20 Agustus 2019   Kesehatan

Ketahui Penyebab Penyakit Varises dan Cara Mengobatinya

593     0
Varises merupakan kondisi pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan karena darah menumpuk pada pembuluh tersebut.

Pembuluh vena sendiri sangat berperan penting dalam mengembalikan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Pada pembuluh vena, terdapat katup dan bekerja sebagai gerbang sehingga darah yang melaluinya tidak akan kembali lagi.

Bila katup vena terasa lemah atau mengalami kerusakan, tentunya akan membuat darah berbalik arah dan memicu penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Adanya penumpukan tersebut membuat pembuluh vena bengkak.

Kamu bisa melihat seseorang mengalami varises bila terdapat pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak yang sangat terlihat pada bagian tungkai, seperti betis. Varises juga bisa terlihat pada bagian tubuh lain seperti tenggorokan, anus, panggul, dan rahim. Perempuan sendiri lebih banyak mengalami varises di tungkai daripada pria. Pengidap varises biasanya akan mengalami beberapa gejala lain, yakni kaki terasa berat, gatal pada permukaan kulit yang menutupi varises, rasa nyeri di kaki, kaki terasa panas bila lama berdiri dan duduk.

Penyebab Varises

  1. Penyebab penyakit varises, yang pertama adalah berdiri atau duduk terlalu lama khususnya jika kaki ditekuk atau disilangkan. Hal ini menyebabkan sulitnya aliran darah menuju jantung dan memaksa pembuluh darah untuk bekerja lebih keras memompa darah ke jantung
  2. Riwayat keluarga. Penyakit ini tidak menular tapi bisa menurun. Jika kamu memiliki keluarga yang juga mengalami kondisi ini, maka bisa menjadi penyebab varises
  3. Jenis kelamin. Biasanya perempuan memang lebih banyak yang mengalami varises. Alasannya karena hormon perempuan cenderung bisa membuat dinding pembuluh darah mengalami kebocoran
  4. Kehamilan. Ini juga menjadi salah satu penyebab varises karena saat hamil cenderung lebih banyak memproduksi darah sehingga berisiko memberikan tekanan yang tinggi pada pembuluh vena. Selain itu, hormon kehamilan juga akan menyebabkan otot dinding pembuluh vena melemah
  5. Berat badan berlebih.  Perlu diwaspadai jika kamu memiliki berat badan yang berlebih karena justru akan memberikan tekanan lebih pada pembuluh vena kaki, sehingga proses pengembalian darah ke jantung jadi lebih sulit
  6. Usia yang bertambah. Semakin tua elastisitas pembuluh darah seseorang semakin menurun sehingga akan membuat katup melemah, dan membuat darah mudah menumpuk dalam pembuluh vena
  7. Adanya masalah kesehatan. Beberapa kondisi kesehatan ada yang menjadi penyebab varises seperti penyakit yang disebabkan oleh penggumpalan darah, pembengkakan atau tumor di dalam rongga panggul, dan cacat pembuluh darah. Selain itu, jika sempat memiliki trauma di kaki seperti pembekuan darah sebelumnya atau kerusakan traumatis pada katup di pembuluh darah berisiko  membuat pembuluh darah jadi lemah untuk memindahkan darah kembali ke jantung.
 

Cara Mengobati Varises


Cara mengobati varises perlu dilakukan penyesuaian dengan kondisi pengidap, seperti tingkat keparahan varises, posisi, atau ukuran varises. Cara mengobati varises biasanya pengidap akan diminta memakai stoking khusus (stoking kompresi), kemudian dilakukan terapi obat.

Biasanya bila gejala seperti rasa nyeri dan tidak nyaman dari varises tidak kunjung membaik dari hari ke hari, biasanya dokter akan melakukan pembedahan baik bedah kecil atau bedah besar seperti mengikat pembuluh vena atau terapi laser.

Selain itu, mengobati varises juga bisa dengan skleroterapi. Ini merupakan perawatan biasa dilakukan untuk pembengkakan pembuluh vena. Skleroterapi bisa membuat dinding vena saling melekat. Kondisi ini mengurangi pembengkakan dan membuat sirkulasi darah lancar pada bagian yang bermasalah.

Itulah informasi soal penyebab varises dan cara mengobatinya yang perlu kamu ketahui. Sebaiknya hindarilah penyebab varises yang disebutkan di atas ya, agar penyakit ini tidak mengenai kamu.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...