31 Desember 2019   Lifestyle

Sebentar Lagi Natal Tiba! Yuk Intip Tradisinya dari Berbagai Negara

Natal adalah kesempatan yang sangat tepat untuk berkumpul dengan keluarga. Menghidangkan santapan spesial dan memasang ornamen mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan paling sering dilakukan bersama.
 
Perayaan Natal sendiri memang memiliki arti yang sama secara garis besar. Walau begitu, perbedaan budaya dan pengalaman masyarakat adalah faktor penting dalam mendefinisikan Natal. Wajar saja jika tradisi Natal di berbagai negara berbeda antara satu dan lainnya, serta menjadi sangat unik. Yuk, simak beberapa contoh tradisi uniknya berikut ini!
 

Australia - Aktivitas Musim Panas


Natal tidak selalu identik dengan musim dingin, misalnya pada Australia. Negara dengan julukan Negeri Kanguru ini sedang mengalami musim panas ketika Natal datang setiap tahunnya, berbeda dengan kebanyakan wilayah di dunia.
 
Jika di film atau kartun orang Eropa akan bermain bola salju, warga Australia justru akan melakukan aktivitas selayaknya musim panas biasanya, seperti menyantap seafood di siang hari, berenang di pantai, dan juga bermain kriket di luar rumah.
 

Ukraina - Memasang Ornamen Jaring Laba-laba


Ketika melihat hiasan laba-laba beserta sarangnya, yang terlintas di pikiran kebanyakan orang adalah perayaan Halloween. Namun, memasang ornamen jaring laba-laba mengisyaratkan hal yang berbeda bagi masyarakat di negara Ukraina.
 
Tradisi ini berawal dari sebuah legenda yang menceritakan seorang perempuan janda yang hanya bisa menghias pohon Natalnya dengan jaring laba-laba karena ketidakmampuan ekonominya. Keesokan harinya, jaring laba-laba tersebut memancarkan cahaya dan membuat rumahnya menjadi indah.
 
Baca Juga: Selain Pohon Natal, Ini 5 Persiapan Lainnya yang Wajib Diperhatikan
 

Iran - Puasa Menjelang Natal


Selain para Muslim, masyarakat beragama Kristen juga ada yang mengantisipasi hari rayanya dengan cara berpuasa. Ya, warga di Iran telah menjadikan berpuasa kecil sebagai tradisinya.
 
Selama 25 hari menjelang Natal, masyarakat Kristiani di Iran berpuasa dari makanan-makanan yang mengandung hewan, seperti daging, telur, dan juga susu. Namun, ketika tanggal 25 Desember datang, mereka akan berbuka puasa dan menyantap ‘Harissa’ (ayam rebus) bersama-sama.
 

Britania Raya dan Irlandia Utara - Boxing Day


Pada tanggal 26 atau tepat sehari setelah Natal, masyarakat United Kingdom (Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara) merayakan Boxing Day. Perayaan pada hari ini tidak memiliki unsur kekerasan atau pertinjuan seperti yang dicerminkan julukannya. Justru, istilah ‘boxing’ di sini mengartikan kegiatan mengepak barang.
 
Setelah merayakan Natal, sebagian masyarakat akan memasukkan hadiah-hadiah kecil, uang, bahkan makanan ke dalam kotak dan memberikannya pada pelayan, asisten rumah tangga, serta karyawan yang harus bekerja pada tanggal 25 Desember. Tradisi baik ini telah ada sejak 1833.
 

Italia - Penyihir Baik ‘La Befana’


Sebagai salah satu rangkaian Natal, masyarakat Italia juga merayakan ‘Epifani’ pada tanggal 6 Januari. Namun, yang unik adalah tradisi masyarakat memasang ornamen penyihir baik La Befana pada hari tersebut. Warga italia percaya penyihir ini hadir di malam sebelumnya untuk membagikan hadiah pada anak-anak baik, selayaknya Sinterklas di negara-negara lain.
 
Demikian beberapa tradisi Natal di berbagai negara yang unik dan menarik. Setelah membaca beberapa contoh di atas, ternyata bukan pohon Natal dan Sinterklas saja yang mendefinisikan Natal. Walau wujudnya berbeda-beda, segala tradisi bertujuan untuk menjadikan Natal momen yang indah dan juga menyenangkan untuk dirayakan bersama.
 
Baca Juga: Tangkal Serangan Penyakit Saat Liburan Natal dengan Cara Ini
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Vitamin C yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
Vitamin C yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
01 Juli 2020   Kesehatan
Selain meningkatkan sistem imun tubuh, masih banyak manfaat vitamin C bagi kesehatan, antara lain:
Baca Selengkapnya
Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia
Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia
30 Juni 2020   Kesehatan
Hati-hati dengan Insomnia. Yuk, cari informasi lengkap tentang Insomnia di Sini!
Baca Selengkapnya
Sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia
Sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia
30 Juni 2020   Lifestyle
Tahukah kamu? Setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkoba Sedunia. Inilah sejarahnya
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...