20 Desember 2019   Kesehatan

Rutin Konsumsi Jus Sayur & buah? Ketahui 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Sudah tidak diragukan lagi jika buah dan sayur menjadi makanan yang menyehatkan tubuh. Kandungan yang ada di keduanya juga kebanyakan tidak dimiliki oleh makanan yang berasal dari hewan. Namun, karena faktor kurang praktis bila dimakan secara langsung untuk sayuran dan sebagian buah, membuat banyak orang jadi malas mengonsumsinya.

Untuk menyiasatinya, kebanyakan orang lebih memilih jus sayur dan buah kemasan yang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran. Kemasannya pun beraneka ragam, ada jus yang dikemas dengan botol plastik transparan atau box tetrapack.

Bila kamu mengonsumsi secara rutin jus sayur dan kesehatan, kamu bisa merasakan manfaatnya. Apa saja manfaat jus sayur dan buah untuk kesehatan? Simak informasinya!

Bisa Dijadikan Sebagai Sumber Energi


Mengonsumsi jus sayur dan buah untuk kesehatan bisa membantu menambah energi tubuh. Ini berkat kandungan yang ada di dalam buah dan sayuran yang banyak mengandung mineral dan vitamin yang bisa membuat tubuh lebih berenergi atau merasa kenyang.

Proses Pencernaan Jadi Lebih Lancar


Kebanyakan buah dan sayur pasti mengandung serat. Seperti yang diketahui, serat sendiri baik untuk proses pencernaan. Buah dan sayur yang dianggap baik untuk membantu pencernaan adalah apel, bayam, brokoli, nanas, pir, atau wortel.
Mengurangi Berat Badan Berlebih
Bila kamu yang sedang berencana untuk mengurangi berat badan, bisa juga mengandalkan jus buah untuk dijadikan sebagai asupan harian khususnya minum di pagi hari. Alasannya, seperti yang disebutkan sebelumnya jika jus buah bisa menjadi sumber energi jadi kamu tidak perlu makan terlalu banyak atau menambah makanan berat lain jika sudah mengonsumsi jus sayur atau buah.

Menghindari Penyakit Kanker


Manfaat jus sayur dan buah untuk kesehatan juga bisa membantu menghindari kanker karena mengandung banyak antioksidan dan vitamin. Seperti diketahui, antioksidan sangat baik untuk mencegah berbagai radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Beberapa buah dan sayuran yang dianggap mengandung antioksidan adalah brokoli, blueberry, jeruk, kubis hijau, selada air, stroberi, dan tomat.

Membuang Racun Tubuh dan Mengurangi Tekanan Darah


Tidak bisa dipungkiri ada banyak godaan untuk hidup sehat, misalnya saja makanan cepat saji, begadang, merokok, malas berolahraga, dan kebiasaan buruk lainnya. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut tentu bisa menumpuk racun yang bisa memicu masalah kesehatan, salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Untuk meminimalisir masalah kesehatan, kamu bisa mengonsumsi jus buah dan sayur seperti wortel, tomat, mangga, dan jeruk yang bisa menjaga tekanan darah.

Jika menginginkannya, kamu bisa menggabungkan antara jus buah dan sayuran. Hanya saja tidak bisa sembarangan dilakukan. Beberapa aturannya, yakni hindari menggabungkan lebih dari tiga macam buah dan sayur dalam satu minuman. Misalnya dua buah sayur dan satu buah atau sebaliknya.

Ada lagi yang perlu diperhatikan, meski terdapat manfaat mengonsumsi jus sayur dan buah untuk kesehatan, tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Orang yang memiliki berat badan berlebih dan mengidap penyakit diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi jus kemasan bahkan jus rumahan. Sangat disarankan mengonsumsi langsung buah segar.

Selain mengonsumsi jus sayur dan buah untuk menjaga kesehatan, kamu perlu juga memberikan perlindungan diri dengan membeli asuransi kesehatan. Tidak perlu bingung memilih asuransi kesehatan, karena kamu bisa memilih AXA Direct. Di sini kamu bisa menemukan berbagai layanan asuransi kesehatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Baca juga: Buah Delima, Si Merah Kaya Manfaat

asuransi penyakit kritis
 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tips Atur Pengeluaran agar Dompet Aman Sampai Lebaran
Tips Atur Pengeluaran agar Dompet Aman Sampai Lebaran
05 Mei 2021   Finansial
Untuk menghindari boros, jadi lebih bijak dalam mengatur keuangan saat Ramadan dan Lebaran menjadi sangat penting. Yuk ikuti kiat ini agar keuanganmu tetap aman sampai Lebaran.
Baca Selengkapnya
Inspirasi Gaya Fashionable untuk Ramadan dan Lebaran 2021
Inspirasi Gaya Fashionable untuk Ramadan dan Lebaran 2021
05 Mei 2021   Lifestyle
Kamu pastinya gak ingin ketinggalan update fashion yang akan hits di Lebaran 2021? Walaupun di rumah saja, pasti tetap ingin dong tampil fashionable di sesi video call bareng keluarga?
Baca Selengkapnya
Wajib Tahu, Ini Produk Asuransi Paling Cocok untuk Milenial
Wajib Tahu, Ini Produk Asuransi Paling Cocok untuk Milenial
05 Mei 2021   Kesehatan
Generasi milenial yang sudah memasuki usia produktif tercatat masih banyak yang belum melek asuransi. Tercatat sangat rendah yaitu baru di angka 1,7% penduduk Indonesia yang terhitung sudah membeli premi baik untuk perlindungan jiwa ataupun kesehatan.
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...