30 Agustus 2019   Lifestyle

Ketahui Sejarah Hari Kemerdekaan Indonesia dan Mengenang Proklamasi 17 Agustus 1945

Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tahunnya ternyata tidak diperoleh dengan mudah. Ada berbagai peristiwa panjang yang harus dilalui untuk merasakan kebebasan yang dinikmati hari ini. Lantas, apa sejarah hari kemerdekaan yang penting untuk diketahui dalam rangka mengenang peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945? Berikut ulasannya di bawah ini!

Kekalahan Jepang dari Sekutu


Situasi utama yang memicu merdekanya Indonesia dari penjajah dimulai dari kekalahan Jepang dari sekutu. Pasalnya, pada tanggal 6 Agustus 1945, Kota Hiroshima, Jepang harus rata dengan tanah karena dijatuhi oleh bom atom yang dikirimkan oleh Amerika Serikat.

Tiga hari setelahnya, tepatnya tanggal 9 Agustus 1945, Kota Nagasaki pun mengalami hal yang sama dan menyebabkan ratusan ribu orang meninggal dunia. Dengan begini, Jepang mau tidak mau harus menyerah kepada sekutu dan menjadi tanda berakhirnya Perang Dunia II.

Hal ini pun dimanfaatkan oleh golongan muda Indonesia saat itu untuk mendesak Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta agar memproklamasikan kemerdekaan Indonesia sesegera mungkin. Dipilihnya kedua orang karena merupakan perwakilan dari golongan tua.

Peristiwa Rengasdengklok


Pendesakan yang dilakukan oleh golongan muda yang terdiri dari Soekarni, Wikana, Aidit, dan Chaerul Saleh terhadap dua orang pendiri bangsa ini dikenal sebagai Peristiwa Rengasdengklok. Hal ini disebabkan oleh lokasi pengasingan Soekarno dan Hatta yang terletak di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Peristiwa yang berlangsung pada tanggal 16 Agustus 1945 ini dilakukan agar golongan tua tidak terpengaruh oleh Jepang sehingga dapat mempercepat pemberitahuan secara resmi kepada seluruh rakyat bahwa Indonesia telah merdeka. Dari sini, baik Soekarno maupun Hatta pun menyetujui dan memastikan bahwa proklamasi akan dibacakan paling lambat pada 17 Agustus 1945.

Pertemuan Soekarno dan Hatta dengan Jenderal Yamamoto


Malam harinya, Soekarno dan Hatta pun kembali ke Jakarta dan bertemu langsung dengan Jenderal Yamamoto, komandan Jepang di Pulau Jawa. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu hingga proklamasi pun tetap dapat dijalankan sesuai rencana.
Baca juga: Tak Hanya Makan Kerupuk Saja! Yuk, Intip 5 Jenis Lomba 17 Agustus 2019 Lainnya yang Unik & Kreatif
 

Penyusunan Teks Proklamasi


Salah satu sejarah hari kemerdekaan yang tidak kalah pentingnya yakni penyusunan teks proklamasi. Kegiatan ini berlangsung setelah Soekarno dan Hatta menemui Jenderal Yamamoto. Penyusunan teks proklamasi sendiri dilakukan di rumah seorang perwira tinggi Jepang lainnya yaitu Laksamana Tadashi Maeda.

Pemilihan tempat ini dikarenakan oleh kedekatan Laksamana Maeda dengan Hatta dan Ahmad Soebardjo, salah seorang perwakilan golongan tua. Selain itu, Laksamana Maeda juga mempunyai perlindungan yang ekslusif karena merupakan seorang perwira tinggi Jepang.

Dalam penyusunan teks inilah Soekarno dan Hatta terlibat perdebatan panjang. Pasalnya, bagian sejarah terpenting dari Indonesia ini dihadiri oleh golongan tua, golongan muda, serta Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).
Setelah perdebatan yang panjang jelang subuh, mereka pun bersepakat mengenai teks yang akan diproklamasikan, termasuk siapa yang akan menandatangani naskah tersebut.

Pembacaan Naskah Proklamasi


Pembacaan naskah proklamasi pun dilakukan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 pagi atau bertepatan dengan 17 Ramadan 1365 H. Pemilihan hari ini didasarkan oleh banyak hal mulai dari kalender Jawa yang bertepatan dengan Jumat Legi, angka 17 yang merupakan angka suci dan keramat, tanggal 17 Ramadan sebagai hari turunnya Alquran, hingga jumlah rakaat salat yang dilaksanakan umat Islam sehari semalam.

Adapun lokasi proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung di kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Sebelumnya, PPKI menyiapkan Lapangan Ikada sebagai lokasi proklamasi, namun adanya tentara Jepang yang masih berpatroli di daerah tersebut membuat rumah Soekarno jadi pilihan yang aman.

Nah, itu tadi sekilas ulasan sejarah hari kemerdekaan yang wajib diketahui sebagai warga negara Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk memperingati 17 Agustus yang dirayakan setiap tahunnya!
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?
Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?
05 Agustus 2020   Kesehatan
Menurut kamu, lebih baik olahraga pagi atau malam hari? Cari tahu jawabannya di sini!
Baca Selengkapnya
Kanker Ginjal: Penyebab, Gejala dan Pencegahan
Kanker Ginjal: Penyebab, Gejala dan Pencegahan
05 Agustus 2020   Kesehatan
Ada beberapa kanker yang jarang kita dengar, salah satunya adalah kanker ginjal. Apa itu kanker ginjal?
Baca Selengkapnya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
02 Agustus 2020   Lifestyle
Mau beli sepeda lipat? Perhatikan dulu hal-hal berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...