01 Juli 2021   Kesehatan

Lakukan Hal Ini untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh selama Pandemi

Setelah satu tahun berlalu, pandemi Covid-19 masih bersama kita.  Salah satu penyebab utamanya adalah virus ini menyebar tanpa gejala, sehingga setiap orang dapat menyebarkan virus tanpa mereka sadari sepenuhnya.  Beberapa ilmuwan bahkan cukup yakin sekalipun pandemi berakhir, Covid-19 akan seperti penyakit flu yang datangnya musiman.
Beradaptasi dengan kebiasaan normal baru dapat melindungi diri kita dan orang lain dari virus ini.  Namun selain itu kita juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terjangkit virus atau bakteri.  Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk tingkatkan daya tahan tubuh selama pandemi.

1. Berpikir positif
Rasanya sulit untuk tetap berpikir positif ketika situasi tidak mendukung.Namun terus meratapi keadaan juga tidak akan mengubah situasi.Mulailah berdamai dengan keadaan dan lihat dari sisi positifnya, misalkan lebih banyak waktu bersama keluarga bagi kamu yang bekerja dari rumah. Tenangkan pikiran dengan bantuan meditasi atau yoga.
 

2. Konsumsi Makanan Bergizi
Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, sistem imun tubuh akan meningkat.Perbanyak makanan mengandung antioksidan untuk menghalau radikal bebas penyebab turunnya imun tubuh seperti bayam, brokoli, dan buah stroberi.
 

3. Rajin Olahraga
Jika kamu sulit menemukan waktu untuk berolahraga, usahakan tetap bergerak misalnya saat membersihkan rumah atau halaman. Olahraga dapat mengubah antibodi tubuh dan sel darah putih yang dapat membantu melawan penyakit dan infeksi.
 

4. Istirahat yang Cukup
Tubuh dan pikiranmu membutuhkan istirahat setelah seharian melakukan berbagai hal.Kurang tidur di malam hari dapat menyebabkan sistem imun tubuh menurun karena dapat mengganggu fungsi sel serta mengurangi produksi antibodi.Perhatikan sinyal tubuh, jika sudah menunjukkan tanda lelah, segera sediakan waktu untuk istirahat.
 

5. Lakukan Hal yang Membuatmu Bahagia
Mengutip dari Kompas.com, berdasarkan penelitian dari Carnegie Mellon University, sebanyak 300 partisipan sengaja diberikan virus flu ketika kondisi mereka sehat.Hasilnya, partisipan yang suasana hatinya sedang buruk berpeluang terserang flu tiga kali lebih besar dari orang-orang yang suasana hatinya stabil.Nah, mulai sekarang yuk fokus pada hal-hal yang dapat membuatmu bahagia untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
 
 
Sumber: kontan.co.id dan kompas.com

asuransi penyakit kritis
 

Inspirasi Terkait
Langkah-langkah Untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
Langkah-langkah Untuk Meraih Kemerdekaan Finansial
02 September 2021   Kesehatan
Kemerdekaan Indonesia dapat dimaknai terbebasnya negara dari belenggu penjajah. Agar perjuangan para pahlawan tidak sia-sia, kita sebagai generasi penerus bangsa dapat mengisi kemerdekaan dengan berkontribusi secara aktif dalam memajukan Indonesia. Kamu bisa memulainya dari hal paling mendasar yait
Baca Selengkapnya
Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Jika Mau Pergi ke Mall
Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Jika Mau Pergi ke Mall
02 September 2021   Kesehatan
Sesuai Keputusan Gubernur (Kepgub) No. 966 Tahun 2021 yang keluar pada 3 Agustus 2021, sertifikat vaksin Covid-19 menjadi syarat untuk masuk ke sejumlah tempat umum di Jakarta seperti pusat perbelanjaan, mall, tempat ibadah, supermarket, dan apotek. Ini artinya, keberadaan sertifikat vaksin Covid-1
Baca Selengkapnya
Rekomendasi Lapangan Terbuka Tempat Bermain Anak di Jabodetak
Rekomendasi Lapangan Terbuka Tempat Bermain Anak di Jabodetak
27 Agustus 2021   Lifestyle
Selama pandemi, anak-anak mungkin merasa jenuh karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Mengajak anak ke arena bermain di dalam ruangan seperti Mal jelas bukan pilihan tepat, maka ini adalah saat yang tepat untuk mencari lapangan terbuka tempat bermain anak.
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...