23 April 2019   Kesehatan

Tanda-tanda Kanker Payudara yang Sering Disepelekan, Apa Saja?

Kanker payudara telah menjadi isu yang sejak lama menghantui para wanita di dunia. Penyakit ini memang lebih banyak menyerang wanita, baik di negara maju maupun negara berkembang. Di negara Indonesia sendiri, penyakit kanker payudara ini telah menjadi pembunuh nomor 7.

Hal ini memang dapat terjadi karena terdapat sel-sel dalam tubuh berkembang pada area payudara  secara tidak normal. Umumnya akan membentuk benjolan yang akan tumbuh dan membesar. Cukup mengerikan, bukan? Sebagai wanita, kamu perlu mulai sadar untuk menghindari hal tersebut. Oleh karena itu, yuk kenali tanda-tanda dari kanker payudara yang sering disepelekan berikut ini.

1. Terdapat Benjolan Pada Payudara
Tanda-tanda kanker payudara yang bisa dilihat pertama kali adalah benjolan pada area tersebut. Walaupun tidak terasa sakit namun, hal tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja. Walaupun tidak semua jenis benjolan membawa sifat kanker, namun hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja ya. Rutinlah untuk memeriksakan kondisi kesehatan kamu pada dokter.

2. Perubahan Pada Payudara
Tanda-tanda kanker payudara selanjutnya ada pada warna kulit payudara yang berubah. Jika hal tersebut sudah terjadi, itu berarti telah terjadi infeksi di dalamnya. Saat kamu tidak yakin dengan benjolan yang ada, perubahan warna bisa membuatmu menjadi lebih yakin. Sebaiknya segera periksa pada dokter jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi. Biasanya di tahap ini, selain kulit berubah warna terjadi juga perubahan tekstur kulit dan penebalannya seperti tekstur kulit jeruk.

3. Rasa Sakit Pada Area Puting
Tanda-tanda kanker payudara lainnya adalah terasa sakit pada area puting.
Apakah kamu pernah merasakan putingmu terasa sakit? Salah satu dari ciri-ciri dari kanker payudara stadium awal lainnya adalah dengan munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Mungkin juga keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak ke dalam.

4. Muncul benjolan pada ketiak
Tanda tanda kanker payudara lainnya dapat dilihat dari timbulnya benjolan pada area ketiak. Walaupun pada umumnya kanker payudara tidak ada hubungannya dengan ketiak, namun sebenarnya jaringan payudara dapat meluas hingga daerah di bawah ketiak. Oleh karena itu, kanker ini dapat merambat melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Itulah tanda tanda kanker payudara yang tidak dapat disepelekan. Walaupun kanker tidak dapat diprediksi bisa menyerang siapa saja, namun tidak ada salahnya mulai saat ini kamu menjaga kesehatan. Kamu bisa mulai rutin melakukan medical check up  setiap setahun sekali. Biasanya yang berbahaya jika terkena kanker adalah biaya perawatan yang membengkak, untuk itu sebaiknya kamu juga mulai menjaga keuangan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengikuti asuransi dari AXA.

Menjadi nasabah dari AXA dapat membantu kamu untuk mengantisipasi berbagai biaya pengobatan yang dibutuhkan. Tentu saja dengan cara ini dapat membantu menjaga kelangsungan hidup dari anggota keluargamu sehingga dapat menghemat biaya pengobatan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, siapkan tabunganmu untuk mulai melakukan proteksi pada keuangan. Ayo segera miliki produk Cancer and Save dari Asuransi AXA sekarang juga.

Inspirasi Terkait
Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?
Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?
05 Agustus 2020   Kesehatan
Menurut kamu, lebih baik olahraga pagi atau malam hari? Cari tahu jawabannya di sini!
Baca Selengkapnya
Kanker Ginjal: Penyebab, Gejala dan Pencegahan
Kanker Ginjal: Penyebab, Gejala dan Pencegahan
05 Agustus 2020   Kesehatan
Ada beberapa kanker yang jarang kita dengar, salah satunya adalah kanker ginjal. Apa itu kanker ginjal?
Baca Selengkapnya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
02 Agustus 2020   Lifestyle
Mau beli sepeda lipat? Perhatikan dulu hal-hal berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...