18 Juni 2020   Kesehatan

Kamu Suka Begadang? Ketahui Bahayanya di Sini

Tidur adalah kegiatan yang dapat memperbaiki kondisi fisik dan mental. Dikutip dari hellosehat.com, jam tidur yang dibutuhkan setiap orang berbeda tergantung pada usia. Bagi usia remaja (14-17 tahun) durasi waktu tidur yang baik adalah 8-10 jam, sedangkan dewasa (18-64 tahun) sekitar 7-9 jam. Apabila seseorang mengalami kurang tidur alias begadang, maka kesehatan fisik maupun mental dapat terganggu. Berikut penjelasannya.
 

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

 

Menurunkan kemampuan berpikir

Begadang sangat mempengaruhi kemampuan berpikir, baik dalam berkonsentrasi maupun memecahkan masalah. Begadang akan meningkatkan rasa ngantuk sehingga kamu menjadi pelupa dan sulit fokus. Hal ini karena otak bekerja terlalu berat dan kurang istirahat. Karena itu, agar kemampuan berpikir kamu tetap kuat, hentikan kebiasaan begadang.
 

Kenaikan berat badan

Bahaya begadang juga berpengaruh pada berat badan. Begadang memicu keinginan makan lebih banyak sehingga berat badan naik. Sebab, jika kamu kurang tidur, maka kadar hormon leptin akan menurun sehingga tubuh merasa lapar. Hormon leptin adalah hormon yang bertanggungjawab mengatur rasa lapar dan kenyang. Alhasil, kamu makan secara berlebihan.

Sumber: sehatq.com
 

Memicu depresi

Kebanyakan orang yang didiagnosa mengalami depresi dan kecemasan adalah orang yang tidur kurang dari enam jam. Selain itu, kebiasaan begadang dapat menimbulkan gangguan sulit tidur yaitu insomnia. Insomnia dapat mengganggu emosi seseorang hingga menjadi depresi.

Sumber: alodokter.com
 

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Dikutip dari cnnindonesia.com, sebuah penelitian mengatakan, setiap satu jam waktu tidur yang berkurang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 11%. Itulah kenapa, ada baiknya kamu tidur cukup dan miliki asuransi penyakit jantung dan stroke untuk mencegah risiko yang tidak diharapkan. Klik banner di bawah ini!

 

Risiko meninggal dunia lebih tinggi

Yang paling parahnya lagi, bahaya begadang bagi kesehatan adalah risiko meninggal dunia lebih tinggi. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Chronobiology International menunjukkan bahwa orang yang begadang memiliki risiko meninggal dunia 10% lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Karena itu, hindari begadang dan siapkan asuransi jiwa untuk melindungi masa depan orang yang kamu cintai.

Sumber: cnnindonesia.com
 
Asuransi jiwa dengan premi mulai Rp5.000/hari


 
Baca Juga: Bahaya Terpapar Asap Rokok Bagi Perokok Pasif
 
 
asuransi penyakit kritis

Inspirasi Terkait
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
Libur Lebaran 2021, Ini Inspirasi Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dengan Keluarga
16 April 2021   Lifestyle
Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021. Tapi jangan khawatir, pasti ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga. Simak inspirasinya di sini yuk.
Baca Selengkapnya
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
Apa Itu Polis Asuransi, dan Bagaimana Cara Memilih Polis yang Tepat?
16 April 2021   Lifestyle
Sebelum memilih produk asuransi yang paling tepat bagi kamu, tentunya ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dulu. Simak di sini, yuk!
Baca Selengkapnya
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
Hobi Nonton? Ini Daftar Film yang Sadarkan Kamu Pentingnya Asuransi
16 April 2021   Lifestyle
Dari sekian banyaknya judul film, ada beberapa judul film di sini yang dapat menyadarkan kamu betapa pentingnya asuransi untuk melindungi diri dari risiko kejadian tak terduga. Apa saja? Simak lebih lanjut, yuk!
Baca Selengkapnya
Beli Asuransi Kesehatan Online Disini
Mohon tunggu...