05 Juli 2018   Kesehatan

Sering Disepelekan, Ini Dia 5 Gejala Kanker Lidah yang Harus Diketahui Sejak Dini!

1446     0
Kanker lidah adalah jenis kanker yang paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah. Sel Skuamosa ini pun merupakan sel berbentuk datar atau pipih seperti kulit yang melapisi permukaan mulut, hidung, laring, tiroid, dan tenggorokan. Kanker lidah paling sering menyerang sel-sel skuamosa tersebut. Oleh karenanya, kanker lidah yang bermula dari sel ini disebut juga dengan kanker sel skuamosa.

Ada beberapa faktor maupun penyebab yang bisa membuat kamu menderita kanker lidah. Akan tetapi beberapa faktor yang paling sering menyebabkan kanker lidah adalah alkohol dan tembakau. Dua material tersebut diduga menjadi penyebab utama kemunculan kanker karena keduanya memiliki sifat karsinogenik atau mudah menyebarkan kanker. Zat-zat yang bersifat karsinogenik umumnya mengandung unsur kimia yang dapat merusak DNA di dalam sel dan memicu kemunculan kanker.

Selain beberapa bahan seperti alkohol dan tembakau diatas ternyata terdapat beberapa faktor penyebab gejala kanker lidah yang biasanya terjadi, sebagai berikut:
 

Sariawan

Salah satu gejala kanker lidah yang biasa terjadi adalah sariawan. Jika kamu mengalami sariawan yang berlangsung secara terus menerus dan tidak kunjung menurun bisa jadi sariawan tersebut merupakan indikator atau gejala kanker lidah. Jangka waktu sariawan untuk penyakit ini adalah sekitar lebih dari 2 minggu.

Perbedaan sariawan penyebab kanker dengan sariawan biasa yang biasa terjadi (karena kekurangan vitamin C) terletak pada lidah yang terasa keras atau kaku. Luka sariawan pada lidah yang terkena kanker cenderung mengalami pengerasan. Jika kamu mengalami sariawan biasa, permukaannya akan terasa lunak atau lembek.
 

Benjolan

Gejala kanker lidah berikutnya adalah terdapat benjolan yang semakin mengeras disekitar area lidah. Benjolan juga bisa muncul di area bagian belakang tenggorokan sehingga mengakibatkan sulit untuk membuka mulut. Benjolan pada kanker lidah berbeda dengan benjolan sariawan atau lipom. Benjolan kanker lidah akan sangat peka dengan sentuhan. Kepekaan itu dapat mengakibatkan rasa sakit serta pendarahan apabila disentuh atau tersenggol oleh makanan yang cukup keras.
 

Sakit tenggorokan

Gejala kanker lidah berikutnya adalah sakit tenggorokan. Ketika kamu mengalami sakit tenggorokan karena gejala kanker lidah, kamu akan merasa kesulitan atau merasakan rasa sakit saat menelan makanan. Banyak yang mengira hal tersebut merupakan bagian dari penyakit gangguan amandel yang biasa menyerang kerongkongan. Namun, perbedaan sakit tenggorokan pada penyakit kanker lidah adalah terasa adanya penghambat yang menghalangi masuknya makanan atau bahkan zat cair (air, sirup obat) ke dalam kerongkongan.
 

Bercak Merah dan putih

Salah satu gejala kanker lidah yang paling umum terlihat adalah munculnya bercak berwarna merah dan putih di sekitar area lidah kamu. Bentuk bercaknya tidak jauh berbeda dengan sariawan dan bisa muncul di bagian manapun disekitar lidah. Bagian tengah dari bercak berwarna merah atau putih tersebut biasanya lunak dan sering mengalami pendarahan. Pendarahan itu dapat terjadi apabila tekanan yang diterima oleh bagian lidah terlalu besar ketika mengunyah makanan, minum, atau menelan makanan.


Kebas Mulut (mati rasa)

Gejala kanker lidah yang terakhir yang sering terjadi adalah mulut mati rasa (kebas mulut). Kebas mulut atau rasa lidah yang terlalu tebal menyebabkan mati rasa pada indera pengecap. Lidah tidak mampu merasakan rasa manis, asam, maupun asin. Rasa kebas ini merupakan satu gejala kanker lidah yang akan semakin akut bila tidak diatasi. Kebas tidak kunjung hilang bersamaan dengan sariawan dan sakit tenggorokan yang tidak seperti pada umumnya gejala panas dalam.

Itulah beberapa gejala kanker lidah yang umumnya terjadi. Namun kamu tidak perlu takut karena kanker lidah bisa diobati dengan beberapa cara seperti radioterapi, kemoterapi dan operasi lidah. Namun ada baiknya kamu berjaga-jaga jika kamu atau anggota keluarga kamu terkena kanker dengan asuransi. Salah satu asuransi yang aman dan terdaftar oleh OJK adalah AXA Financial Indonesia.

Terdapat beberapa produk asuransi di AXA Financial Indonesia salah satunya adalah AXA Cancer And Save. Beberapa manfaat mendaftar adalah uang pertanggungan hingga Rp 250 juta jika terdiagnosa atau meninggal dunia karena kanker. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari AXA Cancer And Save yang bisa kamu liat di sini.

Inspirasi Terkait
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
16 Oktober 2019   Kesehatan
Harbolnas akan segera tiba. Agar tidak kehabisan, Anda bisa mengikuti trik berikut ini agar dapat membeli barang impianmu.
Baca Selengkapnya
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
16 Oktober 2019   Kesehatan
Musim hujan rentan menimbulkan masalah kesehatan. Berikut ini penyakit musim hujan yang sering menyerang anak yang perlu diwaspadai.
Baca Selengkapnya
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
16 Oktober 2019   Kesehatan
Hati-hati dengan penyakit ISPA yang mudah menular. Yuk, ketahui tanda dan gejala ISPA agar kamu lebih berhati-hat seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...