24 Juni 2019   Kesehatan

Ketahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya Berikut Ini!

77     2
Anemia merupakan suatu kondisi ketika tubuh manusia kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin. Hal ini memiliki manfaat untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Hal ini dapat terjadi dalam jangka waktu panjang maupun pendek, serta tak boleh disepelekan, lho.

Saat anemia terjadi, tubuh akan memberikan reaksi yang berbeda-beda, mulai dari letih, lelah, hingga lemas, sehingga membuat kamu akan lebih sulit melakukan aktivitas. Agar hal ini tidak bertambah parah dan mengganggu kegiatanmu sepanjang hari, segera ketahui juga penyebab dan cara mengobatinya. Berikut ulasannya!

Penyebab Anemia yang Menyerang Tubuh dan Cara Mengatasinya



Dalam beberapa kasus, kekurangan sel darah merah dalam tubuh dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal seperti:
  • Kekurangan Zat Besi dalam Tubuh

Anemia bisa terbilang cukup sering terjadi dan menyerang banyak orang. Biasanya, anemia terjadi saat tubuh memerlukan zat besi untuk membuat sel darah merah, tetapi tidak mampu dipenuhi. Kasus seperti ini lebih sering terjadi pada ibu hamil yang tidak meminum suplemen penambah zat besi. Jika hal ini terjadi pada kamu, sebaiknya segera konsumsi makanan yang tinggi akan zat besi, tetapi kamu harus memastikan terlebih dahulu kepada dokter kandunganmu, ya. 
  • Vitamin Dalam Tubuh yang Tidak Terpenuhi

Dalam pembentukkan sel darah merah, tentunya juga sangat dibutuhkan vitamin B12 dan asam folat. Hal inilah yang biasanya menjadi penyebab terjadinya anemia. Namun, kamu masih bisa mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen.  Pastikan, kamu sudah memenuhi segala yang dibutuhkan oleh tubuhmu.
  • Terjadi Gangguan Pada Sumsum Tulang Belakang

Anemia yang tidak segera diatasi dapat membuat tubuh semakin lemah serta, dapat berakibat fatal. Jika terdapat gangguan pada sumsum tulang belakang akan menimbulkan reaksi yang berbeda-beda. Mulai dari gejala ringan hingga berat. Cara ini dapat diatasi dengan kemoterapi atau pencangkokan sumsum tulang belakang. 
Itulah beberapa penyebab anemia yang dapat menyerang tubuh dan cara mengobatinya. Pada dasarnya masih banyak lagi hal yang menjadi penyebab anemia namun, hal tersebut harus dipastikan langsung kepada ahlinya. Jadi, untuk mengurangi risiko terjadinya hal tersebut, bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya akan zat besi seperti sayur berwarna hijau dan buah-buahan kering. Selain itu, kamu juga perlu melengkapinya dengan makanan yang mengandung asam folat seperti kacang-kacangan, gandum, sereal, dan nasi.

Jangan lupa, cukupi juga tubuh dengan vitamin yang ada pada susu, keju, makanan berbahan baku kedelai, jeruk, melon, dan sebagainya. Selain cara itu, kamu juga bisa mulai melakukan pencegahan sejak dini. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh agar tetap memiliki daya tahan tubuh yang kuat ya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai gejala anemia serta cara mengobati pada tahap awal, kamu bisa mengunjungi website dari AXA Financial Indonesia di https://portal.axa.co.id/direct. Di sana tersedia berbagai macam informasi yang dibutuhkan serta beragam pilihan solusi yang kamu cari selama ini. Mulai dari mempersiapkan asuransi kesehatan sedini mungkin agar tidak perlu khawatir dalam membiayai berbagai pengobatan yang akan dijalani.  
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
Tips Mengatur Keuangan Keluarga Baru Menikah yang Perlu Diketahui
12 Juli 2019   Lifestyle
Setelah menikah, ada banyak hal yang harus disesuaikan dan kompromikan. Salah satu halnya adalah masalah keuangan. Sebagian besar pasangan baru merasa tidak tahu cara mengatur keuangan. Bahkan masalah keuangan bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Untuk menghindari masalah tersebut. Yuk, ikut
Baca Selengkapnya
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
Suka Minum Bubble Tea? Ternyata Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan, Lho!
12 Juli 2019   Kesehatan
Bagi para pencinta kuliner tentu tidak asing lagi dengan Bubble Tea. Minuman manis ini dikenal juga sebagai teh susu mutiara, teh, bobo, atau jus boba. Namun pada dasarnya, Bubble Tea merupakan minuman berbasis teh Taiwan.
Baca Selengkapnya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
Sebelum Datang Ke GIIAS 2019, Cari Tahu Dulu Harga Tiket Masuknya
12 Juli 2019   Kesehatan
Kabar gembira bagi para pencinta otomotif di Indonesia. Pasalnya, pagelaran otomotif dengan skala internasional bakal digelar bulan ini. GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dijadwalkan akan dilaksanakan pada 18 hingga 28 Juli 2019 mendatang.
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...