12 Agustus 2019   Lifestyle

Tips dan Trik Memilih Sapi Qurban yang Baik Jelang Idul Adha

405     0
Bulan ini seluruh umat muslim bersiap untuk merayakan hari raya Qurban atau Idul Adha 1440 H yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019 ini. Bagi kamu yang mampu disarankan untuk melakukan Qurban. Jika kamu berencana untuk ber-Qurban sapi, tentunya perlu mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sapi yang sehat dan berkualitas.  Seperti apakah tips memilih sapi Qurban yang baik? Ini jawabannya.

Membeli di Tempat Ternak yang Bersih


Memperhatikan tempat membeli sapi kurban menjadi tips memilih sapi Qurban yang pertama. Hindari membeli sapi yang diternak di tempat pembuangan sampah atau tempat yang kotor. Alasannya berisiko tubuhnya sudah terkontaminasi dengan berbagai kuman dan bakteri sehingga berbahaya bagi siapa pun yang nantinya akan mengonsumsi dagingnya. Jadi, sebaiknya pilih hewan kurban yang diternak di lingkungan yang bersih dan terawat.
Kondisi ini sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan dan tingkat stres yang dialami oleh hewan. Kamu bisa membeli di tempat penampungan atau pemasaran hewan Qurban yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Cek Kondisi Tubuh Sapi


Tips memilih sapi Qurban selanjutnya adalah cek kondisi tubuh sapi saat tiba di lokasi ternak sapi. Cobalah perhatikan fisik sapi melalui mata, hidung, mulut, dan anus. Pilihlah sapi yang bersih pada bagian mata dan matanya tidak cekung. Sapi yang sehat biasanya memiliki bola mata bening.

Untuk bagian hidung terlihat bersih, basah, dan tidak mengeluarkan cairan. Postur tubuhnya ideal, tanduknya seimbang, tulang punggung sapi juga harus rata, dan keempat kakinya simetris. Pada bagian mulut, bibir pastikan bersih, dan lidah bergerak lincah.

Pada bagian anus, jika terlihat kotor maka bisa jadi sapi tersebut sedang mengalami sakit diare. Bukan hanya itu, tips memilih sapi Qurban juga perlu memerhatikan kondisi kulitnya. Hindari membeli sapi Qurban yang terdapat kudis pada kulitnya karena hewan tersebut mengidap penyakit kulit scabies yang biasanya terkena kutu kecil dan tungau.

Pastikan Tidak ada Kecacatan Fisik pada Sapi Qurban


Tips memilih sapi Qurban yang tak boleh juga diabaikan juga adalah cek apakah anggota tubuh sapi memiliki kecacatan dan luka atau tidak. Beberapa kondisi cacat yang membuat hewan Qurban menjadi hewan yang masuk dalam kategori tidak sah atau tidak layak untuk di Qurban yakni sangat kurus hingga tidak memiliki sumsum tulang, kaki yang pincang, kondisi mata yang buta sebelah, dan sedang sakit.

Nafsu Makan Sapi yang Normal


Nafsu makan sapi juga perlu diperhatikan. Sapi yang layak di Qurban sebaiknya harus memiliki nafsu makan yang baik, bulu bersih, dan terlihat lincah. Kamu bisa memantau kesehatan sapi lewat Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dinas/petugas kesehatan hewan yang biasanya dimiliki oleh peternak.

Usia Sapi yang Cukup


Tips memilih sapi Qurban yang baik salah satunya dilihat dari kecukupan usianya. Sapi yang dikatakan cukup umur untuk disembelih yang usianya sudah mencapai 22 bulan. Ini dapat diketahui dari memeriksa gigi sapi yakni jika dua gigi susu sapi yang ada di depan telah copot. Selain itu, usia sapi juga bisa dipantau dari catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh peternak sapi.

Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki


Ingatlah esensinya berQurban bukanlah hal yang harus dipaksakan namun kerelaan dari tiap umat yang memiliki kemampuan finansial. Jadi jangan sampai berkurban malah membebani keuangan keluarga kamu. Pilihlah sapi yang sesuai budget kamu. Kamu juga perlu paham pembagian daging hewan kurban. Dalam aturan islam pembagian dibagi tiga, 1/3 sisanya dihadiahkan kepada orang lain, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban.

Itu tadi tips memilih sapi Qurban yang baik untuk idul Adha. Perhatikanlah dengan cermat segala kondisi sapi. Pastikan sapi yang dibeli memenuhi kriteria hewan Qurban yang sehat dan sah. Jangan terburu-buru membelinya karena alasan harga yang ditawarkan murah atau lain sebagainya. 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...