23 April 2019   Kesehatan

Jangan Sembarangan! Ketahui Tips Olahraga untuk Ibu Hamil Agar Tidak Salah, Ya!

Selama menjalani proses kehamilan, penting untuk menjaga kondisi kesehatannya dengan mengurangi berbagai aktivitas berat. Dalam hal ini, para ibu hamil tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga loh. Tentu saja, sebagai ibu hamil pasti sudah mengetahui kekuatan yang dimiliki oleh kandunganmu.

Olahraga pada ibu hamil juga penting untuk dilakukan, dengan tujuan agar kandungan menjadi semakin kuat dan sehat. Tentu saja gerakan yang dilakukan tidak boleh sembarangan, sebaiknya pilih kegiatan yang cukup ringan. Agar tidak salah, berikut ini ada beberapa tips olahraga agar tidak salah, ya.

Carilah Olahraga yang Nyaman
Selama masa kehamilan biasanya tubuh akan menjadi lebih sensitif daripada biasanya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan olahraga yang sesuai dengan tingkat kenyamanan untuk tubuh selama masa kehamilan. Tips olahraga untuk ibu hamil ini bertujuan agar kamu dapat lebih semangat, emosi menjadi stabil, dan lebih rutin dalam melakukannya.

Kenali Batasan Diri
Dalam tips olahraga untuk ibu hamil sangat penting untuk mengenali batasan dari kemampuan yang dimiliki. Sebaiknya sebelum melakukan olahraga, periksalah kondisi kandungan pada dokter atau bidan. Cara ini dilakukan agar keamanan dan kesehatan si ibu dan calon bayi tetap terjaga. Kamu dapat melakukan olahraga minimal 30 menit hingga 1 jam per harinya sesuai dengan tingkat kemampuan ibu hamil.

Stabilkan Tenaga
Tips olahraga untuk ibu hamil selanjutnya dapat dilakukan dengan stabilkan tenaga saat melakukan suatu gerakan olahraga. Jangan mengejar banyaknya jumlah yang bisa dicapai namun, perhatikan kualitasnya. Untuk mencapai olahraga yang berkualitas, sebaiknya lakukan secara perlahan agar tenaga tidak cepat habis dan tubuh akan tetap nyaman selama melakukan olahraga.

Berikan Jeda Waktu
Kondisi suhu terbaik untuk ibu hamil adalah udara yang sejuk. Saat melakukan olahraga pada masa hamil, tubuh akn mudah terasa panas. Tentu saja, sebagai tips olahraga untuk ibu hamil  usahakan untuk selalu beristirahat pada jarak interval tertentu. Jantung akan terasa bergerak lebih cepat daripada biasanya sehingga, perlu untuk diistirahatkan selama beberapa menit agar kembali normal.

Jangan Lupa Minum Air Putih
Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan yang lebih dikenal sebagai keringat. Kekurangan cairan akan menyebabkan dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tidak dapat melakukan tips olahraga untuk ibu hamil. Jangan sampai kamu dan si kecil dehidrasi ya agar tubuh tidak kekurangan cairan yang dibutuhkan.

Melakukan olahraga selama hamil dengan sungguh-sungguh, memiliki banyak manfaat yang bisa kamu rasakan. Agar terasa lebih aman, sebaiknya mintalah pelatih atau seseorang yang sudah berpengalaman ya.

Tidak sulikan nih melakukan olahraga namun, dengan tips olahraga untuk ibu hamil dapat mempermudah dalam melakukan olahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dan terbukti aman untuk ibu hamil seperti yoga, berjalan kaki, senam ibu hamil, atau senam pilates. Rutin melakukan olahraga tersebut akan memperlancar proses persalinan kedepannya dan mempermudah dengan proses normal.

Pada dasarnya, saat olahraga tubuh akan menjadi lebih rileks dan nyaman walaupun mengeluarkan banyak cairan pada tubuh. Jadi, untuk ibu hamil yang masih takut menjalani proses persalinan, sebaiknya rutinlah mengikuti olahraga yang tenang seperti senam dan yoga. Walaupun kamu dapat melakukannya di rumah, tapi akan lebih aman jika dilakukan bersama teman. Jadi, segera daftarkan diri kamu pada pusat kebugaran yang menyediakan kelas-kelas yang dicari.

Inspirasi Terkait
Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Sepeda Brompton
Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Sepeda Brompton
09 Juli 2020   Kesehatan
Sepeda lipat Brompton ini memang menarik untuk dibahas. Nah, kali ini ada 5 fakta menarik tentang sepeda Brompton, antara lain:
Baca Selengkapnya
Makna Lagu “Memilih Nyawa” Teruntuk Para Tenaga Kesehatan di Masa Pandemi
Makna Lagu “Memilih Nyawa” Teruntuk Para Tenaga Kesehatan di Masa Pandemi
09 Juli 2020   Lifestyle
Lagu “Memilih Nyawa” wajib kamu dengarkan dan ketahui maknanya. Baca di sini!
Baca Selengkapnya
5 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Lemak
5 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Lemak
09 Juli 2020   Kesehatan
Untuk mencapai berat badan yang ideal dalam waktu yang lebih cepat, kamu perlu melakukan olahraga yang banyak membakar lemak, seperti:
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...