nasi beras merah dan ayam panggang
  • Makan Malam: Sup kacang polong
  • Snack: Salad buah
 
3.Hindari Minuman Manis
Pada dasarnya pola diet yang benar sekalipun akan percuma jika kamu masih terus mengonsumsi minuman manis. Walau terlihat sepele, tapi minuman manis seperti hot chocolate saja bisa menggemukkan, lho! Jika dihitung kandungannya, segelas teh hijau yang ditambahkan susu tersebut mengandung 260 kalori atau setara dengan 6 buah bakso berukuran 2 ons. Lebih baik, perbanyak minum air putih sekurang-kurangnya 8 gelas sehari.
 
4.Jangan Ngemil
Pola diet yang benar selanjutnya adalah usahakan untuk tidak ngemil! Meski ‘puasa’ nasi putih, bukan berarti ngemil diperbolehkan ya. Singkirkan potato chips kesukaanmu, ganti lah dengan buah-buahan seperti pisang, mangga, atau pepaya. Sebagai variasi, kamu bisa menambahkan granola tau agar-agar. Menarik, bukan?
 
5.Seimbangkan dengan Olahraga
Selain berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga mengambil peran besar dalam membantu mengoptimalkan pola diet yang benar. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat, cukup ringan saja akan tetapi dilaksanakan secara teratur. Misalnya jogging selama 30 menit minimal sebanyak 2 kali seminggu.
 
Dengan melakukan pola diet yang benar di atas, bukan tidak mungkin berat badan ideal bisa kamu miliki tanpa harus ‘sakit-sakitan’. Tapi memang butuh waktu yang tidak instan untuk benar-benar mendapat hasil yang maksimal.
 
Jaga Tubuhmu, Miliki Asuransi Kesehatan Sekarang Juga
Melakukan pola diet yang benar sesunggguhnya bukan hanya untuk keindahan tubuh saja. Manfaat lainnya untuk kesehatan pun banyak. Contohnya saat kamu memilih untuk tidak mengonsumsi nasi putih, berarti kamu pun telah mengurangi risiko diabetes sebanyak 15%. Seperti yang diketahui, nasi putih mengandung banyak zat gula yang selain menggemukkan juga memicu penyakit tersebut.

Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga diri dari serangan penyakit adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Mengapa harus memiliki asuransi kesehatan? Ketika tak ada yang tahu kapan penyakit datang, di situlah asuransi kesehatan memberi peran terbaik untuk meng-cover semua biaya berobat yang mungkin belum Anda persiapkan.

Pilih asuransi kesehatan terbaik, pilih AXA Financial Indonesia. Salah satu penawaran menariknya kini adalah perlindungan terhadap jantung dan stroke dengan premi kembali sebesar 105%, lho. Dapatkan segera sebelum promo berakhir!

Inspirasi Terkait
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
07 Oktober 2019   Lifestyle
Meraih impian bukanlah hal yang sulit dilakukan jika kamu mengikuti tips berikut ini
Baca Selengkapnya
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
07 Oktober 2019   Kesehatan
Gangguan pada jantung tidak hanya menunjukkan gejala sesak napas, lho. Kamu perlu mengetahui tanda-tanda yang berbeda dari setiap jenis penyakit jantung seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
07 Oktober 2019   Kesehatan
Sakit jantung memang berbahaya dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, yuk kenali apa saja gejalanya, khususnya bagi para wanita yang memiliki tanda berbeda dari pria.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...