30 Agustus 2019   Kesehatan

Jenis Kanker Darah yang Sering Menyerang Lansia ini Perlu Diketahui

Gangguan kesehatan berupa pertumbuhan sel-sel abnormal atau kanker yang terjadi di dalam darah bisa dialami oleh siapa saja, apalagi orang-orang yang telah lanjut usia (lansia).  Pasalnya, risiko terkena kanker darah ini meningkat seiring pertambahan usia seseorang setidaknya hingga 65 tahun. Lantas, apa saja kanker darah yang sering menyerang lansia? Simak ulasannya berikut ini!

Kanker Sel Darah Putih


Salah satu kanker darah yang sering kali dialami oleh seseorang yang berumur tua adalah leukemia. Gangguan kesehatan ini bersumber dari sel darah putih yang belum matang dan membelah diri dengan cepat. Hasilnya, sel-sel darah putih tersebut pun tidak berkembang sehingga berdampak buruk kepada sumsum tulang yang menyebabkan sel darah menjadi terganggu.

Leukemia sendiri terbagi ke dalam dua jenis yakni leukemia akut yang berkembang dengan cepat dan leukemia kronis yang bertambah parah seiring perkembangan waktu. Beberapa tanda-tanda leukemia yang kerap muncul yakni antara lain mudah demam, gampang terkena infeksi, penurunan berat badan tanpa sebab yang pasti, hingga tubuh yang mudah lelah.

Kanker Sel Plasma


Myeloma merupakan kanker darah yang berawal dari sel plasma yang terdapat di sumsum tulang. Secara umum, sel plasma sendiri berfungsi untuk membentuk protein antibodi yang mampu melawan infeksi bakteri dan virus.
Ketika seorang lansia mengalami kanker darah ini, maka antibodinya tidak akan mampu melawan infeksi, bahkan jumlah antibodi normal akan berkurang. Selain menyerang sumsum tulang, Myeloma dapat menjalar ke bagian-bagian terkeras tulang. Kondisi ini pun dikenal sebagai Multiple myeloma.

Meski tanda-tandanya cenderung tidak jelas, masalah ini akan menunjukkan beberapa gejala seperti nyeri tulang, kesemutan, pucat karena kurang darah, tubuh mudah memar, gampang terinfeksi penyakit, serta gangguan ginjal.

Kanker Darah di Sistem Limfatik


Salah satu bagian terpenting dari sistem kekebalan tubuh manusia yakni sistem limfatik.  Bagian ini berperan dalam menghasilkan, menyimpan, serta membawa sel-sel darah putih untuk melawan infeksi dan beragam gangguan kesehatan lainnya.

Sistem limfatik sendiri meliputi kelenjar getah bening, limpa, dan kelenjar timus. Kanker darah yang terjadi pada sistem limfatik dikenal sebagai limfoma. Adapun gejala dari kelainan ini yakni antara lain sesak napas, pembesaran kelenjar getah bening di area leher, ketiak, atau selangkangan, dan munculnya keringat dingin pada malam hari.

Munculnya Leukemia, Myeloma, serta Limfoma disebabkan oleh beberapa faktor risiko antara lain sering terpapar zat beracun saat masih muda, adanya anggota keluarga yang mengidap kanker darah, pernah menjalani pengobatan kemoterapi atau radioterapi, hingga terinfeksi virus-virus tertentu.

Ketika seorang lansia mengalami gejala-gejala kanker darah, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Langkah ini akan membantu proses penyembuhan kanker darah sedari dini.

Sayangnya, pengobatan kanker darah tidaklah murah. Ada beragam biaya yang harus dikeluarkan seperti  biaya konsultasi dokter, pengobatan, rawat jalan, hingga biaya obat-obatan. Maka dari itu, sebagai tindakan preventif saat gangguan ini tiba-tiba menyerang, ada baiknya jika kamu memiliki asuransi kanker dari AXA Financial Indonesia berupa AXA Cancer & Save.

Beragam keuntungan yang ditawarkan pun menanti kamu, misalnya uang pertanggungan Rp250.000.000 apabila terdiagnosa atau meninggal dunia karena penyakit kanker. Tidak hanya itu, ada juga keuntungan pengembalian premi 50% dari total premi selama 36 bulan dari tahun keempat hingga keenam, jika tidak ada klaim dan kondisi polis aktif.

Baca juga: 7 Risiko Penyebab Darah Tinggi, Apa Saja?
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?
Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?
05 Agustus 2020   Kesehatan
Menurut kamu, lebih baik olahraga pagi atau malam hari? Cari tahu jawabannya di sini!
Baca Selengkapnya
Kanker Ginjal: Penyebab, Gejala dan Pencegahan
Kanker Ginjal: Penyebab, Gejala dan Pencegahan
05 Agustus 2020   Kesehatan
Ada beberapa kanker yang jarang kita dengar, salah satunya adalah kanker ginjal. Apa itu kanker ginjal?
Baca Selengkapnya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
02 Agustus 2020   Lifestyle
Mau beli sepeda lipat? Perhatikan dulu hal-hal berikut ini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...