13 September 2018   Lifestyle

Kilas Balik Prestasi Sepak Bola Timnas Indonesia di Asian Games

148     0
Salah satu olahraga yang menarik perhatian banyak orang di Asian Games 2018 adalah sepak bola. Pasalnya, di Asia sendiri ada beberapa negara yang juga bermain di perhelatan piala dunia. Namun, untuk total keseluruhan negara yang bermain di Asian Games kali ini adalah 26 tim yang terbagi ke dalam 6 grup. 

Indonesia sebagai tuan rumah berada di Grup A dengan Hong Kong, Laos, Cina Taipei, serta Palestina sebagai negara segrup yang akan saling tanding. Keikutsertaan tim sepak bola Indonesia di Asian Games memang tak selalu menawan.
Penasaran dengan kiprah Indonesia di cabang olahraga yang satu ini? Yuk, simak kilas balik prestasi sepak bola timnas Indonesia di Asian Games berikut ini:


India 1951

Asian Games pertama kali digelar di New Delhi, India pada 1951. Sebagai Asian Games perdana, Indonesia pun memutuskan untuk bertanding di cabang olahraga satu ini. Ada 6 negara lain yang menjadi lawan Indonesia kala itu, yakni India, Burma, Afghanistan, Jepang, serta Iran.

Sayangnya, mereka harus gugur sejak di babak kualifikasi pertama. Indonesia harus gugur setelah menderita kekalahan dari India 3-0.  


Filipina 1954

Di Asian Games kedua yang berlangsung di Manila, Filipina pada 1954, permainan Tim Garuda pun akhirnya membaik. Sepanjang pertandingan babak grup, Indonesia sempat mencicipi kemenangan 5-3 atas Jepang serta 4-0 atas India.
Sempat melaju ke babak semifinal, Indonesia harus tunduk terhadap Taiwan dengan skor 2-4. Di perebutan tempat ketiga, Tim Garuda harus menyerah kepada Burma dengan skor  4-5.


Jepang 1958

Perjalanan timnas sepak bola Indonesia di perhelatan Asian Games di Tokyo, Jepang pada 1958 tampaknya membaik. Setelah berhasil lolos ke babak semifinal, Indonesia terus melaju. Pada perebutan medali perunggu, India kali ini harus mengakui kehebatan Indonesia dengan skor 4-1.


Indonesia 1962

Meskipun menyandang status sebagai tuan rumah Asian Games 1962, situasi ini tetap tidak menguntungkan bagi  Tim Garuda.  Meskipun menurunkan pemain yang hampir sama saat empat tahun lalu di Tokyo, Indonesia berhenti di babak grup. Hal ini disebabkan karena kekalahan jumlah poin dari pertandingan penyisihan grup. Menyakitkannya lagi, mereka hanya kalah selisih gol dari Vietnam dan Malaysia.


Thailand 1966

Empat tahun berselang, di Bangkok, Thailand, tepatnya pada 1966, permainan Tim Garuda mulai membaik dengan berhasil memuncaki grup setelah dengan mudah mengalahkan Singapura dan Taiwan. Di babak perempat final langkah mereka terhenti karena pertandingan Burma dan Iran tak satu pun yang meraih kemenangan.


Korea Selatan 1986

Digelar di Seoul, Korea Selatan pada 1986, Indonesia akhirnya kembali berpartisipasi setelah beberapa tahun sebelumnya absen. Hasilnya pun tidak sia-sia karena Indonesia dengan mudahnya berhasil melaju ke babak perempat final.

Di babak ini Tim Garuda juga menang melalui adu penalti dengan Uni Emirat Arab. Sayangnya, di pertandingan semifinal mereka harus tandas atas tuan rumah 4-0 dan kalah 5-0 dari Kuwait pada perebutan tempat ketiga.


Qatar 2006

Pada Asian Games 2002, Indonesia tidak turun di cabang olahraga sepak bola. Hal ini membuatnya harus menjalani babak kualifikasi agar bisa tampil di Asian Games 2006 di Doha, Qatar. Berada satu grup dengan Irak, Singapura, dan Syria membuat Tim Garuda harus kandas di babak penyisihan grup, setelah dua kali kalah dan satu kali imbang.


Korea Selatan 2014

Untuk di Asian Games yang dihelat di Incheon, Korea Selatan pada 2014, Indonesia sempat lolos dari babak penyisahan grup setelah membantai Timor Leste 7-0 dan Maladewa 4-0. Saat di babak 16 besar, Timnas Garuda harus pulang setelah kalah dari Korea Utara dengan skor 1-4.

Nah, itu tadi perjalanan tim sepak bola Indonesia di Asian Games. Pada perhelatan Asian Games 2018 kali ini, tetap berikan dukungan yang terbaik kepada Tim Garuda, ya!

Inspirasi Terkait
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
12 Juli 2019   Lifestyle
Setelah menikah, ada banyak hal yang harus disesuaikan dan kompromikan. Salah satu halnya adalah masalah keuangan. Sebagian besar pasangan baru merasa tidak tahu cara mengatur keuangan. Bahkan masalah keuangan bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Untuk menghindari masalah tersebut. Yuk, ikut
Baca Selengkapnya
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
12 Juli 2019   Kesehatan
Bagi para pencinta kuliner tentu tidak asing lagi dengan Bubble Tea. Minuman manis ini dikenal juga sebagai teh susu mutiara, teh, bobo, atau jus boba. Namun pada dasarnya, Bubble Tea merupakan minuman berbasis teh Taiwan.
Baca Selengkapnya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
12 Juli 2019   Kesehatan
Kabar gembira bagi para pencinta otomotif di Indonesia. Pasalnya, pagelaran otomotif dengan skala internasional bakal digelar bulan ini. GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dijadwalkan akan dilaksanakan pada 18 hingga 28 Juli 2019 mendatang.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...