07 Oktober 2019   Kesehatan

Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami

845     0
Hampir sebagian besar orang awam hanya mengenali 1 jenis penyakit jantung. Pada dasarnya, penyakit pada organ tubuh manusia ini terbagi dalam beberapa jenis gangguan. Sehingga, setiap gangguan jantung tersebut memiliki cara pengobatan yang tidak sama.

Lalu, apa saja macam-macam gangguan jantung? Inilah 5 jenis yang perlu dipahami agar kamu tidak mengabaikan gejala yang timbul.

1. Gangguan Jantung

Koroner

Macam-macam gangguan jantung yang cukup umum yaitu jantung koroner. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh pembentukan plak pada area di arteri yang terjadi karena penumpukkan kolesterol dan lemak dalam waktu yang cukup lama sehingga menyempitkan saluran arteri.

Gejala awal yang alami biasanya tidak mengganggu. Namun, jika dibiarkan dapat membuat penderitanya merasakan sesak saat bernafas, denyut jantung tidak normal, nyeri pada area dada, dan pusing. Penyakit ini dapat diatasi dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol jahat.

2. Hambatan Aritmia

Apakah kamu pernah mengalami detak jantung yang tidak normal? Hal ini merupakan salah satu dari macam-macam gangguan jantung aritmia. Biasanya kamu akan menemukan penderita mengalami detak jantung lebih lambat, terlalu cepat, atau tidak teratur sehingga dapat berdampak terjadi penyakit berbahaya seperti jantung atau stroke.

Biasanya penderita aritmia akan mengalami gejala seperti detak jantung tidak teratur, mudah lelah, sesak nafas, hingga pingsan. Jika hal ini terjadi, segera periksakan diri kamu pada dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Kegagalan Jantung Kongestif

Kegagalan jantung kongestif dapat terjadi dimana organ ini tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh yang disebabkan karena terjadi kelainan otot pada area jantung. Macam-macam gangguan jantung ini disebabkan karena beberapa penyebab, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kelainan katup jantung, cacat saat lahir, hingga infeksi paru-paru kronis.

Kamu perlu mengetahui beberapa gejala yang timbul seperti sesak nafas, cepat merasa lelah, pembengkakkan yang terjadi di sekitar area kaki, atau berat badan yang meningkat secara cepat. Saat kondisi semakin parah, kamu akan menemukan gejala seperti badan yang kebiru-biruan, nafas menjadi tidak teratur, dan rasa sakit di sekitar area dada.

Baca Juga: 5 Gerakan Olahraga Sederhana Untuk Kesehatan Jantung

4. Kendala Pada Katup Jantung

Macam-macam penyakit jantung lainnya yaitu gangguan pada katup jantung yang dapat terjadi karena terdapat ada kelainan pada salah satu katup jantung. Hal ini yang dapat menyebabkan organ terpenting dalam tubuh manusia tidak dapat berfungsi dengan baik.

Biasanya gangguan tersebut terjadi karena disebabkan oleh tekanan darah tinggi, radiasi, obat-obatan tertentu, atau tumor. Selain itu, tanda-tanda terjadinya bisa terlihat berupa terasa sakit pada area dada, tubuh terasa lelah, pusing, sesak napas, dan beberapa pembengkakan pada area kaki.

5. Kelainan di Otot Jantung

Penyakit kelainan pada otot jantung biasa dikenal dengan istilah kardiomiopati. Macam-macam gangguan jantung ini dapat mengakibatkan otot jantung mengeras atau menebal yang dapat mengganggu fungsi jantung saat melakukan tugasnya dalam menyalurkan darah ke tubuh.

Saat ini belum ditemukan penyebab pasti terjadinya kelainan otot jantung ini, namun ada beberapa risiko yang dapat memicunya seperti infeksi virus, genetika, radiasi, atau gangguan jaringan ikat. Pada umumnya gejala yang timbul memiliki kesamaan dengan penyakit jantung lainnya. 

Itulah 5 macam-macam gangguan jantung yang perlu kamu pahami lebih lanjut. Sebaiknya, kamu melindungi diri dengan menggunakan asuransi AXA Heart & Save untuk mencegah risiko biaya pengobatan yang cukup mahal.

Bersama AXA Direct, kamu bisa menjamin kelangsungan hidup yang baik di untuk dirimu dan keluarga di masa depan.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tinggal 2 Bulan Lagi! Ini Cara Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 2020 yang Bisa Dilakukan
Tinggal 2 Bulan Lagi! Ini Cara Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 2020 yang Bisa Dilakukan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Selain melanjutkan rencana tahun lalu, kamu bisa menyusun resolusi di masa mendatang yang bakal membuat dirimu menjadi pribadi lebih baik. Lantas, bagaimana cara mewujudkan resolusi tahun baru 2020?
Baca Selengkapnya
Stress Saat liburan? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Bisa Kamu Lakukan
Stress Saat liburan? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Bisa Kamu Lakukan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Sayangnya, stress saat Liburan kerap tak terhindarkan. Lantas, bagaimana cara mengatasi stress selama berlibur? Ketahui 5 di antaranya sebagai berikut:
Baca Selengkapnya
Selain Pohon Natal, Ini 5 Persiapan Lainnya yang Wajib Diperhatikan
Selain Pohon Natal, Ini 5 Persiapan Lainnya yang Wajib Diperhatikan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Selain pohon natal yang wajib, ada beberapa persiapan natal yang perlu diperhatikan. Apa saja persiapan tersebut? Yuk, cek 5 di antaranya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...