20 September 2018   Kesehatan

Penyebab dan Cara Mengatasi Leukemia

2235     0
Leukemia adalah gangguan pada sel darah putih yang berdampak pada sistem pertahanan tubuh secara kesuluruhan. Leukemia juga sering disebut sebagai kanker darah di mana fungsi sel darah sebagai pelindung tubuh dari berbagai benda asing atau kondisi tubuh yang tidak bekerja secara normal.

Bagi semua orang, leukemia merupakan mimpi buruk. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya untuk menggerogoti daya tahan tubuh dapat berlangsung dengan cepat. Pada orang dewasa, gangguan kesehatan ini dapat berlangsung 10 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan anak-anak.

Beberapa gejala umum leukemia antara lain demam, menggigil, muntah-muntah, nyeri pada tulang atau sendi, lemas dan kelelahan yang berkelanjutan, penurunan berat badan, keringat berlebih di malam hari, serta munculnya bintik-bintik merah pada kulit.
 

Penyebab Leukemia

Meskipun belum diketahui pasti, namun keberadaan mutasi DNA di dalam sel darah putih yang menyebabkan perubahan tindakan setiap sel menjadi pemicu munculnya kanker darah. Tidak hanya itu, ada beberapa faktor penyebab leukemia, yakni sebagai berikut:
  • Faktor Keturunan atau Genetika

Secara umum, ada 3 jenis kanker darah yaitu leukemia mielogen akut, leukemia limfotik kronis, serta leukemia mielogen kronis. Penyebab leukemia mielogen akut dan kronis adalah karena gangguan genetika lain. Sementara leukemia limfatik kronis disebabkan oleh faktor keturunan dari salah satu anggota keluarga.
 
  • Terkena Paparan Radiasi Tingkat Tinggi

Ketika seseorang pernah terkena paparan radiasi tingkat tinggi seperti pernah terlibat kecelakaan kerja yang terkait dengan reaktor nuklir serta paparan zat kimia misalnya benzena, maka risiko mengalami leukemia pun akan semakin besar.
 
  • Riwayat Pengobatan Kanker

Sementara bagi mereka yang sebelumnya pernah menjalani pengobatan kanker seperti kemoterapi atau radioterapi, maka besar kemungkinan gangguan kesehatan pada sel darah putih akan terjadi.
 
  • Kebiasaan Merokok

Terakhir, pemicu terjadinya leukemia dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok. Jenis kanker darah yang sering dialami oleh para perokok adalah leukemia mielogen akut.
  • Pengobatan Leukemia

Apabila seseorang telah didiagnosis kanker darah positif, maka akan ada beragam pengobatan yang dilakukan sesuai kondisi kesehatan, usia, serta tingkatan atau stadium leukemia. Hal ini pun akan ditentukan oleh dokter ahli. Beberapa langkah penanganan yang sering diberikan oleh para ahli, yaitu:
  • Kemoterapi, metode pengobatan paling umum untuk masalah kanker darah dengan tujuan membunuh sel-sel kanker
  • Radioterapi, teknik penyembuhan dengan menggunakan sinar X untuk membersihkan dan menghambat pertumbuhan sisa-sisa sel kanker
  • Transplantasi sel induk yakni proses penggantian sumsum tulang yang sudah rusak
Tahukah kamu bahwa seluruh pengobatan leukemia ini tidaklah murah? Tingginya biaya konsultasi dokter, biaya pengobatan, rawat inap, rawat jalan, hingga harga obat-obatan bagi penderita kanker darah menjadi pertimbangan utama banyak orang untuk mendapatkan asuransi kanker.

Selain itu, dengan membeli asuransi kanker maka ini bisa jadi tindakan preventif ketika gangguan ini tiba-tiba menyerang. Salah satu asuransi kanker terpercaya adalah AXA Financial Indonesia yang menyediakan Axa Cancer and Save.

Beragam keuntungan yang dapat diperoleh pun menanti kamu, yakni uang pertanggungan Rp. 250.000.000 apabila terdiagnosa atau meninggal dunia karena penyakit kanker.

Tidak hanya itu, ada juga keuntungan pengembalian premi 50% dari total premi selama 36 bulan dari tahun keempat hingga keenam, jika tidak ada klaim dan kondisi polis aktif. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi Axa Heart and Save, kamu dapat mengunjungi website resmi AXA Financial Indonesia di sini.

Inspirasi Terkait
Stunting: Ancaman Utama Bagi Ibu Hamil
Stunting: Ancaman Utama Bagi Ibu Hamil
21 Maret 2019   Kesehatan
Menurut Badan Kesehatan Dunia, Indonesia ada di urutan ke-lima jumlah anak dengan kondisi stunting
Baca Selengkapnya
Antara Kesehatan VS Tuntutan Hidup
Antara Kesehatan VS Tuntutan Hidup
20 Maret 2019   Kesehatan
Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum melek soal pengelolaan finansial. Berikut cara mengatur keuanganmu dengan bijak.
Baca Selengkapnya
Kenali Penyakit Kanker Darah yang Menyerang Mantan Ibu Negara RI
Kenali Penyakit Kanker Darah yang Menyerang Mantan Ibu Negara RI
19 Februari 2019   Kesehatan
Kenali penyakit Kanker Darah mulai dari jenis, gejala, dan cara pencegahannya di artikel ini.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...