30 Agustus 2019   Kesehatan

Tanda-tanda dan Gejala Kanker Serviks yang Perlu Kamu Waspadai

964     0
Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah penyakit kanker yang mengenai leher rahim pada organ reproduksi wanita. Leher rahim atau serviks sendiri adalah bagian dari saluran reproduksi wanita yang menyambungkan vagina dengan rahim atau uterus. Kanker serviks disebabkan karena terserang Human Papillomavirus atau HPV. Virus ini bukan hanya tersalurkan melalui hubungan seksual tapi bisa berasal hanya dari sentuhan kulit.

Biasanya wanita baru menyadarinya saat kanker sudah memasuki stadium lanjut. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengetahui gejala kanker serviks yang perlu diketahui berikut ini agar bisa dikenali sejak dini.

Mengalami Keputihan dan Pendarahan yang Tidak Biasa


Gejala kanker serviks yang pertama adalah munculnya keputihan yang tidak normal. Keputihan yang dimaksud adalah terjadi perubahan tekstur, warna,  dan memiliki aroma yang tidak sedap atau bau.

Pada umumnya, gejala kanker serviks juga muncul karena adanya perdarahan yang tidak normal pada vagina dengan intensitas darah yang banyak ataupun lebih sedikit dari menstruasi biasanya. Perdarahan ini biasanya terjadi saat melakukan saat hubungan seksual, di antara periode menstruasi, atau pada wanita yang sudah mengalami menopause.

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat, Terasa Sakit, dan Mengalami Konstipasi 


Bila saat buang air kecil kamu merasakan sakit apalagi ditambah tidak bisa menahan keinginan untuk ke kamar kecil, dan terdapat bercak darah pada urine, bisa jadi itu merupakan salah gejala kanker serviks. Salah satu penyebabnya karena sel kanker yang ada mengelilingi leher rahim, kemudian meluas hingga ke kandung kemih.

Selain itu, kanker serviks yang sudah sampai menyebar hingga ke usus besar (stadium lanjut), berisiko memicu konstipasi.

Kehilangan Nafsu Makan dan Tubuh Mudah Merasa Lelah


Nafsu makan yang berkurang bisa dialami oleh wanita yang mengidap kanker serviks. Penyebabnya dikarenakan penyebaran sel kanker menghambat tubuh untuk menerima nutrisi dari makanan.

Kanker serviks juga bisa membuat tubuh kamu cepat merasa lelah. Rasa lelah yang muncul biasanya akan berlangsung setiap saat dan tidak kunjung hilang walaupun sudah cukup istirahat. Kondisi ini disebabkan dari perdarahan yang tidak normal pada vagina dan memicu tubuh mengalami kekurangan darah sehingga membuat tubuh terasa cepat lelah.

Timbul Rasa Nyeri Ketika Berhubungan Seksual


Biasanya kanker serviks stadium lanjut, akan memberikan gejala yang beragam. Misalnya saat berhubungan intim kamu mengalami nyeri perut bagian bawah dan panggul yang sangat mengganggu.

Tindakan Pencegahan Kanker Serviks


Meski gejala kanker serviks terkadang sulit dideteksi di awal, tapi masih bisa dicegah gejalanya.  Salah satu caranya adalah dengan melakukan pap smear secara berkala, untuk mendeteksi bila terjadi aktivitas sel serviks yang tidak normal.

Perlu juga melakukan vaksinasi HPV (Human Papilloma Virus) untuk mencegah tubuh terkena virusnya di kemudian hari. Jika diperlukan tes skrining. Ini merupakan tes untuk mengetahui kanker serviks sejak dini. Tapi hanya bisa dilakukan oleh wanita sudah pernah berhubungan seksual. Melakukan tes skrining untuk mengetahui gejala kanker serviks stadium awal, akan membantu kamu mendapatkan pengobatan dan tindakan yang tepat.

Tidak hanya itu, terapkan juga pola hidup sehat seperti mengonsumsi buah dan sayur tiap hari, tidur cukup, tidak berganti-ganti pasangan, dan rutin melakukan olahraga juga bisa membantu kamu untuk menghindari penyakit kanker serviks.

Selain melakukan tindakan pencegahan di atas, kamu juga perlu memproteksi diri kamu dengan menyediakan asuransi AXA Cancer & Save dari AXA Direct. Ini merupakan asuransi yang memberikan manfaat tunai untuk biaya pengobatan apabila kamu terdiagnosa kanker sejak stadium awal. Salah satu keuntungannya adalah memberikan uang pertanggungan Rp250.000.000 bila terdiagnosa atau meninggal dunia karena penyakit kanker.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...