06 Juli 2017   Lifestyle

Yang Stress sama Sisa-sisa Lemak Lebaran, Makan 7 Buah dan Sayur ini Aja!

Lebaran boleh jadi momen perayaan yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat Muslim dan mungkin juga umat lainnya.

Bagaimana tidak? Liburan panjang, rekreasi tempat wisata, takbir keliling bersama, THR, hingga mengunjungi kerabat sanak saudara dan teman sudah menjadi kegiatan wajib lebaran yang semuanya menyenangkan.  Apalagi soal makanan, momen silaturrahmi lebaran rasanya tidak lepas dari berbagai suguhan makanan lezat.

Walaupun tidak semua, umumnya hidangan lebaran seperti opor ayam dan rendang mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Akibatnya, berat badan naik drastis dan menjadi masalah terutama pada kaum wanita.

Lalu, bagaimana cara membersihkan tumpukan lemak di tubuh setelah lebaran berlalu?

Tidak perlu khawatir! Buah dan sayuran dapat menjadi alternatif ketika kamu merasa lapar dan ingin ngemil. Mulailah mengganti sisa-sisa kue lebaran dengan potongan buah segar dan sayuran hijau yang kaya vitamin, mineral dan serat yang baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.
 
Berikut beberapa buah dan sayuran yang baik dijadikan cemilan dan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak menambah berat badan (hitungan dalam kkal = kilokalori) :
 
  1. Buah Apel (52 kkal per 100 gr)
Manfaat apel untuk diet merupakan salah satu yang paling terkenal di jagad raya, termasuk di Indonesia. Apel tidak memiliki kandungan lemak dan kaya serat jadi aman untuk diet dan usus. Kandungan seratnya yang sangat tinggi membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita.
 
  1. Buah Pisang (89 kkal, 100 gr)
Jenis pisang yang paling digemari untuk diet adalah Cavendish. Daging buahnya putih dan kekuningan dengan rasa yang manis dan lunak. Kamu bisa mengonsumsi lebih dari satu buah asalkan bisa mengontrol agar tidak terlalu kenyang.  Bagi kamu penggemar olahan pisang seperti pisang goreng dan kolek, jenis Cavendish bukan pilihan yang tepat karena nutrisinya akan berkurang saat diolah.
 
  1. Buah Kiwi (61 kkal, 100 gr)
Kiwi adalah jenis makanan ideal yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah. Kiwi memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak daripada buah jeruk, dan vitamin ini dikemas dalam bentuk antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif dan anti-kanker.
 
  1. Buah Tomat (20 kkal, 100 gr)
Tomat mengandung banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor, kalium, besi, vitamin A, vitamin K, vitamin C,kalsium, thiamine, natrium dan protein. Mengonsumsi tomat dapat memberikan rasa kenyang sekaligus membantu menurunkan hormon ghrelin dalam tubuh yang memicu nafsu makan. Jika dikonsumsi secara rutin, ampuh menurunkan berat badan, lho.
 
  1. Buah papaya (39 kkal, 100 gr)
Buah papaya sangat bagus untuk membantu penurunan berat badan dengan cepat karena buah papaya mengandung enzim alami yang sangat unik yang mendorong proses pencernaan makanan dengan cepat. Buah papaya juga sangat kaya akan nutrisi antioksidan seperti vitamin C, karoten dan flavonoids.
 
  1. Edamame (81 kkal, 100 gr)
Sayuran yang sekilas mirip petai ini rendah karbohidrat dan lemak. Seperti kacang, Edamame sangat pas dijadikan camilan sehat. Kedelai jepang ini kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan protein. Edamame baik untuk memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan.
 
  1. Wortel (41 kkal, 100 gr)
Taukah kamu jika wortel mentah lebih bermanfaat untuk kesehatan? Itu karena kandungan gizinya masih sempurna. Dengan mengonsumsi wortel, kita akan terhindar dari masalah pencernaan karena kandungan potassium, sodium, sulfur, magnesium, dan fosfor pada wortel dapat melawan bakteri penyebab diare dengan cepat. Mengonsumsi wortel sebelum makan akan membantu perutmu kenyang, sehingga makan berikutnya lebih sedikit.
 
Selamat mencoba!
 
Source:
https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/
http://manfaat-buah.com/manfaat-buah-dan-sayur-untuk-kesehatan-tubuh/
 
asuransi penyakit kritis

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...