19 Februari 2019   Kesehatan

Kenali Penyakit Kanker Darah yang Menyerang Mantan Ibu Negara RI

1734     23
Saat ini kanker darah sedang ramai menjadi perbincangan. Hal ini dikarenakan penyakit ini baru saja diderita oleh Ani Yudhoyono, mantan ibu Negara Republik Indonesia. Ketika berbicara tentang kanker darah, yang tersirah hanyalah leukemia. Pernyataan itu tidak salah, hanya saja kenyataannya kanker darah tak sekadar leukemia. Lalu, apakah kanker darah itu?

Kanker darah adalah kanker yang menyerang jaringan pembentuk darah. Sel-sel kanker mencegah sel-sel darah normal untuk menjalankan fungsi. Alhasil, kanker darah menghambat kemampuan tubuh melawan infeksi dan sistem kekebalan tubuh pun menurun.


3 Jenis Kanker Darah:

 

1. Leukemia

Leukemia merupakan kanker darah yang menyerang sel darah putih. Leukemia menghentikan sel darah putih dalam melawan infeksi. Pada kasus ini, sumsum tulang belakang tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah yang cukup dan trombosit untuk memasok kebutuhan tubuh. Kanker ini paling banyak diderita oleh anak-anak. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan menunjukkan angka kejadian kanker pada anak usia 0-14 tahun di Indonesia mencapai lebih dari 16 ribu kasus.
 

2. Myeloma

Myeloma adalah kanker pada sel plasma. Myeloma mencegah produksi antibodi normal sehingga sistem kekebalan tubuh melemah dan rentan terhadap infeksi. Kanker ini terjadi ketika sel plasma di dalam sumsum tulang menjadi kanker dan tumbuh tidak terkendali. Pada tahun 2011, dilaporkan hampir 52% pasien adalah pria. Kanker darah ini juga lebih sering terjadi pada orang dewasa di atas usia 60 tahun.

 

3. Limfoma

Limfoma adalah kanker darah dalam sistem limfatik yang menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening. Di dalam tubuh, sistem limfatik termasuk bagian yang berperan penting untuk kekebalan tubuh dan menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh.
Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, penderita kanker limfoma di Indonesia mencapai 14.905. Penyakit ini paling umum menyerang orang yang berusia 15-35 tahun, dan lebih dari 50 tahun. 

 
Setiap kanker memiliki gejala dan penyebabnya masing-masing. Namun, ada lima gejala yang nyaris sama, yaitu:
  • Anemia
  • Darah sulit membeku
  • Sering berdarah dan memar
  • Rentan terkena infeksi
  • Penurunan berat badan secara ekstrem tanpa diet dan olahraga

Bila kamu mengalami gejala-gejala di atas, ada baiknya segera periksa ke dokter atau melakukan pengecekan medis. Namun, untuk menghindari penyakit kanker darah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan yaitu:
  • Berolahraga secara teratur
  • Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur
  • Jauhi paparan radiasi
  • Hindari rokok dan alkohol
  • Pastikan punya Asuransi Perlindungan Penyakit Kanker

Kamu bisa mendapatkan perlindungan tepat dari segala risiko penyakit kanker lewat produk AXA Cancer & Save dari AXA Direct. Rasakan beragam manfaat dari produk AXA Cancer & Save seperti uang pertanggungan hingga Rp250 juta, pengembalian premi setiap 3 tahun, dan pengembalian premi 100% selama polis aktif dan tidak ada klaim. Dapatkan produk AXA Cancer & Save dengan harga mulai dari Rp4000 per hari hanya di sini.

Inspirasi Terkait
Kamu Penderita Diabetes? Ketahui Dulu Aturan Berpuasa Berikut Ini
Kamu Penderita Diabetes? Ketahui Dulu Aturan Berpuasa Berikut Ini
08 Mei 2019   Kesehatan
Para penderita diabetes wajib melakukan konsultasi ke dokter sebelum mulai berpuasa. Apa saja aturan berpuasa untuk penderita diabetes?
Baca Selengkapnya
Cara Mengobati Kanker Serviks Secara Alami yang Bisa Ditiru
Cara Mengobati Kanker Serviks Secara Alami yang Bisa Ditiru
08 Mei 2019   Kesehatan
Bagaimana cara mengobati kanker serviks? Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh!
Baca Selengkapnya
Camilan Buka Puasa yang Unik dan Tak Biasa Ini Harus Kamu Cicipi!
Camilan Buka Puasa yang Unik dan Tak Biasa Ini Harus Kamu Cicipi!
08 Mei 2019   Lifestyle
Berikut ini ada berbagai camilan buka puasa yang harus kamu cicipi. Selain sehat, camilan ini mempunyai bentuk dan cita rasa yang unik. Apa saja?
Baca Selengkapnya
Berita Terkini

AXA Indonesia

Mohon tunggu...