16 September 2019   Lifestyle

Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros

1391     0
Bila dalam keseharian kamu memang sudah terbiasa boros, mulai sekarang cobalah untuk melakukan penghematan uang, memang terlihat susah. Tentu saja, diperlukan komitmen yang kuat dari diri kamu sendiri untuk bisa melakukannya. Selain komitmen, diperlukan juga tips dan trik untuk menerapkan cara menghemat pengeluaran. Yuk scroll sampai bawah untuk mengetahui informasinya.

Uraikan Pengeluaran yang Selama Ini Dilakukan


Cara menghemat pengeluaran yang pertama adalah menguraikan kebiasaan pengeluaran uang yang berlebihan dan selama ini kamu lakukan. Perlu dipahami jika tidak semua kegiatan belanja merupakan hal negatif. Tapi bila terlalu berlebihan dan produk yang kamu beli tidak selalu yang diperlukan, itu artinya ada sesuatu yang harus kamu ubah. Ketahuilah alasan yang membuat kamu menghabiskan uang ketika sedang berbelanja dan carilah solusinya.

Tentukan Daftar Pengeluaran Tiap Bulan


Bila tidak memiliki daftar pengeluaran tiap bulan, tak jarang ada saja hal-hal yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting. Cobalah untuk menyusun kembali anggaran keuangan yang masuk akal dan jangan memasukkan sejumlah penghematan yang mustahil dilakukan.

Perlu juga untuk membuat aturan yang bisa membantu menghentikan pengeluaran uang yang tidak perlu. Misalnya, jika setiap bulan kamu selalu mengeluarkan uang untuk membeli pakaian baru, saatnya untuk membuat kebiasaan dengan membeli pakaian baru tiap tiga bulan sekali saja.

Baca juga: 5 Cara Tepat Menghemat Gaji Pekerjaan Pertama Di Tanggal Tua

Jauhi Godaan


Cara menghemat pengeluaran selanjutnya adalah menjauhi segala godaan yang bisa menganggu rencana  keuangan. Misalnya ketika berkunjung ke mal, kamu suka melihat dan membeli barang-barang dengan alasan karena kemasannya lucu padahal kamu tidak terlalu memerlukannya. Maka dari itu, jangan kunjungi store yang bisa membuat kamu kalap mata.

Manfaatkan Diskon


Untuk berhemat, kamu bisa memanfaatkan diskon yang sering diadakan oleh berbagai pusat perbelanjaan atau online shop. Cara ini bisa membantu mengurangi pengeluaran yang berlebihan. Tapi harus diingat ya batasi barang yang kamu beli dan jangan sampai diskon tersebut membuat kamu menjadi boros.

Jangan Terlalu Keras Terhadap Diri Sendiri dan Carilah Dukungan Moral


Tidak bisa dipungkiri, saat-saat masa berhemat ada saja alasan yang membuat kamu kembali ke kebiasaan boros. Untuk mendisiplinkan diri kembali, kamu bisa menghukum diri sendiri misalnya dengan tidak mengizinkan diri untuk membeli kopi selama satu bulan. Berikanlah hukuman yang sekiranya bisa membuat kamu jera agar bisa kembali fokus dan tetap melakukan penghematan.

Kamu juga bisa mencari dukungan dari orang lain yang dirasa bisa memberikan saran atau solusi pada kamu ketika sedang berusaha untuk berhemat. Kamu bisa bertanya pada keluarga, sahabat, atau bahkan ahli keuangan untuk membicarakan hal tersebut.

Ingat ya dalam menerapkan cara menghemat pengeluaran di atas tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Kamu perlu membiasakan diri dan lakukanlah secara perlahan agar tidak mengganggu pengeluaran harian kamu. Jika hal ini berhasil berilah reward pada diri sendiri agar bisa lebih antusias berhemat. Silakan mencoba!

Baca juga: 7 Cara Menghemat Pengeluaran Agar Akhir Bulan Tidak Suram
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
23 Mei 2020   Lifestyle
Mau tampil cantik saat Lebaran nanti? Coba tutorial makeup ala Beauty Vlogger. Cek di sini!
Baca Selengkapnya
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
22 Mei 2020   Lifestyle
Selain menyiapkan ketupat, kamu juga perlu menyiapkan kue-kue kering ini loh di meja. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
22 Mei 2020   Lifestyle
Walaupun Lebaran #DIRUMAHAJA, tapi kita tetap bisa menikmati makanan khas Lebaran dong. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...