23 April 2019   Lifestyle

Jelang Puasa, Ketahui Terlebih Dahulu Pengertian Wakaf Berikut Ini!

1268     0
Sebagai umat muslim, bulan puasa merupakan suatu kegiatan wajib untuk menahan berbagai emosi negatif dengan cara tidak makan dan minum. Bulan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menambah pahala sebanyak-banyaknya. Walaupun di bulan Ramadan ini tidak hanya wajib menahan lapar dan haus, ada beberapa hal juga yang wajib dilakukan.

Salah satunya adalah menjalankan rukun wakaf. Bagi umat muslim, mungkin sudah tidak asing dengan kewajiban yang satu ini. Namun, tidak menutup kemungkinan ada yang belum mengetahui secara pasti pengertian rukun wakaf yang satu ini. Oleh karena itu, jelang puasa ada baiknya mengenal lebih jauh pengertian tentang kewajiban tersebut seperti berikut.

Pengertian Wakaf
Wakaf yang berasal dari kosa kata Arab (waqf) memiliki pengertian untuk menahan, berhenti, atau berdiam. Dari pengertian rukun wakaf ini kita mengetahui Syariah islam yang ditugaskan kepada umat muslim untuk menahan hak miliknya terhadap materi atau benda dengan tujuan untuk memberi sedekah kepada orang-orang yang berhak. Nantinya apa yang sudah diberikan akan dimanfaatkan sesuai dengan hukum dari ajaran agama Islam yang berlaku.

Syarat dan Ketentuan Melakukan Wakaf
Untuk melakukan salah satu Syariah Islam ini, diperlukan beberapa informasi penting khususnya syarat apa saja yang berlaku. Agar dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan benar, berikut ini ada syarat apa saja yang dibutuhkan untuk melakukannya.
 
  • Orang yang boleh melakukan wakaf
Berdasarkan pengertian wakaf, ada beberapa orang yang diizinkan untuk memberikan hartanya dengan syarat memiliki hak atas benda yang akan diberikan, memiliki akal sehat, baligh, dan mampu melakukan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku
 
  • Harta benda yang diizinkan untuk diberikan
Syarat yang berlaku untuk memberikan harta benda seperti merupakan barang berharga, memiliki pemilik yang pasti, dan merupakan harta milik pribadi.
 
  • Untuk menerima wakaf
Sebagai penerima wakaf, dibutuhkan beberapa syarat seperti memeluk agama muslim, orang bodoh atau budak, dan digunakan untuk kepentingan agama Islam.
 
  • Lakukan ikrar wakaf
Sebelum melakukan wakaf maka, dibutuhkan syarat untuk mengucapkan ikrar secara tegas, dimengerti, dan didengar oleh saksi.
 
  • Saksi Wakaf
Sebagai saksi yang resmi maka harus memenuhi syarat sepert sehat, seorang muslim, memiliki akal, baligh, dan mengerti dengan jelas hukum dari wakaf.

Jenis-jenis Dari Wakaf
 
  • Wakaf Umum
Salah satu jenis Syariah islam dari pengertian rukun wakaf adalah wakaf umum. Kewajiban Islam ini ditujukan untuk kepentingan umum dan tidak dikhususkan pada siapa pun. Manfaat yang dimiliki oleh wakaf jenis ini lebih besar daripada yang lainnya. Selain itu, pada jenis ini dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan baik untuk keagamaan atau perekonomian sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh orang banyak dan tidak terbatas pada kepentingan keluarga saja.
 
  • Wakaf Ahli
Selanjutnya adalah wakaf ahli yang ditujukan kepada beberapa orang tertentu seperti keluarga. Seperti contohnya kamu akan mewakafkan sebuah kamus Bahasa Inggris untuk dipergunakan oleh anak dan akan diteruskan kepada cucu. Cukup mudah untuk dimengerti, bukan?

Tujuan Wakaf
Berdasarkan pengertian rukun wakaf memiliki tujuan untuk memanfaatkan benda wakaf sesuai dengan fungsinya. Pada dasarnya fungsi dari wakaf bertujuan untuk mewujudkan potensi dan memiliki manfaat ekonomis. Harta benda wakaf dipergunakan untuk kepentingan ibadah serta mengembangkan kesejahteraan.

Nah, itulah pengertian rukun wakaf yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu sudah siap melakukan Syariah Islam yang satu ini? 

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...