24 Juni 2019   Kesehatan

Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Cara Pengobatannya

90     2
Infeksi bisa terjadi di mana saja, termasuk pada area kantung kemih. Hal ini tentunya cukup rentan terjadi pada sebagian orang, karena pada area tersebut memiliki tingkat kelembapan paling sensitif. Sehingga, bakteri dan virus akan lebih cepat berkembang. Perlu diketahui juga, bahwa infeksi saluran kemih biasanya seringkali mengganggu area kantung kemih dan uretra.

Penyakit yang satu ini terbilang cukup berbahaya dan sangat mengganggu jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, kamu pun perlu mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana cara mengobatinya dengan benar. Hal ini sangat penting, agar kamu bisa lebih berhati-hati. Silakan disimak ulasan berikut ini!

Penyebab Infeksi Saluran Kemih



Bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra dan berkembang biak di dalamnya dapat menyebabkan infeksi. Kebiasaan tidak membersihkan sisa urin setelah buang air kecil inilah yang dapat membuat bakteri berkembang di sana. Baik pada pria maupun wanita, bakteri E. coli akan sangat mengganggu.

Selain itu, ada juga bakteri lainnya yang sangat mengganggu seperti Stafilokokus yang menyerang area kulit, Proteus dan Klebsiella serta Enterococcus pada saluran cerna, dan juga jamur. Infeksi kantung kemih juga dapat dipicu oleh cedera yang terjadi pada bagian tertentu seperti infeksi pada area ginjal atau kelenjar prostat, hubungan seksual, sabun yang mengandung parfum, diabetes, serta pemasangan kateter.

Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih



Infeksi kantung kemih pada tahap ringan biasanya tidak akan diberikan antibiotik oleh dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah bateri menjadi kebal karena sudah menyesuaikan diri, sehingga dapat memengaruhi efektifitas pengobatan yang akan dilakukan setelahnya. Tidak usah khawatir, karena infeksi kantung kemih ringan dapat hilang tanpa adanya pengobatan khusus yang diberikan, tetapi kamu harus tetap mengonsultasikannya ke doktermu, ya.

Agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat, kamu perlu menjaga kebersihan seperti berikut ini:
  • Menghindari minuman beralkohol dan rokok
  • Menjaga kebersihan pakaian dalam, gantilah sehari 2 kali
  • Untuk meredakan rasa sakit, kamu bisa meminum paracetamol
  • Hindari berhubungan bersama pasangan selama proses penyembuhan
Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi infeksi saluran kemih yang bisa kamu lakukan. Agar hal ini tidak terjadi, kamu perlu melakukan beberapa langkah pencegahan seperti:
  • TIdak menunda buang air kecil
  • Pakailah jenis celana dalam berbahan 100% katun
  • Hindari ukuran celana dalam yang terlalu ketat
  • Hentikanlah penggunaan sabun dan bedak yang mengandung parfum pada area sensitif
  • Kurangilah makanan pedas dan kopi yang dapat memperparah infeksi
  • Perbanyak minum air putih
Siapa pun pasti tidak ingin mengalami gangguan infeksi saluran kemih, bukan? Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian khusus dalam menjaga kebersihan organ intim tersebut karena bisa berakibat fatal jika terus menerus diabaikan. Sebaiknya kamu memastikan untuk rutin menjaga kesehatan agar terhindar dari infeksi saluran kemih dan kemungkinan terburuk lainnya.

Selain upaya pencegahan yang harus terus dilakukan, kamu juga perlu mempersiapkan manfaat perlindungan kesehatan. Hal ini sangat penting dilakukan sedini mungkin karena biaya pengobatan di Indonesia semakin mahal. Saat ini AXA Financial Indonesia, telah menyiapkan beberap produk yang bisa kamu beli.

Salah satunya adalah AXA Cancer & Save yang dapat memberikan manfaat perlindungan terhadap kanker yang bisa mengancam dari infeksi saluran kemih. Produk ini akan memberikan uang pertangunan hingga Rp250.000.000 Layanan online juga telah disediakan untuk memudahkan kamu membeli produk hingga melakukan klaim dari AXA Financial Indonesia. Langsung saja kunjungi website resminya di https://portal.axa.co.id/direct untuk informasi produk lainnya.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
12 Juli 2019   Lifestyle
Setelah menikah, ada banyak hal yang harus disesuaikan dan kompromikan. Salah satu halnya adalah masalah keuangan. Sebagian besar pasangan baru merasa tidak tahu cara mengatur keuangan. Bahkan masalah keuangan bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Untuk menghindari masalah tersebut. Yuk, ikut
Baca Selengkapnya
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
12 Juli 2019   Kesehatan
Bagi para pencinta kuliner tentu tidak asing lagi dengan Bubble Tea. Minuman manis ini dikenal juga sebagai teh susu mutiara, teh, bobo, atau jus boba. Namun pada dasarnya, Bubble Tea merupakan minuman berbasis teh Taiwan.
Baca Selengkapnya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
12 Juli 2019   Kesehatan
Kabar gembira bagi para pencinta otomotif di Indonesia. Pasalnya, pagelaran otomotif dengan skala internasional bakal digelar bulan ini. GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dijadwalkan akan dilaksanakan pada 18 hingga 28 Juli 2019 mendatang.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...