19 Juli 2021   Finansial

Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi

Masa pandemi adalah masa penuh ketidakpastian, termasuk dampaknya dirasakan pada berkurangnya sumber pemasukan atau bahkan hilang sama sekali.  Untuk itu, mengatur keuangan di masa pandemi tentunya harus lebih ketat dibanding kondisi normal. Simak tips mengatur keuangan berikut.

1. Prioritaskan Kebutuhan Sehari-hari
Apa saja yang termasuk kebutuhan sehari-hari? Kebutuhan pokok untuk makan dan minum, biaya pendidikan anak, tagihan listrik, dan cicilan hutang jika ada.Untuk kebutuhan lain seperti tagihan internet atau televisi berbayar bisa dikurangi kuotanya, terlebih jika kondisi keuangan belum sehat.
 

2. Lunasi Utang yang Sifatnya Konsumtif
Utang yang bersifat konsumtif seperti kartu kredit dan pinjaman online sebaiknya segera dilunasi agar arus kas tidak terganggu di bulan-bulan berikutnya.Kalaupun harus berutang pastikan bentuknya utang produktif seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Usaha, dan Kredit Modal Kerja.Perlu diingat, jaga agar cicilan dari seluruh utang per bulan masih di bawah 35% dari penghasilan. Jangan sampai total utang melebihi nilai aset.
 

3. Menyiapkan Dana Darurat
Tujuan dana darurat adalah menalangi biaya hidup jika sewaktu-waktu sumber pemasukan hilang sama sekali.Menyiapkan dana darurat sebaiknya dilakukan sedini mungkin, bahkan sebelum berkeluarga.Sisihkan setidaknya uang sebesar 10% dari penghasilan perbulan secara rutin.
 

4. Tetaplah Berinvestasi
Di masa pandemi rasanya sulit untuk konsisten berinvestasi apalagi ada kebutuhan pokok yang harus diprioritaskan. Namun sebetulnya kamu harus tetap berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.Rencanakan tujuan dengan detail serta jumlah uang yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan itu dengan menggunakan estimasi inflasi tahunan. Apapun instrumen investasi yang kamu pilih, pastikan sesuai dengan profil risikonya.
 

5. Miliki Asuransi Kesehatan
Sejatinya asuransi memberi manfaat perlindungan kesehatan maupun jiwa.Di masa pandemi, kesehatan menjadi hal yang sangat krusial. Begitu jatuh sakit, dampaknya akan terasa bahkan sampai memengaruhi kondisi finansial. Dengan memiliki asuransi, ketika sakit kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya perawatan.Bahkan ada asuransi yang menjamin uang kembali baik ada klaim atau tidak.
 
Nah itulah beberapa tips mengatur keuangan saat pandemi. Kondisi keuangan orang berbeda-beda dan kemampuan setiap orang dalam  mengatur keuangan tidak bisa disamaratakan.  Untuk itu bijaklah dalam mengatur keuangan karena kamu yang mengetahui kondisi keuanganmu sendiri.
Sumber: kontan.co.id
 
asuransi kesehatan
 

Inspirasi Terkait
Langkah-langkah Untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Langkah-langkah Untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
02 September 2021   Kesehatan
Kemerdekaan Indonesia dapat dimaknai terbebasnya negara dari belenggu penjajah. Agar perjuangan para pahlawan tidak sia-sia, kita sebagai generasi penerus bangsa dapat mengisi kemerdekaan dengan berkontribusi secara aktif dalam memajukan Indonesia. Kamu bisa memulainya dari hal paling mendasar yait
Baca Selengkapnya
Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Jika Mau Pergi ke Mall
Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Jika Mau Pergi ke Mall
02 September 2021   Kesehatan
Sesuai Keputusan Gubernur (Kepgub) No. 966 Tahun 2021 yang keluar pada 3 Agustus 2021, sertifikat vaksin Covid-19 menjadi syarat untuk masuk ke sejumlah tempat umum di Jakarta seperti pusat perbelanjaan, mall, tempat ibadah, supermarket, dan apotek. Ini artinya, keberadaan sertifikat vaksin Covid-1
Baca Selengkapnya
Rekomendasi Lapangan Terbuka Tempat Bermain Anak di Jabodetak
Rekomendasi Lapangan Terbuka Tempat Bermain Anak di Jabodetak
27 Agustus 2021   Lifestyle
Selama pandemi, anak-anak mungkin merasa jenuh karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Mengajak anak ke arena bermain di dalam ruangan seperti Mal jelas bukan pilihan tepat, maka ini adalah saat yang tepat untuk mencari lapangan terbuka tempat bermain anak.
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...