29 Nopember 2020   Finansial

Punya Asuransi Jiwa di Usia Muda. Apakah Perlu?

Banyak yang mengira bahwa asuransi jiwa diperlukan bagi usia tua, sedangkan usia muda, apalagi yang masih lajang dan tidak memiliki tanggungan, tidak perlu asuransi jiwa. Sayangnya ini bukanlah pemikiran yang tepat. Mengapa? Berikut penjelasannya.

Pentingnya Asuransi Jiwa di Usia Muda

Risiko meninggal dunia dapat terjadi kepada siapa saja

Asuransi jiwa memberikan manfaat uang santunan ketika meninggal dunia. Walaupun kamu masih muda dan sehat, namun risiko meninggal dunia dapat terjadi kepada siapa saja tanpa pandang usia. Apalagi di usia muda, biasanya memiliki dunia yang begitu bebas dan lebih berani melakukan beragam kegiatan dengan risiko yang besar.
 

Premi asuransi lebih ringan

Keuntungan memiliki asuransji jiwa di usia muda adalah premi yang lebih ringan. Penghitungan premi asuransi jiwa bergantung pada usia, jenis kelamin, gaya hidup, riwayat kesehatan dan kondisi kesehatan. Jika kamu masih berusia muda dengan kondisi sehat, perusahaan asuransi melihat risiko meninggal dunia kamu masih kecil. Alhasil, premi asuransi kamu lebih ringan dibandingkan jika kamu baru mendaftar asuransi jiwa ketika berusia 40 tahun.
 

Masa perlindungan Panjang

Bagi kamu yang telah memiliki asuransi jiwa sejak muda, maka bisa memiliki perlindungan dari risiko yang lebih panjang. Hal ini dikarenakan kamu telah terdaftar sebagai pemegang asuransi jiwa sedari usia muda.
Contohnya, bila kamu mendaftar asuransi jiwa yang memiliki batas usia 100 tahun dan kamu mendaftar sebagai pemegang asuransi jiwa sejak berusia 25 tahun, maka masa perlindungan jiwa kamu adalah 75 tahun. Kamu bisa membandingkan dengan yang baru membeli asuransi jiwa di usia lebih dari 40 maupun 50 tahun dan masa perlindungan mereka akan jauh lebih singkat.
 

Membantu finansial keluarga

Untuk kamu yang juga bertanggung jawab akan keuangan keluarga dan orang tua, penting bagi kamu untuk memiliki perlindungan jiwa dengan manfaat yang dapat memberikan uang pertanggungan saat kamu tidak produktif atau meninggal dunia. Sehingga keluarga kamu dapat tetap terjamin secara finansial di masa depan.
 
Itulah manfaat asuransi jiwa sejak usia muda. Sebisa mungkin manfaatkan usia muda kamu untuk melindungi diri sebaik-baiknya dari kemungkinan risiko yang bisa terjadi kapan saja.



Baca Juga : Pilih Asuransi Kesehatan Atau Jiwa? Cari Tahu Lengkapnya di Sini!
 

asuransi penyakit kritis
 

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...