13 Nopember 2019   Kesehatan

Kenali Lebih Jauh Tentang Sejarah Hari Kesehatan Nasional di Indonesia

722     0
Menurut hasil penelitian lembaga internasional WHO mengenai indeks kesehatan, Indonesia menempati urutan ke 101 dari 149 negara. Hal ini menunjukkan bahwa negara kita masih memiliki kesadaran yang cukup rendah terhadap kesehatan.

Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional pada tanggal 12 November yang akan datang, Kementrian Kesehatan mulai gencar mengajak masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini dipilih agar dapat mengajak semakin banyak orang untuk lebih peduli terhadap kesehatannya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tema tahun ini, sebaiknya kamu mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah hari kesehatan nasional, berikut ini.

Sejarah Awal Hari Kesehatan Nasional


 12 November telah ditetapkan sebagai hari Kesehatan Nasional yang pada mulanya bertujuan untuk mengatasi penyakit malaria di Indonesia. Hal ini disebabkan karena wabah penyakit ini pernah menyebar luas sehingga menimbulkan banyak korban jiwa.

Berawal dari situlah pemerintah mulai melakukan inisiatif untuk melakukan upaya mengatasi masalah tersebut. Solusi yang dipilih saat itu yaitu penyemprotan obat DDT dan dilakukan pertama kali sebagai simbolis pada tanggal 12 November 1959 di Yogyakarta.

Merayakan Hari Kesehatan Nasional


Setelah secara resmi pemerintah menetapkan hari Kesehatan Nasional, setiap tahunnya akan dirayakan dengan tema yang berbeda-beda. Namun, setiap tema yang dipilih memiliki tujuan sama yaitu membantu menjadikan kualitas kesehatan negara kita menjadi lebih baik.

Pemerintah akan memanfaatkan acara peringatan ini dengan mengisi berbagai kegiatan agar masyarakat tertarik untuk mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih baik. Namun agar acara ini dapat berjalan dengan baik dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Segera Dilakukan

Mulai dari pemerintah pusat bersama kepala daerah, pengusaha, hingga berbagai organisasi kemasyarakatan. Tentu saja kamu juga diperlukan dalam bentuk partisipasinya agar dapat terlibat langsung selama rangkaian acaranya.

Acara ini sangat diharapkan dapat mengembalikan semangat dan kesadaran masyarakat untuk mulai peduli menjaga kesehatan sejak dini. Baik terhadap diri sendiri hingga seluruh anggota keluarga lainnya. 

Hasil Dari Peringatan Kesehatan Nasional


Hingga saat ini, pemerintah telah melakukan cukup banyak perbaikan dan evaluasi pelayanan kesehatan sehingga masyarakat menjadi lebih mudah mengakses layanan tersebut. Hal ini juga didukung oleh pengetahuan penduduk Indonesia yang semakin baik terhadap kesehatan setelah apa yang sudah dilakukan pemerintah saat ini.

Hal ini membuktikan bahwa berdasarkan sejarah hari Kesehatan Nasional selama ini telah memberikan dampak lebih baik terhadap perkembangan akan kesadaran kesehatan pada diri sendiri dan lingkungannya. 

Itulah sejarah hari Kesehatan Nasional di Indonesia sejak awal hingga saat ini. Untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sebagai tema tahun ini, kamu bisa memulainya dengan memberikan perlindungan kesehatan menggunakan asuransi kesehatan.

Kamu akan mendapatkan perlindungan finansial sehingga dapat lebih fokus untuk memulihkan kesehatan tanpa memusingkan biaya yang harus dikeluarkan. AXA Direct menawarkan hal itu terhadap kamu dengan berbagai produk yang dimilikinya.

Cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri untuk membayarnya, maka kamu akan mendapatkan fasilitas yang ditawarkan. Untuk mendapatkan informasi lebih jelasnya, segera kunjungi website resmi AXA Direct.

Di sana kamu tidak hanya menemukan berbagai informasi seputar produk asuransinya namun, berbagai pembahasan mengenai gaya hidup, motivasi diri, ataupun informasi seputar kesehatan lainnya. 
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Selain Bisa Merusak Sendi, Ini 5 Bahaya Asam Urat Lainnya yang Perlu Diketahui!
Selain Bisa Merusak Sendi, Ini 5 Bahaya Asam Urat Lainnya yang Perlu Diketahui!
21 Januari 2020   Kesehatan
Ternyata, bahaya asam urat tidak hanya dapat merusak saraf pada sendi, lho! Simak bahaya lainnya bagi tubuh kamu berikut ini!
Baca Selengkapnya
Punya Hobi Berenang? Ternyata Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan, Lho!
Punya Hobi Berenang? Ternyata Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan, Lho!
21 Januari 2020   Kesehatan
Faktanya, berenang menawarkan manfaat kesehatan yang beragam. Penasaran dengan manfaat berenang bagi tubuh? Yuk, cek 5 manfaatnya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Memiliki Riwayat Diabetes? Sebaiknya Kamu Hindari 5 Pantangan Ini
Memiliki Riwayat Diabetes? Sebaiknya Kamu Hindari 5 Pantangan Ini
21 Januari 2020   Kesehatan
Ada beragam makanan dan minuman pantangan diabetes yang perlu diperhatikan. Apa saja pantangan tersebut? Simak 5 di antaranya berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...