20 Agustus 2019   Lifestyle

Ketahui Syarat Berkurban Sesuai Sunnah Ajaran Islam

1594     0
Setiap menjelang hari raya Iduladha, setiap orang yang beragama Islam, telah berusia dewasa, dan mampu dalam hal keuangan  disunahkan untuk melakukan kurban. Aktivitas ini sendiri merupakan wujud persembahan kepada Allah SWT.

Bagi Anda yang ingin berkurban tahun ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Pasalnya, berkurban terdiri dari syarat-syarat berdasarkan sunnah dan syariat Islam. Lantas, apa saja syarat-syarat berkurban sesuai sunnah yang harus dipenuhi? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

Hewan yang Telah Cukup Umur


Hal pertama yang harus adalah hewan kurban yang dipilih haruslah telah memiliki umur yang cukup. Persyaratan umur ini harus berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Kambing harus berusia lebih dari 1 tahun, sapi dan kerbau minimal 2 tahun, dan unta harus minimal 5 tahun.

Kurban yang Dipilih Adalah Hewan Ternak


Selain umur yang telah cukup, syarat lain untuk berkurban yaitu pemilihan hewannya. Hewan kurban yang sesuai syariat haruslah hewan ternak. Beberapa hewan ternak tersebut yakni antara lain unta, sapi, kambing, domba, atau biri-biri.

Hewan Ternak Wajib Dalam Kondisi Prima


Tidak hanya itu, syarat berkurban sesuai sunnah haruslah memilih hewan ternak dengan kondisi prima dan tidak mengalami cacat. Adapun pengertian cacat di sini yakni matanya buta sebelah atau juling, hewan ternak yang sakit atau mengalami penyakit kudis sehingga dapat merusak dagingnya, hewan yang pincang dan tidak mampu berjalan, serta hewan berbadan kurus.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa setiap orang wajib memperhatikan dengan saksama hewan yang akan dikurbankan. Beberapa orang bahkan melakukan tes kesehatan terlebih dahulu kepada hewan ternak yang dipilihnya.

Hewan Kurban Wajib Menjadi Miliknya


Pemandangan berupa jual beli sapi atau kambing lazim dilihat saat Iduladha menjelang. Orang-orang menjual sapi kepada mereka yang ingin menunaikan ibadah kurban. Pasalnya, salah satu syarat sah berkurban adalah hewan tersebut wajib menjadi milik orang yang berkuban.

Mengurbankan hewan ternak yang bukan miliknya sebagai hasil dari mengambil paksa atau mencuri tidak akan sah. Olehnya itu, proses transaksi jual sapi atau kambing pun terjadi agar tergolong sah sesuai syariat Islam.

Disembelih Pada Waktu yang Telah Ditentukan


Adapun syarat terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah waktu penyembelihan. Di dalam Islam dikenal Hari Tasyrik di mana hari tersebut jatuh pada tanggal 11, 12, 13 di bulan Zulhijah sesuai kalender Islam. Hari inilah yang menjadi waktu tepat untuk melaksana kan penyembelihan qurban.

Dimulai setelah salat Iduladha dan diakhiri pada terbenamnya matahari pada tanggal 13 Zulhijah. Barangsiapa yang menyembelih hewan kurban sebelum salat Iduladha atau setelah terbenamnya matahari, maka kurban tersebut dikatakan tidak sah.

Kelima hal tersebut wajib dipenuhi sebagai syarat pemilihan hewan kurban. Selain itu, bagi Anda yang ingin berkurban, ada beberapa hal yang disyariatkan yakni antara lain beragama Islam, balig dan berakal, serta mampu untuk berkurban senilai harga hewan kurban.

Demikian tadi beberapa syarat berkurban sesuai sunnah ajaran Islam yang wajib dipenuhi. Yang jelas, pastikan Anda #SudahZiap, mampu dari segi finansial terlebih dahulu, dan tidak mengutang untuk berkurban.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
Tutorial Makeup Natural di Hari Lebaran ala Beauty Vlogger
23 Mei 2020   Lifestyle
Mau tampil cantik saat Lebaran nanti? Coba tutorial makeup ala Beauty Vlogger. Cek di sini!
Baca Selengkapnya
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
Aneka Kue Lebaran yang Selalu Ada di Meja
22 Mei 2020   Lifestyle
Selain menyiapkan ketupat, kamu juga perlu menyiapkan kue-kue kering ini loh di meja. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
Makanan Khas Lebaran yang Paling Ditunggu
22 Mei 2020   Lifestyle
Walaupun Lebaran #DIRUMAHAJA, tapi kita tetap bisa menikmati makanan khas Lebaran dong. Apa saja itu?
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...