11 Januari 2018   Finansial

Langkah-langkah Memahami Isi Polis Tanpa Pusing dan Ribet

1191     1
Sebenarnya apa sih salah satu alasan yang bikin terjadi banyak mis komunikasi antara nasabah dan perusahaan asuransi? Yak! Kurang teliti dalam membaca polis.

Jika perusahaan asuransi itu menjalankan amanahnya dengan benar, pasti mereka akan bertindak sesuai apa yang tercantum pada polis. Namanya juga hitam di atas putih, kalau perusahaan sampai berani bertindak di luar ketentuan polis, nasabah sangat berhak komplain bahkan melaporkan ke pihak berwajib lho. Buktinya tentu polis itu sendiri

Jadi, sebelum kita malas pakai asuransi karena takut susah klaim, ada baiknya kita membaca polis dengan teliti. Bahkan jangan ragu untuk menanyakan hal yang kurang jelas ke layanan nasabahnya.

Ini dia cara-cara agar kamu memahami polis tanpa harus baca satu persatu (kita paham banget tulisan polis super kecil dan banyak bikin pusing):
 
  1. Sebelum membeli asuransi (entah itu dari agen, telemarketing, atau online), tanamkan pemahaman bahwa penjelasan yang mereka berikan belum mencakup keseluruhan dari apa yang tercantum di polis.  Ini langkah pertama yang harus kamu pahami jika suatu saat menemukan ada isi polis yang tidak disebutkan atau dijelaskan oleh agen/telemarketing/online.
 
  1. Untuk itulah ada yang dinamakan Free-Look Period, yaitu waktu yang diberikan kepada nasabah untuk mempelajari isi polis dan memutuskan apakah mau meneruskan atau membatalkan polis. Waktu yang diberikan perusahaan asuransi berbeda-beda, tetapi umumnya 14 hari.
 
  1. Saat mempelajari polis, pastikan kamu memahami hal-hal berikut:
- apa produk asuransi yang dibeli
- besar pembayaran premi
- besar uang pertanggungan
- tanggal mulai pertanggungan
- nama tertanggung
- nama pemegang polis
 
  1. Berikutnya yang perlu kamu baca dengan teliti yaitu hak dan kewajiban sebagai pemegang polis. Dengan begitu kamu paham betul apa manfaat yang berhak kamu terima, dan apa kewajiban yang  harus kamu penuhi. Jika hak tidak terpenuhi, kamu bisa komplain. Sebaliknya, jika kewajiban tidak kamu penuhi, kamu akan dikenakan sanksi.
 
  1. Ada yang disebut masa leluasa atau dikenal dengan Grace Period yaitu masa tenggang yang diberikan kepada nasabah selama 30 sampai 60 hari sejak jatuh tempo tanggal pembayaran.
 
 
  1. Pada setiap perjanjian polis, selalu ada pengecualian dimana beberapa kondisi tidak dapat dibayarkan manfaatnya. Ini penting untuk diperhatikan, jangan sampai ketika klaim ditolak, kamu tetap ngotot untuk dibayarkan padahal tercantum jelas pada isi polis bahwa kondisimu masuk ke pengecualian.
  2. Jika membeli asuransi jiwa, pastikan copy surat permintaan asuransi jiwa ikut dilampirkan pada polis, karena surat ini adalah dasar diterbitkannya polis asuransi tersebut.
 
Nah, tidak sulit kan kalau kamu mau menyempatkan waktu untuk memahami isi polis? Membeli asuransi merupakan salah satu keputusan penting untuk masa depan kita, jadi kita wajib jib jib memahami betul isi perjanjian polis. Buat apa beli asuransi jika kita tidak bisa klaim?
 
 

Inspirasi Terkait
Pahami Penyebab Detak Jantung Cepat dan Cara Mengatasinya
Pahami Penyebab Detak Jantung Cepat dan Cara Mengatasinya
21 September 2018   Kesehatan
Pernah merasakan jantung berdetak cepat secara tiba-tiba? Kamu patut waspada sebab bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala awal serangan jantung. Berubahnya irama jantung ini jelas saja membuat orang merasa tidak nyaman, cemas, dan khawatir.
Baca Selengkapnya
Patung GWK Akan Menjadi Tertinggi di Indonesia Lho, Kenapa Bisa?
Patung GWK Akan Menjadi Tertinggi di Indonesia Lho, Kenapa Bisa?
21 September 2018   Lifestyle
Kabar gembira bagi dunia pariwisata dan seni di Indonesia karena patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) telah berdiri. Jika selama ini patung hanya diperuntukkan sebagai karya seni, kali ini akan menjadi ikon yang merupakan daya tarik pariwisata.
Baca Selengkapnya
Mau Bulan Madu Murah? Ini 5 Destinasi Pilihannya
Mau Bulan Madu Murah? Ini 5 Destinasi Pilihannya
21 September 2018   Lifestyle
Bagi sebagian pasangan, bulan madu adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan setelah pesta pernikahan selesai. Pilihan destinasi bulan madu pun sangat beragam, tergantung dari budget yang dipunya.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...