31 Mei 2019   Finansial

Jangan Boros! Ini 5 Tips Agar THR Kamu Tidak Cepat Habis

Lebaran menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Pasalnya, momen perayaan hari raya Idulfitri ini pun menjadi waktu tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan para sahabat yang terkasih.

Selain itu, lebaran juga selalu dinanti karena adanya tunjangan hari raya atau lebih akrab disebut THR. Sayangnya, uang ini sering habis tanpa tahu ke mana jika tidak dikelola dengan baik. Nah, bagi kamu yang bingung, ada beberapa tips agar THR tidak cepat habis. Apa saja? Yuk, simak 5 di antarnya berikut ini!

Siapkan untuk Perayaan Hari Raya
Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan tunjangan yang telah diterima untuk persiapan hari raya. Ada berbagai keperluan yang penting untuk disiapkan sebelum hari raya tiba, mulai dari uang untuk zakat, sedekah, hingga berbagi sejumlah THR kepada saudara di kampung halaman.

Tidak hanya itu, keperluan seperti baju baru, tiket mudik, dan anggaran untuk makanan di hari lebaran juga tidak boleh diabaikan. Maka dari itu, kamu wajib membagi keperluan-keperluan tersebut ke dalam berbagai amplop.

Bayar Utang yang Ada
Salah satu tips agar THR tidak berlalu begitu saja yakni dengan menyiapkan anggaran untuk membayar utang yang ada. Adanya uang tunjangan yang diberikan menjadi langkah penting untuk melunasi segala utang.

Pasalnya, ketika utang terus dibiarkan begitu saja tanpa dibayar, maka akan menyulitkanmu di kemudian hari. Namun, apabila kamu tidak punya utang, ada baiknya jika segera menyisihkan THR ke dalam dana darurat untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan secara tiba-tiba.

Pindahkan untuk Tabungan
Adapun tips lain agar kamu tidak boros saat THR sudah di tangan adalah dengan segera memindahkannya ke tabungan. Langkah ini pun menjadi cara terbaik untuk mengelola THR yang ada sekaligus memanfaatkan momen untuk menabung.

Hal ini dikarenakan oleh keberadaan gaji pokok yang sering kali habis sehingga tidak mampu ditabung untuk tabungan. Pasalnya, menabung merupakan aktivitas penting untuk masa depanmu.

Sisihkan untuk Investasi
Tidak sedikit orang yang kerap menganggap sepele persoalan investasi. Padahal selain menabung, aktivitas ini tidak kalah pentingnya untuk dilakukan. Dengan menyisihkan separuh THR untuk investasi, maka modal untuk masa depan cerah sudah di tangan.

Siapa sangka bahwa investasi bisa menjadi sumber keuangan baru bagi kamu. Semakin lama sebuah investasi berjalan, semakin besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Dengan cara ini kamu bisa menjadikan investasi sebagai tujuan keuangan dalam jangka panjang. Menarik bukan?

Perbanyak Berbagai Kepada Sesama
Selain berpuasa selama bulan Ramadan, ibadah lainnya yang penting untuk kamu lakukan yaitu memperbanyak sedekah dan berbagi kepada sesama. Ramadan pun menjadi bulan yang tepat untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Jangan ragu untuk membagikan sebagian THR yang kamu punya untuk orang lain. Cara ini pun menjadi salah satu cara untuk mensyukuri rezeki yang ada sehingga kamu bisa memahami arti hidup dengan lebih baik. Hasilnya, uang yang kamu punya akan jauh lebih berarti.

Nah, itu tadi beberapa tips supaya THR yang ada tidak habis begitu saja. Hindari membeli barang yang tidak penting untuk menghindari uang terbuang percuma. Dengan lebih bijak dalam mengelola tunjangan yang ada, maka kamu pun dapat merayakan Idulfitri bersama keluarga dengan lebih tenang. Semoga informasi ini bermanfaat!

Inspirasi Terkait
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Membelinya
02 Agustus 2020   Lifestyle
Mau beli sepeda lipat? Perhatikan dulu hal-hal berikut ini!
Baca Selengkapnya
Suka Sarapan Bubur Ayam? Ketahui Manfaatnya Di Sini!
Suka Sarapan Bubur Ayam? Ketahui Manfaatnya Di Sini!
02 Agustus 2020   Kesehatan
Kamu penggemar bubur ayam? Ketahui manfaat sarapan bubur ayam di sini!
Baca Selengkapnya
Fakta atau Mitos: Kerokan Bisa Berakibat Fatal
Fakta atau Mitos: Kerokan Bisa Berakibat Fatal
29 Juli 2020   Kesehatan
Siapa yang suka kerokan? Ketahui dulu manfaat dan bahaya kerokan di sini!
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...