16 Oktober 2019   Kesehatan

Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini

554     0
Kebanyakan anak-anak suka sekali bermain air hujan dan genangan air karena menurut mereka ini menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, sayangnya musim hujan menjadi musim yang rawan memunculkan penyakit.

Ketika musim hujan biasanya banyak sekali bakteri dan virus yang akan muncul dan berkembang biak. Selain musim hujan, penyakit juga mudah muncul jika metabolisme tubuh anak sedang sedang tidak baik.

Nah, sebentar lagi kita akan menghadapi musim penghujan. Sebagai orang tua kamu harus mengenali berbagai penyakit musim hujan yang sering menyerang anak untuk bisa mencegah penularannya. Apa saja penyakit musim hujan yang sering menyerang anak? Berikut ini jawabannya.

Influenza


Penyakit musim hujan yang sering menyerang anak, yakni influenza atau yang sering disebut common cold (pilek) yang merupakan kondisi peradangan saluran pernapasan yang diakibatkan karena terkena infeksi virus influenza tipe A, B, atau C. Influenza sendiri bisa menular. Jadi jika ada orang di sekitar anak yang mengalami influenza, pastikan jika tidak berdekatan dengan anak kamu.  Influenza menjadi penyakit kategori self limiting disease, artinya penyakit yang bisa sembuh tanpa perlu mengonsumsi obat. Tanda-tanda yang biasanya muncul, yakni batuk, demam, nyeri kepala, nyeri otot dan sendi, sakit tenggorokan, dan pilek.

Gastroenteritis


Gastroenteritis menjadi penyakit musim hujan yang sering menyerang anak yang mengenai saluran cerna dan bisa diakibatkan karena munculnya bakteri, infeksi virus, jamur, atau parasit. Biasanya gejala yang muncul, yakni demam, diare, myalgia (nyeri otot), mual, muntah, nafsu makan berkurang, nyeri perut, rewel dan gelisah, sakit kepala, dan tubuh merasa lemah.

Tifus


Tifus yang memiliki nama lain demam tifoid merupakan penyakit yang diakibatkan karena infeksi bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi yang bisa ditularkan melalui makanan atau minuman yang sudah terkena infeksi bakteri. Gejala yang bisa dialami, yakni demam, nyeri perut, nyeri sendi, sakit kepala, sakit tenggorokan, sembelit, dan nafsu makan berkurang.

Penyakit Kulit


Kulit juga rentan mengalami masalah saat musim hujan tiba. Salah satu tanda penyakit kulit yang bisa menyerang saat musim hujan adalah reaksi gatal-gatal karena pengaruh dari jamur. Beberapa penyakit kulit yang sering terjadi, yakni dermatitis alergi, folikulitis, infeksi jamur, dan kutu air.

Demam berdarah dengue (DBD) dan Malaria


DBD bisa terjadi karena disebabkan adanya virus dengue yang diserang karena gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini biasanya ditemukan saat musim hujan dan mampu berkembang biak di air tergenang. Biasanya penyakit DBD akan menunjukkan gejala seperti bintik merah pada kaki dan tangan, demam dengan suhu tinggi secara mendadak mencapai 40⁰ dan biasanya terjadi di malam hari, nyeri kepala, nyeri otot dan sendi, mual dan muntah serta nyeri perut, wajah kemerahan atau ruam di kulit.

Penyakit musim hujan yang sering menyerang anak lainnya yang serupa dengan DBD namun tak sama adalah Malaria. Ini merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan karena adanya infeksi parasit plasmodium yang menular dan berasal dari gigitan nyamuk anopheles. Gejala dari malaria, yakni demam, menggigil, mengeluarkan banyak keringat dan lemas, dan sakit kepala.

Itu tadi 5 penyakit musim hujan yang sering menyerang anak yang perlu orang tua waspadai. Pastikan kamu memberikan asupan yang cukup, pastikan tidurnya cukup, dan selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar agar saat musim hujan tiba, si Kecil tidak mudah sakit. 

Baca juga: Mempersiapkan Liburan Di Musim Penghujan
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tinggal 2 Bulan Lagi! Ini Cara Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 2020 yang Bisa Dilakukan
Tinggal 2 Bulan Lagi! Ini Cara Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 2020 yang Bisa Dilakukan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Selain melanjutkan rencana tahun lalu, kamu bisa menyusun resolusi di masa mendatang yang bakal membuat dirimu menjadi pribadi lebih baik. Lantas, bagaimana cara mewujudkan resolusi tahun baru 2020?
Baca Selengkapnya
Stress Saat liburan? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Bisa Kamu Lakukan
Stress Saat liburan? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Bisa Kamu Lakukan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Sayangnya, stress saat Liburan kerap tak terhindarkan. Lantas, bagaimana cara mengatasi stress selama berlibur? Ketahui 5 di antaranya sebagai berikut:
Baca Selengkapnya
Selain Pohon Natal, Ini 5 Persiapan Lainnya yang Wajib Diperhatikan
Selain Pohon Natal, Ini 5 Persiapan Lainnya yang Wajib Diperhatikan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Selain pohon natal yang wajib, ada beberapa persiapan natal yang perlu diperhatikan. Apa saja persiapan tersebut? Yuk, cek 5 di antaranya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...