16 September 2019   Lifestyle

Ketahui Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan di Indonesia

314     0
Tidak sedikit orang yang bingung mengenai perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan. Meski produk asuransi ini berbeda, keduanya mempunyai sejumlah manfaat yang mampu saling melengkapi. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan di bawah ini!

Asuransi Jiwa


Salah satu produk asuransi yang fokus terhadap perlindungan klien atau nasabah yakni asuransi jiwa. Apabila suatu saat yang tertanggung meninggal akibat terjadi kecelakaan atau masalah kesehatan, maka pihak keluarga pun akan mendapatkan sejumlah biaya berdasarkan skema tanggungan yang telah disepakati di awal.

Asuransi jiwa sendiri terdiri dari 3 kelompok, yakni antara lain:
  1. Asuransi Seumur Hidup di mana perlindungan yang diberikan kepada nasabah hingga 99 tahun. Kelebihan Asuransi Seumur Hidup terletak pada jumlah nominal yang akan terus meningkat meski masa pembayaran premi telah selesai.
  2. Asuransi Berjangka merupakan asuransi yang tidak mempunyai nominal tunai dan terdapat tenggat waktu tahunan. Namun, Asuransi Berjangka menawarkan beberapa keuntungan seperti premi terjangkau, nominal pertanggungan yang besar, serta masa proteksi yang dapat menyesuaikan.
  3. Asuransi Dwiguna yang memberikan manfaat berupa pembayaran tunai dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan di awal.
Untuk syarat dan kebijakan dari asuransi jiwa sendiri menyesuaikan dengan aturan perusahaan asuransi. Maka dari itu, pastikan selalu membaca segala peraturan yang berikan agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Asuransi Kesehatan


Adapun pengertian asuransi kesehatan yakni asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko operasi dan rawat inap yang harus dibayarkan ke rumah sakit. Selain itu, beberapa perusahaan asuransi menawarkan asuransi kesehatan yang menanggung biaya rawat jalan dan biaya obat-obatan.

Sistem pembayaran yang ditawarkan asuransi kesehatan pun terbagi ke dalam dua cara, yakni sistem reimbursement dan sistem cashless. Sistem reimbursement mewajibkan pemegang polis untuk membayar di awal biaya yang harus dikeluarkan di rumah sakit.

Setelah itu, barulah pemegang polis mengisi formulir reimbursement untuk mendapatkan penggantian tanggungan. Sementara sistem cashless menggunakan kartu yang cukup diperlihatkan kepada pihak rumah sakit saat akan membayar biaya yang diperlukan.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan. Yang patut dipahami bahwa setiap manusia selalu berisiko mengalami sesuatu yang tidak diinginkan, seperti terkena musibah atau mahalnya biaya kesehatan yang dapat berdampak pada kondisi finansial.

Hal ini jelas tidak bisa dihilangkan, namun satu-satunya cara yakni dengan meminimalisasi risiko yang muncul. Salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi jiwa atau asuransi kesehatan yang disediakan oleh banyak perusahaan asuransi.

Di Indonesia, salah satu perusahaan penyedia asuransi terkemuka yakni AXA Direct. Memiliki asuransi menjadi sebuah langkah preventif bagi kamu dan keluarga jika mengalami gangguan kesehatan tak terduga.

Beberapa pilihan produk di AXA Direct yakni antara lain AXA Hospital Plus Life untuk rawat inap, AXA Heart & Save untuk perlindungan dari Jantung, AXA Cancer & Save sebagai perlindungan dari kanker, serta AXA Life & Save untuk perlindungan jiwa untuk kamu dan orang-orang yang kamu cintai.

Adapun kelebihan yang ditawarkan oleh AXA Direct antara lain Cashback 100% serta berbagai manfaat terbaik di setiap produk pilihan kamu. Dengan memiliki asuransi jiwa atau kesehatan, maka kamu tidak perlu lagi khawatir jika terjadi sebuah gangguan secara tiba-tiba.

Baca juga: Langkah Tepat Dalam Memilih Asuransi Kesehatan untuk Lansia yang Perlu Diketahui
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
Trik Belanja Saat Harbolnas Agar Barang Incaranmu Bisa Kebeli
16 Oktober 2019   Kesehatan
Harbolnas akan segera tiba. Agar tidak kehabisan, Anda bisa mengikuti trik berikut ini agar dapat membeli barang impianmu.
Baca Selengkapnya
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
Mom! Waspadai 5 Penyakit Musim Hujan yang Sering Menyerang Anak Berikut Ini
16 Oktober 2019   Kesehatan
Musim hujan rentan menimbulkan masalah kesehatan. Berikut ini penyakit musim hujan yang sering menyerang anak yang perlu diwaspadai.
Baca Selengkapnya
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah
16 Oktober 2019   Kesehatan
Hati-hati dengan penyakit ISPA yang mudah menular. Yuk, ketahui tanda dan gejala ISPA agar kamu lebih berhati-hat seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...