16 Oktober 2019   Kesehatan

Kenali Tanda dan Gejala ISPA Agar Tidak Semakin Parah

530     0
Seperti yang kita tahu, gangguan pada saluran pernapasan biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Salah satu penyakit yang cukup sering mengganggu yakni ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut. Penyakit yang satu ini tentunya dapat menyerang siapa saja dengan sangat mudah, khususnya pada anak-anak yang masih rentan daya tahan tubuhnya.

Penyakit ISPA dapat menyerang kapan saja, terlebih saat musim pancaroba atau pun karena bencana alam yang memengaruhi kualitas kebersihan udara. Salah satunya seperti kebakaran hutan yang selalu terjadi setiap tahunnya karena suhu udara yang terlalu panas.

Oleh karena itu, ISPA memang tidak dapat diprediksikan kapan akan datang. Lalu, untuk mengatasinya kamu pun harus tahu terlebih dahulu tanda-tanda dan gejala penyakit ISPA. Berikut ini beberapa gejala dan tanda-tandanya yang perlu diketahui agar dapat bisa memberikan penanganan tepat. Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

Tanda dan Gejala Awal ISPA yang Mengganggu Kesehatan


Ada beberapa tanda dan gejala ISPA di awal yang cukup sering diabaikan oleh sebagian besar orang karena hanya menyerupai tanda-tanda masuk angin biasa. Saat kamu mulai merasakan gejala hidung tersumbat dan flu, segeralah mengambil waktu untuk istirahat dirumah agar daya tahan tubuh dapat kembali pulih dengan cepat.

Selain itu, batuk kering tanpa dahak serta suhu tubuh yang meningkat menjadi tanda dan gejala ISPA selanjutnya. Meningkatnya suhu tubuh menjadi lebih hangat merupakan saat-saat dimana daya tahan tubuh sedang berusaha melawan bakteri dan virus pengganggu.

Selanjutnya, kamu juga akan menemukan tanda-tanda seperti sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, serta kesulitan mengatur napas agar tetap stabil. Semua gejala awal ini memang terlihat menyerupai gejala masuk angin biasa, bukan?

Namun, penyakit ini jika diabaikan dapat membuat tubuh semakin lemah dan membuat kamu tidak dapat beraktivitas dengan baik. Setelah 1 hingga 2 minggu mengalami gejala tersebut namun tubuh semakin lemah, maka akan timbul beberapa gejala akut lainnya yang harus diwaspadai seperti ini.
  • Merasakan demam yang tidak kunjung sembuh dan diikuti oleh kesulitan bernapas menjadi indikasi dari ISPA yang berpotensi lebih serius menjadi penyakit influenza, bronchitis akut, atau pneumonia.
  • Selain mengganggu saluran pernapasan, saat bertambah parah ISPA juga akan mulai mengganggu sistem pencernaan sehingga terjadi diare, mual, dan muntah.
Saat kamu mulai mengalami semua gejala tersebut, artinya penyakit Anda tidak bisa diabaikan begitu saja. Dibutuhkan penanganan khusus dari ahlinya yaitu pada dokter dan ikutilah hal-hal yang dianjurkan oleh dokter agar tubuh cepat pulih.

Baca Juga: Kenali Gejala Sakit ISPA Pada Anak dan Cara Menyembuhkannya

Untuk mencegah proses penularannya, kamu bisa mulai dengan menghindari sentuhan pada area mulut, hidung, dan mata. Cucilah tangan menggunakan sabun secara rutin sebelum makan atau sesudah bersin agar virus tidak menempel ditangan. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan masker saat berkendara yang bertujuan agar tidak mudah terjadi penularan ISPA. 

Itulah tanda dan gejala ISPA yang perlu kamu ketahui agar tidak membuat kondisi tubuh semakin parah. Penyakit yang bisa datang kapan saja seperti ISPA membuat kamu harus lebih siaga dalam menjaga kesehatan tubuh.
Mulailah secara rutin mengonsumsi vitamin, buah, dan sayur agar daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik. Semoga informasi mengenai tanda dan gejala ISPA ini dapat bermanfaat bagi kamu dalam membaca sinyal kesehatan dari tubuh.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Tinggal 2 Bulan Lagi! Ini Cara Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 2020 yang Bisa Dilakukan
Tinggal 2 Bulan Lagi! Ini Cara Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 2020 yang Bisa Dilakukan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Selain melanjutkan rencana tahun lalu, kamu bisa menyusun resolusi di masa mendatang yang bakal membuat dirimu menjadi pribadi lebih baik. Lantas, bagaimana cara mewujudkan resolusi tahun baru 2020?
Baca Selengkapnya
Stress Saat liburan? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Bisa Kamu Lakukan
Stress Saat liburan? Ini 5 Cara Mengatasinya yang Bisa Kamu Lakukan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Sayangnya, stress saat Liburan kerap tak terhindarkan. Lantas, bagaimana cara mengatasi stress selama berlibur? Ketahui 5 di antaranya sebagai berikut:
Baca Selengkapnya
Selain Pohon Natal, Ini 5 Persiapan Lainnya yang Wajib Diperhatikan
Selain Pohon Natal, Ini 5 Persiapan Lainnya yang Wajib Diperhatikan
26 Nopember 2019   Lifestyle
Selain pohon natal yang wajib, ada beberapa persiapan natal yang perlu diperhatikan. Apa saja persiapan tersebut? Yuk, cek 5 di antaranya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...