26 Oktober 2017   Kesehatan

Mengenal Breathwork, Olah Napas untuk Kesehatan

2700     6
Bernapas menandai adanya kehidupan dan sudah dilakukan secara otomatis sejak kita dilahirkan. Saat kita mengalami sakit flu dan pilek, kita baru menyadari kalau kita sedang mengalami kesulitan dalam bernapas. Emosi juga berhubungan erat dengan pola bernapas, saat kita marah biasanya kita akan bernapas lebih cepat.  Sedemikian eratnya hubungan napas dengan diri kita hingga kita tidak menyadari bila napas dapat menjadi salah satu kunci utama dalam menjaga kesehatan.

Di Indonesia, breathwork belum dikenal luas seperti di Amerika maupun negara-negara Eropa


Dalam prakteknya telah banyak dikenal berbagai metode pernapasan untuk menjaga kesehatan seperti misalnya Tai-chi, yoga, serta berbagai jenis olah napas lainnya.  Di Indonesia, latihan olah napas atau breathwork relatif belum terlalu dikenal di masyarakat secara luas namun sudah digunakan sebagai salah satu metode relaksasi dan terapi. Dalam psikologi transpersonal, breathwork merupakan salah satu metode non-verbal yang digunakan untuk eksplorasi diri dan penyembuhan.  Breathwork juga digunakan untuk mengatasi trauma, stres, kecemasan dan mengatasi depresi.

Breathwork adalah salah satu metode atau teknik penyembuhan (self-healing) yang bekerja dengan napas.  Breathwork adalah suatu praktik kesadaran tubuh dan pikiran dengan menggunakan teknik pernapasan “deep connected breathing”.  Dalam breathwork proses bernapas, baik menarik dalam-dalam maupun membuang napas dilakukan lewat mulut, secara terus menerus dan tidak terputus selama beberapa waktu. Komponen utama dalam breathwork adalah napas yang cepat, pikiran yang tenang dan fokus, diiringi musik yang menggugah dan gerakan tubuh.

Bisa juga dilakukan secara kelompok, biar lebih semangat!

Sesi breathwork dapat dilakukan secara perorangan maupun secara kelompok di bawah bimbingan fasilitator terlatih dan terlisensi.  Untuk mengikuti sesi breathwork yang harus diperhatikan adalah peserta harus sudah dewasa (usia lebih dari 20 th), tidak sedang hamil, tidak menderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, glukoma, penyakit asma parah atau mengalami gangguan kejiwaan
 
Sumber
:
http://www.ibfnetwork.com/what_is_breathwork
www.breathwisdom.com
www.inekemachdi.com
www.biodynamicbreath.com

Inspirasi Terkait
Supaya Semakin Semangat di Tahun Baru 2020, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini!
Supaya Semakin Semangat di Tahun Baru 2020, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini!
16 Januari 2020   Lifestyle
Sambutlah 2020 dengan semangat tahun baru yang berbeda daripada biasanya. Kamu dapat mulai mencoba melakukan beberapa hal menarik bersama keluarga
Baca Selengkapnya
Malas Keluar Rumah? Ini 5 Gerakan Olahraga Sehat yang Bisa Kamu Lakukan
Malas Keluar Rumah? Ini 5 Gerakan Olahraga Sehat yang Bisa Kamu Lakukan
16 Januari 2020   Kesehatan
Olahraga tidak harus dilakukan di luar rumah. Berikut 5 olahraga sehat yang bisa dilakukan dirumah secara rutin.
Baca Selengkapnya
Jadwal Konser Tahun 2020 yang Paling Dinantikan! Kamu Mau Nonton yang Mana?
Jadwal Konser Tahun 2020 yang Paling Dinantikan! Kamu Mau Nonton yang Mana?
16 Januari 2020   Kesehatan
Di tahun 2020 akan ada musisi yang akan mengadakan konser. Siapkan budget untuk menonton jadwal konser tahun 2020 berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...