23 Juli 2020   Kesehatan

Tips Diet Sehat Tanpa Menyiksa

Sekarang ini minat masyarakat untuk hidup sehat meningkat sangat tinggi. Rajin berolah raga, hingga melakukan diet. Orang yang melakukan diet pasti memiliki tujuan untuk kesehatan, namun tidak bisa dipungkiri ada orang-orang di luar sana yang melakukan diet dengan tujuan untuk penampilan..
 
Banyak cara dilakukan untuk diet mulai dari konsumsi makanan sehat, berpuasa hingga tindakan medis seperti suntik hormon. Hmm.. cukup bervariasi yah, tapi yang paling penting adalah jangan sampai proses diet ini menyiksa diri.

Tips Diet Sehat Tanpa Menyiksa

Silahkan memakan cemilan  

Lapar di antara makan siang dan malam adalah hal yang lumrah. Jangan ditahan karena akan membuat kamu kalap makan berlebihan di waktu malam. Atasi dengan ngemil, tapi ngemil yang sehat seperti salad buah atau sayur dan satu mangkuk sedang kacang edamame.
 

Matikan TV  

Makan sambil nonton TV sama sekali tidak dianjurkan karena penelitian yang dilakukan oleh Universities of Liverpool and Birmingham berkata, hal itu bisa meningkatkan asupan makan jadi 25 persen lebih banyak. Hal ini terjadi, karena menonton TV membuat fokus kamu terbagi sehingga abai terhadap jumlah makanan yang kamu suapkan ke mulut.
 

Bergerak tiga kali seminggu  

Latihan kebugaran seperti push up, sit up, joging, setidaknya tiga kali seminggu akan sangat membantu pembakaran lemak. Semakin tinggi massa otot kamu, semakin cepat dan semakin mudah tubuh membakar kelebihan kalori dan lemak. Supaya makin seru, kamu bisa mengajak teman berlatih bersama.
 

Raih ponsel kamu 

Hubungi teman yang asyik diajak ngobrol begitu ada keinginan untuk melahap makanan atau minuman yang merugikan program diet. Riset menemukan bahwa keinginan melahap suatu makanan di luar jadwal makan yang normal dan ketika kebutuhan tubuh sudah terpenuhi, hanya berlangsung selama lima menit.
 

Protein dan serat di pagi hari  

Sarapan pagi yang sarat karbohidrat terutama karbohidrat sederhana akan membuat perut cepat kenyang tapi gula darah juga cepat naik. Alhasil, sebelum jam makan siang tiba, kamu sudah kelaparan dan terdorong untuk makan sebanyak-banyaknya. Utamakan protein tanpa lemak dan serat alami agar kamu kenyang lebih lama dan terhindar dari keinginan makan yang di luar kewajaran.
 

Dua kali sehari untuk buah  

Buah mengandung banyak dan serat, serta sedikit kalori. Karena itu, buah sangat cocok dimakan di antara sarapan dan makan siang serta di antara makan siang dan makan malam. Tak usah pikirkan karbohidratnya. Karbohidrat pada buah adalah karbohidrat baik yang dilepas perlahan-lahan oleh tubuh, sehingga lebih efektif sebagai sumber energi. Dengan kata lain, kecil kemungkinan karbohidrat dari buah disimpan sebagai kelebihan lemak.
 
 
Nah, sekarang saatnya kamu coba keenam tips tersebut untuk mencapai berat badan ideal. Tapi ingat, jangan diet sampai menyiksa badan ya. Sebab, hal tersebut dapat membuat kamu jatuh sakit. Jadi, sebelum melakukan diet, akan lebih baik jika kamu sudah menyiapkan asuransi kesehatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
 
 
Sumber : kompas .com
 
 
Baca Juga: 4 Minuman yang Dapat Menurunkan Berat Badan
 

Inspirasi Terkait
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
27 September 2020   Kesehatan
Buat yang mau mengecilkan lengan, bisa ikuti caranya di sini!
Baca Selengkapnya
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
27 September 2020   Kesehatan
Sering gagal dalam melakukan diet? Coba tips ini deh!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
27 September 2020   Finansial
Suka bingung uang tiba-tiba habis? Cobalah untuk hidup tida boros seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...