21 September 2018   Finansial

Jangan Salah! Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi

1339     0
Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia seringkali membagi diri dengan istilah orang sukses dan orang yang mengalami kesulitan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Faktor penyebabnya adalah ketidakmampuan untuk mengelola berbagai hal, termasuk keuangan pribadi.

Orang-orang yang sukses secara finansial memiliki kemampuan untuk melakukannya dengan baik. Hasilnya, mereka pun bisa menata kehidupan sesuai dengan yang diinginkan. Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan pribadi agar bisa mencapai kehidupan yang sukses? Simak langkah-langkahnya berikut ini:
 

Atur Penggunaan Uang di Bawah Pendapatan

Menahan diri agar mampu menggunakan uang di bawah jumlah pendapatan yang dipunya merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Pasalnya, hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Seseorang sering sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang wajib dipenuhi, sedangkan keinginan tidak akan pernah ada habisnya.

Kesalahan yang sering terjadi adalah seseorang lebih sering mengedepankan keinginannya dibanding kebutuhan. Hasilnya, jumlah uang yang dihabiskan pun jauh lebih besar dari yang dimiliki.
 

Fokuslah untuk Rencana Masa Depan

Apabila semua kebutuhan terpenuhi, maka langkah selanjutnya yaitu merencanakan masa depan. Salah satu prinsip untuk mengatur keuangan adalah kemampuan berpikir panjang ke depan. Buatlah perencanaan terhadap masa depan sematang mungkin.

Rencana-rencana di masa depan akan menghindarkan kamu dari pola pikir pendek yang sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan tidak ada seorang pun yang mampu menebak masa dengan baik. Olehnya itu, mengatur keuangan pribadi seharusnya mempertimbangkan masa depan.
 

Pisahkan Rekening Bank untuk Tiap Keperluan

Cara lain untuk membenahi sistem keuangan adalah dengan memisahkan rekening bank sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Sebagai contoh, rekening gaji berbeda dengan rekening tabungan anak dan berbeda pula dengan rekening belanja sehari-hari. Hal ini untuk membuat cash flow pendapatan dan pengeluaran bulanan tetap terjaga.

Ketika rekening bank dipisah-pisahkan sesuai peruntukannya, maka kamu dapat menjadi lebih cepat merespon jika ada hal-hal yang berada di luar rencana terjadi.
 

Hati-hati Penggunaan Kartu Kredit

Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam pengaturan keuangan yakni adanya kartu kredit. DI beberapa situasi, penggunaan kartu ini memang dibutuhkan. Namun tentu saja perlu hati-hati sebab keadaan ini bisa membuat kamu jadi berhutang. Hasilnya, sistem keuangan pribadi kamu pun akan menjadi kacau.
 

Usahakan Agar Uang Bertambah

Terakhir, cara yang wajib kamu tempuh adalah dengan berusaha membuat uang bertambah banyak. Hal inilah yang dikenal sebagai investasi. Ada beragam cara yang dapat ditempuh dengan berinvestasi, misalnya investasi terhadap properti, saham, atau bahkan asuransi.

Semua hal ini untuk menghindarkan kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan serta sebagai cara untuk menabung. Investasi menjadi penting sebab jumlahnya akan terus bertambah seiring waktu yang terus berjalan.

Ketika usia masih produktif, ada baiknya untuk melakukan dua hal penting, yakni kerja keras kemudian berinvestasi. Pasalnya, bekerja hanya dapat dilakukan dalam waktu yang terbatas sehingga ketika di usia muda kamu hanya bersantai tanpa bekerja, maka akan mengalami ancaman jatuh miskin di masa tua.

Demikian pula jika kamu tidak berinvestasi. Investasi yang baik akan menghabiskan banyak waktu sebelum menuai hasilnya. Hal ini tidak akan bisa jadi dalam semalam. Olehnya itu, mulai sekarang segeralah untuk berinvestasi untuk menghindari penyesalan.

Nah, itu tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengatur keuangan pribadi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.

Inspirasi Terkait
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
Tips Meraih Cita-cita Dalam Hidup yang Bisa Dilakukan Agar Terwujud
07 Oktober 2019   Lifestyle
Meraih impian bukanlah hal yang sulit dilakukan jika kamu mengikuti tips berikut ini
Baca Selengkapnya
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
Tak Hanya Sesak Napas, Ini 5 Macam Gangguan Jantung Lainnya yang Perlu Dipahami
07 Oktober 2019   Kesehatan
Gangguan pada jantung tidak hanya menunjukkan gejala sesak napas, lho. Kamu perlu mengetahui tanda-tanda yang berbeda dari setiap jenis penyakit jantung seperti berikut ini.
Baca Selengkapnya
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
Sering Disepelekan, Ini 5 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai
07 Oktober 2019   Kesehatan
Sakit jantung memang berbahaya dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, yuk kenali apa saja gejalanya, khususnya bagi para wanita yang memiliki tanda berbeda dari pria.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...