02 Juni 2021   Lifestyle

Tips Bersepeda yang Aman dan Tidak Menyalahi Aturan

Tips Bersepeda yang Aman dan Tidak Menyalahi Aturan

Saat ini bersepeda bukan lagi sekadar aktivitas olah fisik untuk membakar kalori ataupun bagian dari cara orang-orang menunjukkan kepeduliannya terhadap masalah polusi.  Lebih dari itu bersepeda telah menjadi gaya hidup masyarakat.

Apa pun alasannya, bersepeda tetaplah suatu kegiatan sehat dan positif yang dapat saja rutin dilakukan asal mengikuti aturan yang ada dan memperhatikan keamanan.  Yuk simak tips bersepeda yang aman dan tidak menyalahi aturan di bawah ini.

1. Periksa Kelengkapan
Pastikan kondisi sepeda dalam keadaan prima sebelum kamu menggunakannya.Cek mulai dari rem, ban, hingga rantainya untuk menghindari hal-hal tak terduga saat di jalan.
 
2. Ikuti Protokol Kesehatan
Walaupun saat bersepeda dilakukan sendiri-sendiri, bagi mereka yang bersepeda bersama rombongan mungkin tetap akan ada momen berkumpul saat bersiap berangkat atau saat istirahat.Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker wajah, menjaga jarak aman, dan selalu menyiapkan hand sanitizer.
 
3. Gunakan Pakaian yang Nyaman
Saat bersepeda tubuh akan banyak terpapar dengan angin, maka itu ada baiknya mengenakan pakaian berlapis untuk menjaga suhu tubuh.Hindari pakaian yang terlalu longgar untuk agar kain tidak tersangkut pada bagian-bagian sepeda.Selain itu pilih pakaian berwarna cerah atau berbahan reflektif terutama pada malam hari, tujuannya agar kamu dapat terlihat oleh pengguna jalan lain sehingga dapat saling menjaga keamanan saat berkendara.
 
4. Utamakan Keselamatan
Setiap aktivitas memiliki risiko, tidak terkecuali bersepeda.Namun kamu bisa meminimalisir risiko dengan menaruh perhatian lebih terhadap keselamatan di jalan. Gunakan alat pengaman seperti helm, sarung tangan, serta bantalan siku dan lutut. Selain itu ikuti rambu dan peraturan lalu lintas saat berada di jalan raya, ambil jalur khusus sepeda dan perhatikan keselamatan pengguna jalan lain.
 
5. Selalu Siapkan Identitas Diri
Mempersiapkan segala sesuatu untuk hal-hal tidak terduga adalah bagian dari tips bersepeda aman, salah satunya membawa identitas diri seperti KTP. Selain itu siapkan pula sejumlah uang tunai atau kartu bank di tas dengan aman, yang mudah dijangkau tanpa perlu mengeluarkan kartu dari dompet setiap kali bersepeda.
 
6. Pertahankan Energi dan Tetap Terhidrasi
Siapkan camilan dan sebotol air sebagai sumber tenaga serta menjaga agar tetap terhidrasi saat bersepeda.

Sumber: tempo
 
asuransi kesehatan

Inspirasi Terkait
Tips Menyediakan Dana Darurat Saat Pandemi
Tips Menyediakan Dana Darurat Saat Pandemi
19 Juli 2021   Finansial
Pandemi telah memberi dampak tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga ekonomi negara maupun masyarakatnya.
Baca Selengkapnya
Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi
Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi
19 Juli 2021   Finansial
Masa pandemi adalah masa penuh ketidakpastian, termasuk dampaknya dirasakan pada berkurangnya sumber pemasukan atau bahkan hilang sama sekali.
Baca Selengkapnya
Netflix Hingga HBO Go, Ini Pilihan Streaming Film Berbayar Paling Hits
Netflix Hingga HBO Go, Ini Pilihan Streaming Film Berbayar Paling Hits
19 Juli 2021   Kesehatan
Salah satu hiburan yang paling dicari saat di rumah adalah tontonan menarik, apalagi saat ini sudah banyak pilihan streaming film berbayar yang memberikan berbagai film dan serial favorit.
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...