31 Mei 2019   Lifestyle

Sebelum Ditinggal Pembantu Mudik Lebaran, Sebaiknya Lakukan 5 Hal Berikut!

91     1
Saat idul fitri atau lebaran bukan hanya tradisi mudik yang biasanya dilakukan oleh sebagian orang Indonesia. Tapi musim pembantu mudik lebaran juga terjadi. Itu tandanya, semua pekerjaan rumah yang biasanya dilakukan oleh pembantu, diurus sendiri oleh kamu dan anggota keluarga yang lain.

Tak jarang bila keluarga yang sangat tergantung pada pembantu Rumah Tangga pasti sangat kerepotan mengurus pekerjaan rumah. Nah, jangan buru-buru pusing jika ditinggal pembantu mudik lebaran. Berikut ada 5 hal yang perlu dilakukan sebelum ditinggal mudik pembantu lebaran yang bisa dilakukan.

Ketahui Durasi Mudik Pembantu

Kamu perlu tahu berapa lama pembantu akan melakukan mudik lebaran. Hal ini untuk berjaga-jaga jika pembantu tidak akan kembali lagi dengan berbagai alasan seperti mendapat pekerjaan lain yang lebih baik, atau bisa jadi uangnya sudah habis sehingga tidak bisa membeli tiket kembali ke rumah kamu.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, kamu bisa menjanjikan kenaikan gaji kepada pembantu kamu setelah ia kembali ke rumah. Yang perlu diperhatikan, berikanlah kenaikan gaji sesuai dengan kinerjanya dan pertimbangan kamu. Selain itu, tepatilah janji kamu ketika pembantu tersebut sudah kembali ke rumah kamu.

Membagi Peran Bersama Anggota Keluarga

Sebelum pembantu mudik lebaran, biasakan seluruh anggota keluarga kamu melakukan pekerjaan rumah sendiri. Mulailah dari kebiasaan kecil seperti menaruh peralatan makan dan minum yang sudah dipakai ke tempat cuci piring dan mencucinya hingga bersih.

Bersihkan Rumah Secara Menyeluruh

Hal yang perlu dilakukan sebelum pembantu mudik lebaran, mintalah dia untuk mencuci, menyetrika baju, gorden, sarung bantal sofa, sprei, membersihkan seluruh sudut rumah, serta berbagai peralatan dapur untuk memudahkan Anda saat memasak. Tentunya, cara ini bisa membuat pekerjaan kamu lebih ringan ketika ditinggal pembantu.

Menyiapkan Anggaran Tambahan Selama Pembantu Mudik

Jika kamu tidak ingin mengerjakan pekerjaan rumah sendiri dan memilih menggunakan jasa lain seperti menginap beberapa hari di hotel, menggunakan jasa laundry, membeli makan di luar, menggunakan jasa pembersih rumah yang bisa disewa beberapa jam, berarti kamu harus menyisihkan beberapa anggaran untuk jasa-jasa tersebut.

Liburan di Luar Kota

Salah satu hal yang bisa dilakukan jika pembantu melakukan mudik lebaran adalah dengan pergi berlibur selama pembantu mudik lebaran. Kamu bisa pergi liburan ke luar kota yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Saran tambahan jika memilih liburan ke luar kota, coba pergi pada jauh-jauh hari sebelum hari H agar tidak terlalu padat dengan orang lain yang juga bepergian ke daerah yang kamu tuju.

Semoga informasi tentang hal yang harus dilakukan sebelum ditinggal pembantu mudik lebaran di atas bisa membantu kamu dan anggota keluarga menyiapkan diri untuk bisa lebih mandiri hingga pembantu dating kembali ke rumah kamu.

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...