08 September 2020   Kesehatan

Ketahui Cara Mengecilkan Kantung Mata

Kantung mata umumnya muncul karena seseorang kurang tidur sehingga menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata. Penumpukan ini kemudian melebar dan menghitam hingga membentuk kantung mata. Selain itu kantung mata juga terbentuk seiring bertambahnya usia seseorang karena elastisitas kulit berkurang.
Tidak pede dengan kantung mata? Berikut beberapa cara untuk mengecilkan kantung mata yang mudah dan alami (Sumber: Health Line dan Mayo Clinic):

Cara Mengecilkan Kantung Mata

Kantung teh

Pilih teh yang mengandung untuk mengecilkan kantung mata. Kafein berkhasiat sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit.Caranya seduh dua kantung teh selama 3 – 5 menit, masukkan ke lemari es selama 20 menit.Kemudian tempelkan kantung teh yang sudah dingin di area bawah mata selama 30 menit.


Kompres dingin

Kompres menggunakan es batu sudah lama dikenal efektif mengobati bengkak atau memar, termasuk mengecilkan kantung mata. Dengan kompres dingin, pembuluh darah di bawah mata akan mengecil sehingga memperbaiki sirkulasi darah. 


Mentimun

Timun mengandung zat magnesium dan silika yang membuat mata sehat dan tampak lebih segar.Iris timun tipis-tipis lalu tempelkan di area mata kurang lebih selama 30 menit.Ulangi secara rutin agar efektif dalam mengecilkan kantung mata.


Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin E, vitamin A, dan vitamin C yang bermanfaat untuk memberi nutrisi dan memperbaiki kondisi kulit. Usap gel lidah buaya pada bagian bawah mata dan diamkan selama 15 menit.Setelah itu bilas dengan air bersih.Ulangi beberapa kali dalam seminggu agar dapat mengecilkan kantung mata dengan efektif. 


Perbanyak minum air putih

Kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Untuk itu, perbanyak konsumsi air putih kurang lebih 8 (delapan) gelas atau 2 liter per hari.
 

Perbanyak konsumsi makanan kaya kolagen

Semakin bertambah usia, kulit manusia akan semakin kendur dan berdampak pada terbentuknya kantung mata. Untuk itu, perbanyak makanan mengandung vitamin C dan asam amino yang dapat memproduksi kolagen agar kulit menjadi lebih sehat. Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari jambu biji, jeruk, paprika merah, kubis, brokoli, dan stroberi.
 

Berhenti merokok

Merokok dapat menghabiskan simpanan vitamin C di dalam tubuh, yang merupakan vitamin yang bertanggung jawab untuk menciptakan kolagen yang sehat di kulit. Jika kamu merokok, kamu mungkin akan menghadapi sejumlah masalah seperti kerutan, perubahan warna, dan bahkan kantung mata dan lingkaran hitam. Menariknya, berhenti merokok juga akan membantu kamu menghindari sejumlah masalah kesehatan lain. Ini akan mengurangi kemungkinan kamu terkena diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker tertentu.
 
Premi asuransi penyakit kanker mulai dari Rp4.000/hari. Beli di banner ini!




Baca Juga: Bahaya Penggunaan Media Sosial Secara Berlebihan
 

Inspirasi Terkait
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
16 Oktober 2020   Kesehatan
Penyakit Listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes yang ditemukan di daerah lembab dan dapat bertahan di suhu dingin. Bagaimana bakteri ini dapat menyerang manusia? Berikut penjelasannya.
Baca Selengkapnya
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
16 Oktober 2020   Kesehatan
Tahukah kamu, lewat makanan kamu bisa meningkatkan mood dan menciptakan rasa bahagia. Apa saja makanan itu?
Baca Selengkapnya
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
15 Oktober 2020   Kesehatan
Selain kesehatan fisik, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental dalam menghadapi perubahan gaya hidup semenjak pandemi ini. Kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...