12 Agustus 2019   Kesehatan

Jangan Disepelekan! Para Orang Tua Wajib Tahu Penyebab Leukemia Pada Anak

leukemia atau yang sering disebut juga dengan kanker darah ini merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mengerikan dan tergolong dalam penyakit yang mematikan. Ternyata, tak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Namun, leukemia pun juga bisa menyerang anak-anak, lho.
 
Penyebab leukemia pada anak biasanya disebabkan karena adanya pertumbuhan atau transformasi yang sedang terjadi di dalam tubuh secara tidak wajar pada sel darah putih, atau yang disebut juga dengan leukosit. Tentu saja, hal ini menyebabkan pertumbuhan sel darah putih dalam tubuh yang tak terkendali. Selain itu, ada berbagai jenis leukemia yang biasanya menyerang anak-anak mulai dari akut, kronis, limfositik atau limfoblastik, dan juga myelogenous. Para orang tua, terutama Ibu sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab leukemia pada anak agar si Kecil bisa terhindar dari penyakit ini. Yuk, simak ulasan berikut ini!
 

Penyebab Leukemia pada Anak


 

1. Infeksi Virus


Tentu saja, pemicu penyebab leukemia pada anak yang pertama ini bisa disebabkan adanya infeksi virus di sekitar. Ada berbagai jenis virus yang bisa mengganggu sistem kekebalan metabolisme tubuh si Kecil. Perlu diketahui juga, kalau tubuh si Kecil itu tidak bisa disamakan dengan orang dewasa.
 
Jenis virus yang perlu diwaspadai untuk mencegah terjadinya leukemia pada anak antara lain retrovirus yang merupakan kelompok virus membawa karakteristik khusus, biasanya virus ini ada pada orang utan atau kera. Virus leukemia feline, biasanya menginfeksi pada kucing. Jadi, mulai sekarang para orang tua harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan anak, ya.
 
 

2. Faktor Leukemogenic


Penyebab leukemia pada anak lainnya yang perlu diketahui karena adanya faktor leukemogenik dalam tubuh si Kecil. Ada beberapa zat kimia yang telah terdeteksi dapat memicu risiko yang memengaruhi frekuensi leukemia. Selain itu, racun yang berada di lingkungan sekitar seperti benzena, bahan kimia industri (insektisida), dan juga obat untuk kemoterapi. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu penyebab leukemia yang dapat menyerang anak-anak.
 
Selain dua faktor yang telah disebutkan di atas, ada juga penyebab lainnya seperti radiasi. Hal ini pun mampu meningkatkan frekuensi leukemia mieloblastik akut atau yang sering disebut juga dengan LMA, dan leukemia limfositik kronik atau LKK.
 
Selain penyebabnya, para orang tua pun juga harus mengetahui gejala leukemia yang akan menyerang si Kecil.
 

1. Anemia


Hal ini akan terjadi pada anak, jika tubuh sedang kekurangan sel darah. Pada umumnya, anak-anak akan mengalami anemia yang akan ditandai dengan muka yang pucat, badan lemas, gampang lelah, dan juga sesak napas.
 

2. Nyeri pada Tulang dan Sendi


Gejala leukemia lainnya yang perlu diketahui adalah merasakan nyeri pada tulang maupun sendi. Bukan karena luka atau memar, ya. Melainkan nyeri yang akan dirasakan anak tentunya akan memburuk, karena sumsum tulangnya telah di akumulasi sel-sel darah putih yang tidak normal.
 

3. Mimisan


Mimisan masih sering disepelekan oleh sebagian orang. Jika si Kecil sering mengalami hal tersebut, sebaiknya pastikan kembali ke doktermu untuk segera melakukan pemeriksaan fisik, tes darah lengkap, CT Scan, MRI, biopsi tulang sumsum, dan hal lainnya yang diperlukan. Biasanya gejala lain yang akan muncul seperti pendarahan gusi, kesulitan bernapas, hilangnya nafsu makan, berat badan yang menurun drastis, sakit kepala, keringat berlebihan pada malam hari, serta munculnya bintik-bintik merah kecil pada kulit.
 
Nah, itu tadi gejala dan penyebab leukemia pada anak yang perlu Ibu waspadai, ya. Selain memerhatikan kesehatan si Kecil, tak ada salahnya juga kan jika Ibu memilih asuransi terkemuka yang bisa dijadikan pertimbangan demi menjamin kesehatan si Kecil, AXA Direct. Dengan mendaftarkan diri sebagai salah satu pemegang asuransi AXA Direct, tentunya ada banyak keuntungan yang bisa Ibu dan keluarga dapatkan, yakni antara lain AXA Cancer & Save untuk perlindungan dari risiko penyakit kanker, AXA Hospital Plus Life untuk rawat inap, dan AXA Life & Save untuk perlindungan jiwa agar Ibu, si Kecil, dan anggota keluarga lainnya dapat terlindungi, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja lihat perlindungan asuransi lainnya di www.axadirect.co.id.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Sepeda Brompton
Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Sepeda Brompton
09 Juli 2020   Kesehatan
Sepeda lipat Brompton ini memang menarik untuk dibahas. Nah, kali ini ada 5 fakta menarik tentang sepeda Brompton, antara lain:
Baca Selengkapnya
Makna Lagu “Memilih Nyawa” Teruntuk Para Tenaga Kesehatan di Masa Pandemi
Makna Lagu “Memilih Nyawa” Teruntuk Para Tenaga Kesehatan di Masa Pandemi
09 Juli 2020   Lifestyle
Lagu “Memilih Nyawa” wajib kamu dengarkan dan ketahui maknanya. Baca di sini!
Baca Selengkapnya
5 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Lemak
5 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Lemak
09 Juli 2020   Kesehatan
Untuk mencapai berat badan yang ideal dalam waktu yang lebih cepat, kamu perlu melakukan olahraga yang banyak membakar lemak, seperti:
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...