15 Oktober 2018   Kesehatan

Jangan Salah! Ketahui Olahraga untuk Anak Sesuai Usianya

Kebiasaan olahraga harus dipupuk sejak di sini. Aktivitas fisik yang menyehatkan ini berperan penting dalam tahap pertumbuhan dan kemampuan motorik serta ototnya. Apa saja olahraga untuk anak yang sesuai dengan usianya? Yuk, simak ulasannya berikut ini:


Usia 0-5 Tahun

Umur pertama di mana anak-anak akan memulai aktivitas fisik yang satu ini adalah ketika mereka berusia 5 tahun. Tidak menutup kemungkinan pula mereka yang berada di bawah usia ini bisa melakukan beragam olahraga seperti sepak bola atau basket. Tujuan dari olahraga ini tidak untuk berkompetisi tapi bermain.

Tapi sebelumnya, ada baiknya jika anak-anak diajarkan hal-hal dasar dari olahraga terlebih dahulu. Beberapa di antaranya adalah berendam di kolam atau di bath up sebelum berenang di kolam renang. Selalu pastikan mereka diawasi selama ketika bermain air.


Usia 6-8 Tahun

Pada usia 6 hingga 8 tahun, si kecil sudah mulai matang dalam melakukan aktivitas olahraga. Kemampuan menendang dan memasukkan bolanya juga sudah semakin benar. Adapun olahraga lain yang bisa dijadikan pilihan, yakni gimnastik dan bersepeda.

Tidak menutup kemungkinan, anak-anak di usia seperti ini juga melakukan olahraga lain yang berbeda. Pasalnya, setiap aktivitas fisik ini akan memengaruhi pertumbuhannya serta proses tumbuh kembangnya. Jika si kecil mengalami luka-luka ringan selama berolahgara, kamu tidak usah khawatir sebab hal ini akan membantunya mengatasi rasa sakitnya dengan baik.


Usia 9-11 Tahun

Salah satu perkembangan tubuh yang terjadi di antara usia 9 sampai 11 tahun yakni koordinasi mata dan tangan yang semakin matang. Maka dari itu, kemampuan melempar dan menendang bola seorang anak pun akan semakin akurat. Berbagai olahraga lain seperti golf atau tenis pun tidak ada salahnya untuk diajarkan.

Apabila di usia-usia sebelumnya, si kecil hanya berolahraga untuk bermain, saat ini mengikutkan anak-anak dalam olahraga yang bertujuan untuk lomba pun telah aman untuk dilakukan. Sebagai contoh, lomba lari dan lain-lain. Selain untuk mendapatkan tubuh yang bugar, olahraga tersebut juga akan membentuk jiwa kompetisinya.


Usia 12-14 Tahun

Hilangnya ketertarikan terhadap olahraga yang memiliki struktur atau peraturan tertentu merupakan ciri-ciri seorang anak yang berumur 12-14 tahun.  Mereka yang telah berusia 12 tahun cenderung berpindah kesukaannya ke olahraga yang memerlukan kekuatan otot. Sayangnya, olahraga dengan kekuatan otot ini belum terlalu cocok bagi mereka yang belum memasuki masa pubertas.

Adapun olahraga-olahraga ringan yang dapat melatih kekuatan ototnya dengan lebih sehat dan aman yaitu push up, sit up, serta squat jump. Selalu perhatikan aktivitas anak dalam berolahraga sebab jangan sampai dia mengangkat beban yang dapat menyebabkan risiko cedera.
 

Usia 15 Tahun ke Atas

Nah, ketika si kecil telah melewati masa pubertas, beragam aktivitas fisik seperti latihan angkat beban pun telah dapat dilakukannya. Justru, sebagai orang tua kamu harus mendorongnya untuk melakukan aktivitas ini.

Tidak hanya itu, olahraga untuk anak-anak di usia 15 tahun ke atas juga sudah dapat mengikuti lomba lari maraton. Yang jelas, selalu penuhi kebutuhan nnutrisi dan hidrasinya setiap hari. Semua hal ini akan menghindarkannya dari berbagai macam gangguan kesehatan yang dapat terjadi.

Untuk menghindarkan anak-anak dari rasa malas berolahraga, sebagai orang tua kamu sebaiknya memberikan contoh kepada mereka sejak dini. Keadaan ini akan memumpuk keinginannya untuk terus beraktivitas fisik.
 
asuransi penyakit kritis

Inspirasi Terkait
Kemampuan yang Dibutuhkan di Tahun 2021
Kemampuan yang Dibutuhkan di Tahun 2021
04 Januari 2021   Lifestyle
Persaingan di dunia kerja semakin tinggi, untuk dapat mempertahankan kualitas diri penting untuk kita untuk selalu meningkatkan kemampuan diri. Dengan kemampuan diri yang kita punya akan sangat menguntungkan bagi diri kita sendiri.
Baca Selengkapnya
Intip Ide Kegiatan Seru Jelang Libur Akhir Tahun 2020 di Rumah
Intip Ide Kegiatan Seru Jelang Libur Akhir Tahun 2020 di Rumah
31 Desember 2020   Lifestyle
dalam hitungan hari kita akan memasuki tahun yang baru. Namun pandemi belum berakhir. Itu artinya, kamu perlu mencari ide menyambut tahun baru tapi tetap di rumah saja. Tak perlu sedih, karena kamu dan keluarga tetap bisa merayakan malam tahun baru dengan kegiatan seru berikut ini.
Baca Selengkapnya
Tips Semangat Kerja di Akhir Tahun
Tips Semangat Kerja di Akhir Tahun
30 Desember 2020   Lifestyle
Momen akhir tahun selalu ditunggu-tunggu, hawa liburan begitu terasa. Tapi ingat, tidak semua kantor memberikan libur panjang hingga pergantian tahun. Masih ada yang harus tetap aktif bekerja sampai akhir tahun 2020. Berikut ini tips untuk kamu biar tetap semangat bekerja di akhir tahun.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...