03 Agustus 2018   Lifestyle

Terkenal Dengan Bohemian Rhapsody, Ternyata Sejarah Singkat Band Queen Menarik Sekali

613     0
Band QUEEN adalah band rock yang berasal dari Inggris. Band ini dibentuk di London pada tahun 1970  setelah kematian Band Smile, QUEEN terdiri dari vokalis Freddie Mercury, gitaris Brian May, bassist John Deacon dan drummer Roger Taylor.

Band ini menjadi populer di Masyarakat karena lagu-lagu hits mereka, pertunjukan live, orisinalitas, dan stage performance. Pada tahun 1985 pertunjukan Live Aid mereka terpilih sebagai rock live terbaik sepanjang masa oleh sesama seniman, wartawan dan para eksekutif industri musik dalam jajak pendapat industri musik tahun 2005.

Kemudian salah satu fakta menarik mengenai band QUEEN Selanjutnya adalah album QUEEN telah terjual lebih dari 300 juta album secara internasional pada tahun 2009. Selain prestasinya yang banyak ternyata band Queen memiliki banyak sejarah yang menarik. Beberapa sejarah singkat band Queen yang menarik seperti:
 

Aliran Rock Murni

Sejarah singkat band Queen dimulai pada pembentukan band pada tahun 1970 an. Pada era 1970an tidak banyak band yang memakai aliran murni seperti kelompok musik Queen. Kuartet asal Inggris yang beraliran progressive rock, heavy metal serta beragam aliran lainnya ini berhasil memadukan musik yang bombastis dan menciptakan permainan opera dengan alunan gitar dan teknik vokal yang berlapis.

 Selama bertahun-tahun kelompok Queen membanggakan album mereka dengan motto “tidak ada satupun album Queen yang merupakan hasil rekayasa efek synthesizer”. Brian May dkk mengeluarkan pernyataan tersebut karena mereka tidak ingin disamakan seperti kelompok band hard rock pasca Led Zeppelin, yang banyak mengandalkan efek synthesizers.


Referensi lirik yang luas dan unik

Salah satu sejarah singkat band Queen yang menarik adalah referensi lirik Freddie Mercury yang luas dan unik. Dalam menulis lirik, Freddie Mercury memiliki referensi sastra yang luas. Banyak kata-kata bahasa asing dari berbagai budaya yang digunakan pria keturunan Parsi tersebut.

Kata "scaramouche" di dalam lirik Bohemian Rhapsody bukan sekedar gumaman kata tak berarti, melainkan berasal dari "scaramuccia" -- nama sebuah karakter dalam pertunjukan komedi Italia abad ke-17, Commedia dell’arte. Sedangkan "Bismillah" seperti kita tahu berarti "Dengan menyebut nama Allah," merupakan ucapan yang dipakai seorang Muslim dalam memulai segala sesuatu.


Menjadi Band Nomor 2 di Inggris

Salah satu sejarah singkat band Queen yang menarik adalah meskipun memiliki banyak penggemar fanatik, band QUEEN harus puas menjadi band nomor 2 di Inggris. Di Inggris sendiri, kelompok Queen harus puas menjadi band nomor dua, karena dikalahkan oleh popularitas dan koleksi musik The Beatles pada tahun 1990 an.

Meskipun menyandang popularitas, pada tahun 1979 majalah musik Rolling Stones pernah menyebut album Queen yang diberi judul Jazz, sebagai album fasis. Boleh saja kritik tajam datang menghujam, namun popularitas kelompok Queen tidak tampak terguncang. Pada penghujung tahun 1980an, kelompok yang digawangi oleh Freddie Mercury, John Deacon, Brian May, dan Roger Taylor ini tetap mempunyai pengikut yang fanatik, kecuali di negara Amerika Serikat.



Kerja Keras Dalam Meraih Puncak Popularitas

Salah Satu sejarah singkat band Queen yang menarik adalah band ini selalu bekerja keras dan berdedikasi tinggi dalam membuat musiknya. Beberapa saat sebelum album Queen II dirilis, kelompok Queen pernah tampil dalam kontes musik Top of Pops, mereka tampil membawakan lagu “Seven Seas of Rhye”.

Baik lagu dan kehadiran Queen di kontes tersebut benar-benar menghasilkan kesuksesan yang cukup memuaskan. Single “Seven Seas of Rhye” sukses melesat ke tangga lagu Top Ten, di mana album Queen II berhasil mencapai tangga lagu urutan ke lima.

Kemudian, sebelum sampai di penghujung tahun 1974, kelompok Queen merilis album mereka yang ketiga, yang diberi judul Sheer Heart Attack. Salah satu single di album tersebut yang berjudul “Killer Queen” berhasil menempati urutan kedua tangga lagu di blantika musik Inggris, sekaligus menghantar album Sheer Heart Attack ke urutan yang sama.


Bohemian Rhapsody

Kesuksesan album Sheer Heart Attack menembus pasar musik di Amerika Serikat, ternyata menjadi pembuka jalan bagi kesuksesan album A Night at the Opera pada tahun berikutnya, atau tahun 1975. Tetapi memang, kesuksesan yang diraih ini, bukanlah tanpa usaha.

Banyak fakta yang membenarkan bahwa kelompok Queen bekerja sangat keras dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproduksi album A Night at the Opera, dan bisa dikatakan bahwa album tersebut merupakan album rekaman termahal yang pernah dirilis saat itu.

“Bohemian Rhapsody” merupakan salah single yang terdapat di album A Night at the Opera, yang kemudian menjadi lagu simbolis bagi kelompok asal London, Inggris ini. “Bohemian Rhapsody” mempunyai nuansa selingan opera yang masih cukup kental namun juga diselingi ciri khas musik metal. Lagu ini menjadi simbol dalam band mereka dan lagu nya tetap terkenal sampai sekarang.

Itulah beberapa sejarah singkat band Queen yang menarik. Band ini tetap memiliki banyak fans meskipun sudah lebih dari 20 tahun vocalis nya meninggal dunia.

Inspirasi Terkait
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
Wajib Nonton! 5 Film Drama Keluarga Terbaik
15 Oktober 2018   Lifestyle
Bingung ingin melakukan apa untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga? Tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk menonton film. Nah, apa saja sih film drama keluarga terbaik yang wajib kamu tonton? Yuk, cek 5 daftarnya berikut ini:
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Perlu Diketahui
15 Oktober 2018   Kesehatan
Pada tanggal 9 September kemarin, masyarakat Indonesia baru saja selesai merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Puncak perayaan Haornas kali ini dilaksanakan di Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
Baca Selengkapnya
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
Mau Solo Travelling? Ini 10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
15 Oktober 2018   Lifestyle
Jalan-jalan sendirian memang sering dianggap berbahaya bagi setiap orang. Faktanya, perkembangan kondisi pariwisata di segala aspek ke arah positif memungkinkan semua orang termasuk pria atau wanita dapat travelling seorang diri.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...