16 September 2019   Lifestyle

Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini

1431     0
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Momen ini dimanfaatkan oleh banyak pelanggan di seluruh Indonesia untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Sementara para pengusaha serta perusahaan barang dan jasa menawarkan berbagai hal menarik untuk membuat pelanggannya senang.

Pelanggan sendiri diartikan sebagai orang yang membeli produk, baik barang maupun jasa secara tetap kepada penjual. Hadirnya hari spesial ini diupayakan mampu membuat perekonomian tanah air menjadi lebih baik.

Hari pelanggan nasional sendiri kerap disamakan dengan hari konsumen nasional, padahal keduanya berbeda.
Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Penetapan Hari Pelanggan Nasional


Munculnya ide hari spesial untuk para pelanggan di Indonesia ini pertama kali dicetuskan pada 4 September 2003 oleh Handi Irawan, seorang konsultan pemasaran dari Frontier Consulting Group. Selain sebagai konsultan, Handi juga dikenal sebagai Content & Knowledge Based Speaker terbaik di Indonesia.

Beberapa penghargaan populer yang diterimanya yakni antara lain Top Brand Award, Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC), Indonesian Customer Satisfaction Award (ICS), dan Marketing Award.  Idenya untuk menetapkan hari pelanggan pun mendapat banyak sambutan dari berbagai pihak.

Hal ini disebabkan oleh keadaan yang selama ini menganggap bahwa posisi pelanggan tampak tidak lebih tinggi dari perusahaan. Padahal setiap perusahaan wajib memahami pelanggan sebagai jiwa dari sebuah perusahaan. Tanpa pelanggan, perusahaan tidak ada apa-apanya.

Untuk memahami para pelanggan pun bukan pekerjaan mudah. Hal ini dikarenakan oleh harapan pelanggan yang selalu meningkat dari waktu ke waktu sehingga pelanggan pun tidak akan pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka telah terpuaskan oleh layanan yang diberikan selama ini. Harapan ini pun akan berbeda antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya.

Keberadaan hari pelanggan sendiri bukan hanya miliki Frontier Consulting Group, tapi juga seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta yang ada. Dengan adanya hari pelanggan nasional pun diharapkan menjadi titik balik yang tepat untuk meningkatkan semangat seluruh perusahaan dalam memusakan para pelanggan. 

Promo dan Diskon di Hari Pelanggan Nasional


Tahukah kamu jika hari pelanggan nasional sering kali dirayakan dengan beragam promo dan diskon yang melimpah? Hal ini diberikan oleh banyak perusahaan dan penyedia jasa dari berbagai bidang, mulai dari makanan, minuman, bank, hingga operator telekomunikasi.

Dengan begini, loyalitas pelanggan terhadap barang dagangan pun bisa meningkat. Loyalitas ini perlu tetap dijaga karena persaingan di dunia bisnis pun semakin tak terhindarkan. Di sisi lain, pelanggan jadi lebih terpuaskan dengan adanya promo dan diskon yang ditawarkan. Menarik bukan?

Nah, itu tadi ulasan mengenai sejarah hari pelanggan nasional serta kelebihan-kelebihan menarik yang sering ditawarkan selama hari spesial tersebut. Yang jelas, jangan pernah melewatkan penawaran-penawatan menarik di hari tersebut karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Selamat hari pelanggan nasional!

Baca juga: Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
23 Mei 2020   Lifestyle
Mau tampil cantik saat Lebaran nanti? Coba tutorial makeup ala Beauty Vlogger. Cek di sini!
Baca Selengkapnya
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
22 Mei 2020   Lifestyle
Selain menyiapkan ketupat, kamu juga perlu menyiapkan kue-kue kering ini loh di meja. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
22 Mei 2020   Lifestyle
Walaupun Lebaran #DIRUMAHAJA, tapi kita tetap bisa menikmati makanan khas Lebaran dong. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...