22 Mei 2020   Lifestyle

Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu

217     0
Lebaran sebentar lagi. Walaupun Lebaran tahun ini terasa berbeda karena harus berada #DIRUMAHAJA dan tidak mudik, tapi kita tetap bisa menikmati makanan khas Lebaran yang pastinya selalu ditunggu-tunggu. Apa saja itu?
 
Makanan Khas Lebaran
 
1. Ketupat

Rasanya akan ada yang kurang bila belum makan ketupat pas Lebaran. Makanan khas Lebaran satu ini merupakan makanan pengganti nasi. Sama-sama berasal dari beras hanya saja dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda. Ketupat ini sering diibaratkan sebagai perjalanan hidup yang sering diselingi dengan kesulitan. Sedangkan tali yang tidak putus digambarkan sebagai silahturahmi yang tidak pernah terputus.
 

2. Opor ayam

Makanan khas lebaran yang satu ini merupakan teman sejati dari ketupat. Ketupat yang sudah dipotong-potong kemudian dituangi kuah opor ayam. Nyammm… Pasti nikmat banget. Opor ayam ini terbuat dari daging ayam yang direbus dalam kuah santan lalu dicampur berbagai macam bumbu seperti serai, kencur, kunyit, dan garam. Rasanya asin, gurih, dan ada sedikit rasa manis.

 
3. Rendang

Siapa yang tak suka rendang? Makanan yang berasal dari Padang ini merupakan makanan yang sudah mendunia bahkan dikenal menjadi salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain. Rendang menjadi salah satu makanan khas Lebaran pendamping ketupat, selain opor ayam. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah.
 

4. Sambal goreng ati

Makanan yang satu ini juga tak pernah absen di hari Lebaran. Sambal menjadi menu yang paling di cari sebagai pendamping makan. Rasa pedasnya seperti bisa mengimbangi rasa gurih dari masakan santan. Sambal goreng ati ini dibuat dari kentang yang dipotong dadu lalu dipadukan dengan ati ampela. Makanan ini cocok dimakan dengan berbagai menu masakan lain khas Indonesia.


5. Semur

Makanan khas Lebaran yang terakhir adalah semur. Makanan berkuah ini adalah hidangan dari bahan daging yang direbus lalu diolah dengan kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lain. Kamu bisa melengkapi semur dengan menambahkan kentang, telur, atau tahu.
 
Nah, itulah makanan khas Lebaran yang paling ditunggu-tunggu. Pasti lidah kamu juga sudah tidak sabar untuk menikati makanan lezat tadi, bukan? Tapi ingat, kamu tetap harus kontrol jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, makanan di atas tadi menggunakan santan sehingga mengandung lemak jenuh yang dapat memicu kolesterol dan gula darah naik. Selain itu, ada baiknya kamu juga sudah menyiapkan asuransi penyakit jantung yang bisa memberikan santunan biaya pengobatan penyakit jantung dan stroke.
 
Asuransi penyakit jantung dan stroke tanpa medical check-up ada di sini!

 
 
Baca Juga: Ketahui 5 Makanan Lebaran yang Unik dari Berbagai Daerah

Sumber: zonamakan.com
 

Inspirasi Terkait
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
23 Mei 2020   Lifestyle
Mau tampil cantik saat Lebaran nanti? Coba tutorial makeup ala Beauty Vlogger. Cek di sini!
Baca Selengkapnya
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
22 Mei 2020   Lifestyle
Selain menyiapkan ketupat, kamu juga perlu menyiapkan kue-kue kering ini loh di meja. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Perhatikan! Ini Hal Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Lebaran
Perhatikan! Ini Hal Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Lebaran
22 Mei 2020   Lifestyle
Lebaran tinggal hitungan hari. Yuk, siapkan hal-hal penting berikut ini untuk menciptakan kehangatan di momen Lebaran.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...