24 Juni 2019   Kesehatan

Waspadai Penyebab Asam Urat di Usia Muda! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindarinya

176     0
Salah satu masalah persendian yang sering terjadi tanpa mengenal usia yakni penyakit asam urat. Dalam keadaan normal, asam urat dapat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, dalam kondisi tertentu asam urat bisa muncul dalam jumlah yang berlebih sehingga terjadi penumpukan dalam tubuh.

Secara umum, asam urat sendiri disebabkan oleh penggunaan obat-obatan, konsumsi makanan yang mengandung purin, keturunan dari anggota keluarga, cedera atau menjalani operasi, hingga kondisi medis tertentu seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, serta obesitas. Lantas, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyebab asam urat? Yuk, simak 5 di antaranya berikut ini!

Kebiasaan Merokok dan Minuman Beralkohol



Sudah bukan rahasia lagi jika rokok berdampak negatif pada kesehatan tubuh seseorang, apalagi gangguan asam urat. Selain rokok, asupan minuman beralkohol juga ternyata mampu memicu asam urat sehingga kedua hal ini wajib untuk dihindari.

Memenuhi Asupan Cairan Tubuh



Banyak orang yang tidak sadar bahwa kekurangan asupan cairan tubuh mampu menyebabkan munculnya gangguan kesehatan yang satu ini. Maka dari itu, kamu patut memperbanyak minum air putih. Adapun air minum yang baik untuk persendian tubuh yakni air mineral. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral 8 hingga 12 gelas per hari.

Perbanyak Makan Buah Ceri dan Stroberi



Tahukah kamu jika buah ceri dan stroberi dapat mengurangi risiko masalah asam urat? Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang terdapat pada kedua buah ini. Tidak hanya itu, buah ini juga berpurin rendah dan tidak mengandung asam.

Konsumsi Multivitamin Secara Teratur



Adapun cara lain untuk menghindari terjadinya asam urat yakni dengan mengonsumsi multivitamin secara teratur. Ada berbagai multivitamin dengan kandungan mineral seperti magnesium, zinc, serta kalsium yang diperlukan oleh persendian tubuh agar dapat tetap sehat.

Hindari Makanan Kaya Purina



Terakhir, salah satu cara untuk mewaspadai masalah pada persendian adalah dengan menghindari makanan kaya purin. Purina sendiri merupakan senyawa dalam DNA tubuh dan berbagai macam makanan yang mampu menimbulkan asam urat.

Beberapa makanan dengan kandungan purin yang tinggi yakni ikan kering, sarden, teri, hati ayam, daging jeroan, ikan tuna, serta berbagai makanan seafood. Selain itu, telur, es krim, keju, mentega, dan kacang-kacangan juga mengandung purin. Olehnya itu, konsumsi makanan-makanan tersebut harus dikontrol sejak dini sebelum asam urat menyerang.

Pada beberapa kasus, gangguan kesehatan yang satu ini sering kali tidak menunjukkan gejala apapun di awal. Tanda-tanda asam urat akan muncul ketika seorang pengidap mengalami kondisi lebih serius. Beberapa gejala dan tanda umum yang akan muncul yakni antara lain sebagai berikut:
1. Kesulitan dalam berjalan karena adanya sakit, khusus di malam hari
2. Sendi yang mendadak terasa sakit
3. Sendi bengkak dan lunak
4. Nyeri hebat disertai bengkak, rasa panas, serta warna kemerahan pada kulit persendian
5. Penderita asam urat akut juga sering diserang demam saat nyeri terasa

Berbagai tanda-tanda ini kerap terjadi dalam waktu yang sebentar bahkan jangka panjang. Maka dari itu, untuk pengobatan ada baiknya jika segera memeriksakan diri ke dokter agar penanganan dini dapat dilakukan. Penanganan yang cepat dan tepat mampu menghindari kamu dari komplikasi yang berbahaya.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
12 Juli 2019   Lifestyle
Setelah menikah, ada banyak hal yang harus disesuaikan dan kompromikan. Salah satu halnya adalah masalah keuangan. Sebagian besar pasangan baru merasa tidak tahu cara mengatur keuangan. Bahkan masalah keuangan bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Untuk menghindari masalah tersebut. Yuk, ikut
Baca Selengkapnya
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
12 Juli 2019   Kesehatan
Bagi para pencinta kuliner tentu tidak asing lagi dengan Bubble Tea. Minuman manis ini dikenal juga sebagai teh susu mutiara, teh, bobo, atau jus boba. Namun pada dasarnya, Bubble Tea merupakan minuman berbasis teh Taiwan.
Baca Selengkapnya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
12 Juli 2019   Kesehatan
Kabar gembira bagi para pencinta otomotif di Indonesia. Pasalnya, pagelaran otomotif dengan skala internasional bakal digelar bulan ini. GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dijadwalkan akan dilaksanakan pada 18 hingga 28 Juli 2019 mendatang.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...