02 Agustus 2020   Kesehatan

Suka Sarapan Bubur Ayam? Ketahui Manfaatnya Di Sini!

Salah satu menu sarapan populer di masyarakat Indonesia  adalah bubur ayam.  Jenis olahannya sendiri bervariasi, sehingga penggemar bubur ayam sulit bosan dengan rasanya. Namun, tahukah kamu jika sarapan bubur ayam membawa manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan? 

Manfaat Bubur Ayam

Baik bagi sistem pencernaan

Bubur dipercaya memberikan pengaruh baik bagi sistem pencernaan manusia, diantaranya
adalah lambung dan limpa. Nutrisi yang terdapat dalam bubur dapat membantu mengoptimalkan fungsi lambung dan limpa tanpa menambah beban kerja organ. 
 
Sumber: honestdocs.id
 

Mencegah sembelit

Ketika penernaan kamu bekerja dengan lancar, maka kamu bisa terhindar dari sembelit atau kesulitan buang air besar. Kadar air dan kandungan serat yang tinggi dalam bubur dapat membantu pertumbuhan bakteri usus serta melunakan tinja. Selain itu, mengkonsumsi bubur juga dapat mengurangi rasa sakit perut yang disebabkan oleh sembelit.

Sumber: sahabatnestle.co.id
 

Menjaga berat badan

Makan semangkuk bubur dapat membantu menjaga berat badan. Bubur tergolong makanan rendah kalori, sehingga aman buat dikonsumsi agar berat badan tetap terjaga. Walau rendah kalori, gizi yang terkandung dalam semangkuk bubur ayam termasuk seimbang, jadi tidak perlu khawatir metabolismemu terganggu walaupun sedang diet ya.

Sumber: food.detik.com
 

Sebagai detox racun

Selain rasanya yang gurih dan enak, bubur ayam ternyata mampu membantu proses detox racun dalam tubuh. Dilansir dari honestdocs.id, bubur befungsi sebagai pendetox tubuh melalui kelenjar keringat. Apabila bubur ayam dikonsumsi dalam kondisi hangat, maka tubuh akan mengeluarkan keringat yang kemudian membantu memperlancar sirkulasi darah dan mengeluarkan racun dalam tubuh. 
 

Sumber energi

Dalam satu cangkir bubur polos mengandung 100 gram kalori dan 3 gram lemak yang cukup untuk energi kamu di pagi hari. Sedangkan untuk semangkuk bubur ayam yang sudah ditambahkan ayam suwir dan potongan sayuran membuat gizi bubur tersebut semakin baik pula mulai dari karbohidrat, protein, dan mineral yang mampu memberikan energi untuk melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Itu sebabnya kamu selalu disarankan untuk mengonsumsi bubur jika tubuhmu dalam kondisi sakit atau dalam masa penyembuhan.
 
Sumber: koran-jakarta.com
 
Tapi ingat, jangan konsumsi bubur ayam secara berlebihan ya karena dapat meningkatkan gula darah. Dikutip dari hellosehat.com, bubur ayam bisa meningkatkan gula darah lebih cepat dibanding nasi putih biasa. Jadi, yang berisiko atau punya penyakit diabetes sebaiknya membatasi konsumsi bubur ayam. Pastikan selalu menjaga kesehatan dan siapkan asuransi penyakit jantung dari AXA Direct.
 
 
 
Baca Juga: Tempat Sarapan Enak di Jakarta Setelah Gowes
 
 

Inspirasi Terkait
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
Cara Mengecilkan Lengan yang Bisa Kamu Coba!
27 September 2020   Kesehatan
Buat yang mau mengecilkan lengan, bisa ikuti caranya di sini!
Baca Selengkapnya
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
Tips Diet Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan
27 September 2020   Kesehatan
Sering gagal dalam melakukan diet? Coba tips ini deh!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran Agar Tidak Boros
27 September 2020   Finansial
Suka bingung uang tiba-tiba habis? Cobalah untuk hidup tida boros seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...