19 Juli 2021   Finansial

Tips Menyediakan Dana Darurat Saat Pandemi

Pandemi telah memberi dampak tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga ekonomi negara maupun masyarakatnya.  Dengan kondisi ekonomi yang tidak menentu, salah satu solusinya dengan memiliki dana darurat untuk jaga-jaga kalau ada kebutuhan mendesak.
Memang hal tersebut tidak mudah, namun suka tidak suka, dana darurat tetap diperlukan.  Caranya dengan mengatur alokasi keuangan sedemikian rupa.  Sebaiknya prioritaskan untuk kebutuhan utama seperti makan sehari-hari, biaya listrik, dan pendidikan anak kemudian sisanya ditabung.
Bagaimana agar kita konsisten mengatur keuangan? Jawabannya yaitu catat seluruh aset dan utang yang dimiliki.  Langkah berikutnya, lunasi utang apabila masih ada aset yang bisa digunakan untuk membayar. 
Selain itu menyiapkan dana darurat juga bisa dilakukan dengan investasi secara hati-hati.  Dalam kondisi normal, dana darurat biasa disiapkan untuk menutupi biaya hidup selama 3 – 6 bulan.  Namun, di masa pandemi kamu perlu menyiapkan dana darurat hingga 2 tahun.  Terbukti dengan pandemi yang belum berakhir di tahun kedua ini. 
Bagi kamu yang masih bekerja, sisihkanlah gaji untuk dana darurat dengan persentase lebih besar.  Pada kondisi normal biasanya dana darurat hanya diambil 5 – 10% gaji.  Sementara di masa pandemi, dana darurat diambil sekitar 30 – 40 % gaji sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing.
Dana darurat juga bisa ditambah dari biaya gaya hidup yang dialihkan sementara selama pandemi, seperti biaya makan di luar, nonton bioskop atau memanjakan diri di salon.
 
Sumber: https://tirto.id

asuransi penyakit kritis
 

Inspirasi Terkait
Langkah-langkah Untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Langkah-langkah Untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
02 September 2021   Kesehatan
Kemerdekaan Indonesia dapat dimaknai terbebasnya negara dari belenggu penjajah. Agar perjuangan para pahlawan tidak sia-sia, kita sebagai generasi penerus bangsa dapat mengisi kemerdekaan dengan berkontribusi secara aktif dalam memajukan Indonesia. Kamu bisa memulainya dari hal paling mendasar yait
Baca Selengkapnya
Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Jika Mau Pergi ke Mall
Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Jika Mau Pergi ke Mall
02 September 2021   Kesehatan
Sesuai Keputusan Gubernur (Kepgub) No. 966 Tahun 2021 yang keluar pada 3 Agustus 2021, sertifikat vaksin Covid-19 menjadi syarat untuk masuk ke sejumlah tempat umum di Jakarta seperti pusat perbelanjaan, mall, tempat ibadah, supermarket, dan apotek. Ini artinya, keberadaan sertifikat vaksin Covid-1
Baca Selengkapnya
Rekomendasi Lapangan Terbuka Tempat Bermain Anak di Jabodetak
Rekomendasi Lapangan Terbuka Tempat Bermain Anak di Jabodetak
27 Agustus 2021   Lifestyle
Selama pandemi, anak-anak mungkin merasa jenuh karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Mengajak anak ke arena bermain di dalam ruangan seperti Mal jelas bukan pilihan tepat, maka ini adalah saat yang tepat untuk mencari lapangan terbuka tempat bermain anak.
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...