16 Oktober 2020   Kesehatan

Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!

Setiap hari kita dituntut beragam aktivitas yang tentunya menguras tenaga dan pikiran. Tak jarang, muncul suasana hati yang kurang bagus. Tapi tahukah kamu, lewat makanan kamu bisa meningkatkan mood dan menciptakan rasa bahagia. Hal ini karena kandungan nutrisi dari makanan tersebut yang membantu otak kita memproduksi neurotransmiter untuk memberi suasana hati yang baik. Lalu apa saja makanan itu?

Makanan yang Bisa Membuat Bahagia

Cokelat hitam

Makana satu ini memang paling cocok dikonsumsi ketika kondisi perasaan kurang bahagia. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Depression & Anxiety menemukan bahwa orang yang makan cokelat hitam mengalami gejala depresi yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak memakannya. Alasannya, cokelat hitam mengandung banyak bahan kimia alami seperti polifenol (antioksidan), kafein, dan theobromin yang dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang. Tapi ingat, batasi konsumsi cokelat secara berlebihan (sekitar 40 gram) karena dapat memicu penambahan berat badan.
 

Salmon

Ikan Salmon mengandung asam lemak omega-3 tinggi yang membantu relaksasi otot, meningkatkan mood dan membangkitkan rasa bahagia. Dikutip dari tempo.co, mengonsumsi lebih banyak ikan akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami gejala depresi.
 

Kacang-kacangan

Makan yang bisa membuat bahagia lainnya adalah kacang-kacangan. Makanan ini mengandung serotonin yang membuat tubuh merasa lebih bahagia. Serotonin dianggap sebagai hormon bahagia yang dapat mengatur suasana hati dan memori. Selain itu, kacang-kacangan mengandung vitamin E yang melindungi sel-sel dari radikal bebas. Jadi, siapkan kacang mete, kenari, atau kacang almond sebagai cemilan kamu untuk mood yang lebih baik.
 

Alpukat

Selain rasanya yang lezat, buah alpukat juga diyakini dapat meningkatkan mood. Alpukat menjadi penyeimbang hormon alami, memastikan otak melepaskan bahan kimia yang tepat untuk membuat kamu merasa bahagia.
 

Pisang

Pisang adalah buah yang kaya dengan potasium dan triptofan. Potasium baik untuk kinerja jantung dan triptofan adalah senyawa kimia di otak yang membantu memperbaiki mood.
 
Lindungi jantung kamu hanya dengan Rp83000. Klik banner di bawah ini!

asuransi penyakit kritis
 
Jadi, jangan lupa konsumsi makanan di atas ini untuk mendapatkan suasana hati yang bahagia. Perasaan bahagia dapat membangkitkan energi dan menciptakan pikiran positif. Alhasil, kesehatan mental kamu tetap terjaga.
 
Sumber: gaya.tempo.co dan cnnindonesia
 

Baca Juga: 6 Makanan yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat Otak
 

Inspirasi Terkait
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
16 Oktober 2020   Kesehatan
Penyakit Listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes yang ditemukan di daerah lembab dan dapat bertahan di suhu dingin. Bagaimana bakteri ini dapat menyerang manusia? Berikut penjelasannya.
Baca Selengkapnya
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
15 Oktober 2020   Kesehatan
Selain kesehatan fisik, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental dalam menghadapi perubahan gaya hidup semenjak pandemi ini. Kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.
Baca Selengkapnya
Informasi Menarik Tentang Asuransi Kesehatan. Mengejutkan!
Informasi Menarik Tentang Asuransi Kesehatan. Mengejutkan!
15 Oktober 2020   Lifestyle
Selain asuransi kesehatan memberikan santunan untuk biaya perawatan saat sakit, ternyata ada beberapa informasi menarik lain tentang asuransi kesehatan, yaitu:
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...