05 Juli 2018   Kesehatan

Waspadai! 5 Makanan Pemicu Penyakit Jantung Ini Harus Segera Dihindari

Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung sejak lama jadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Meski dari kalangan penyakit tidak menular (PTM), menurut Survei Sample Regristration System (SRS) pada 2014, sebanyak 12,9 persen disebabkan oleh penyakit jantung.

Alasan mengapa penyakit jantung cukup berbahaya karena penopang kehidupan manusia adalah jantung, dengan adanya jantung manusia dapat bernafas, dengan adanya jantung manusia mampu mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh, bayangkan bila jantung kamu berhenti berfungsi 10 menit saja, sudah dapat dipastikan tidak ada kehidupan lagi.

Ada beberapa penyebab penyakit jantung yaitu gaya hidup tidak sehat seperti bergadang, merokok dan meminum-minuman keras atau alkohol. Selain hal yang sudah di sebutkan diatas ternyata salah satu penyebab penyakit jantung adalah pola makan yang tidak sehat. Ada beberapa makanan yang menyebabkan atau memicu munculnya penyakit jantung. Beberapa makanan pemicu penyakit jantung seperti:
 

Gorengan

Salah satu makanan pemicu penyakit jantung adalah gorengan. Gorengan merupakan makanan yang cukup lezat, bahkan nikmat, namun sebaiknya kamu harus mengontrol berapa banyak gorengan yang akan kamu konsumsi. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gorengan akan menyebabkan adanya reaksi inflamansi yang akan membuat pembuluh darah pada tubuh anda terutama pembuluh darah di jantung anda menjadi tersumbat dengan tumpukan lemak yang ada karena gorengan ini.
 

Makanan Cepat Saji

Makanan pemicu penyakit jantung selanjutnya adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji seperti pizza dan hamburger memiliki kadar lemak yang tinggi. Makanan yang mengandung lemak tidak baik dalam makanan cepat saji akan membuat membuat pembuluh darah kamu menjadi tersumbat, selain itu juga akan menyebabkan tekanan darah menjadi kamu tinggi. Selanjutnya, karena tekanan darah tinggi dan pembuluh darah yang tersumbat itulah yang akan membuat jantung kamu menjadi rusak dan terganggu.
 

Margarin

Salah satu makanan pemicu penyakit jantung berikutnya adalah margarin. Margarin biasanya dikonsumsi sebagai teman makan roti atau sebagai pengganti minyak sayur karena mampu memberikan rasa pada masakan. Namun, margarin terbuat dari minyak hidrogenasi. Bahan ini merupakan sumber lemak trans yang dapat menyumbat bahkan menutup arteri.

Terlalu banyak mengonsumsi margarin dapat mempertinggi risiko serangan jantung. Di pasaran telah tersedia beberapa pilihan margarin yang dibuat tanpa lemak trans. Pilihan ini bisa kamu ambil jika kamu tetap ingin mengonsumsi margarin atau ganti margarin kamu dengan butter.


Kopi Dengan Krimer

Makanan pemicu penyakit jantung selanjutnya adalah kopi yang menggunakan krimer. Beberapa orang yang tak menyukai kopi hitam cenderung memilih kopi dengan krimer. Selain rasa pahit dapat berkurang, kopi pun lebih memiliki rasa. Akan tetapi, kopi dengan krimer berbahaya untuk kesehatan jantung kamu karena mengandung minyak hidrogenasi, yaitu kandungan lemak trans yang bisa menyumbat arteri.

Selain kopi dengan krimer, konsumsi fancy coffee alias kopi dengan sirup, gula, krim, dan topping lain mengandung banyak kalori dan garam. Dari sini bisa muncul dua kombinasi penyakit yakni diabetes dan tekanan darah tinggi akibat kandungan kafein dari kopi. Tekanan darah tinggi juga akan memicu penyakit jantung.
 

Makanan Olahan

Salah satu makanan pemicu penyakit jantung yang harus kamu hindari adalah makanan olahan. Beberapa jenis makanan olahan seperti saus dalam kaleng, sosis, dan kripik kentang terbukti memiliki kandungan lemak dan garam yang tinggi. Selain kandungan lemak dan garam, makanan olahan juga biasanya memiliki bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan jantung kamu.

Itulah beberapa makanan pemicu penyakit jantung yang harus kamu hindari jika ingin jantung kamu tetap sehat. Selain dengan pola makan yang sehat, sebaiknya kamu juga mengikuti pola hidup sehat seperti tidur yang cukup, hindari rokok, dan alkholol.

Untuk berjaga-jaga kamu bisa mendaftar asuransi di AXA Financial Indonesia. Salah satu produk AXA Financial Indonesia adalah Heart and Save dimana kamu akan mendapatkan uang pertanggungan hingga Rp. 250 juta sejak kamu terdiagnosa jantung dan stroke serta kamu bisa mendapatkan pengembalian premi sebesar 105% dari total pembayaran premi yang sudah kamu bayarkan selama 10 tahun. Beberapa manfaat lainnya kamu bisa cek di sini.

asuransi penyakit kritis
 

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...