25 Juni 2020   Finansial

Intip Rahasia Mengelola Keuangan yang Benar agar Sukses Secara Finansial

Pastinya setiap orang punya mimpi untuk meraih kesuksesan, termasuk sukses secara finansial. Sukses secara finansial diperluakan pengelolaa keuangan yang tepat. Mengelola keuangan bukan hanya memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran saja, tapi juga bagaimana keduanya dapat berjalan seimbang. Yuk, intip rahasia mengelola keuangan yang tepat agar sukses secara finansial.
 

Rahasia Mengelola Keuangan yang tepat

1. Memiliki catatan belanja

Catatan belanja bisa menjadi perencanaan keuangan kamu. Kamu perlu mencatat darimana uang kamu datang dan kemana uang kamu akan pergi. Dengan begitu, kamu bisa memahami kondisi keuangan kamu dan membantu kamu dalam mengelola keuanganmu.
 

2. Menetapkan perencanaan masa depan

Mengelola keuangan bukan hanya untuk kehidupan saat ini, tapi juga di masa depan. Karena itu, cobalah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hindari untuk terus menuruti keinginan saja, seperti berbelanja baju atau nongkrong di tempat mewah. Utamakanlah kebutuhan agar kamu bisa memiliki sisa uang untuk perencanaan masa depan kamu.
 

3. Jangan lupa menabung

Dari kecil kita sering diajarkan orang tua kita untuk menabung. Ajaran ini memang harus terus diterapkan sampai kapan pun agar keuangan kita aman. Uang tabungan bisa menolong kamu saat sedang membutuhkan dana darurat, seperti biaya perbaikan motor atau mobil. Yuk, saatnya menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, jangan dihambur.
 

4. Punya asuransi sebagai tindakan antisipasi

Risiko yang mengancam kesehatan maupun keselamatan jiwa bisa datang kapan saja tanpa kita ketahui. Meskipun usia masih muda bukan berarti akan selalu sehat dan aman. Karena itu, kamu perlu punya sikap waspada dengan menyiapkan asuransi kesehatan untuk menjaga tabungan kamu dari biaya pengobatan. Akan lebih tenang jika kamu juga menyiapkan asuransi jiwa sebagai warisan untuk orang-orang yang kamu cintai.
 
 

5. Investasi dengan bijak

Rahasia terakhir adalah melakukan investasi. Mulailah berinvestasi dari sekarang dan alokasikan juga uang bulanan kamu untuk diinvestasikan. Berapa pun jumlahnya, nilai investasi akan terus berkembang dan kamu bisa merasakan manfaatnya di masa depan. Jadi, lakukanlah investasi dengan bijak ya.
 
Sumber: liputan6.com


Baca Juga: Pilih Asuransi Kesehatan atau Jiwa? Cari Tahu Lengkapnya di Sini!
 

Inspirasi Terkait
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Penyakit Listeriosis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
16 Oktober 2020   Kesehatan
Penyakit Listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes yang ditemukan di daerah lembab dan dapat bertahan di suhu dingin. Bagaimana bakteri ini dapat menyerang manusia? Berikut penjelasannya.
Baca Selengkapnya
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
Makanan Ini Bisa Menciptakan Rasa Bahagia. Cobain deh!
16 Oktober 2020   Kesehatan
Tahukah kamu, lewat makanan kamu bisa meningkatkan mood dan menciptakan rasa bahagia. Apa saja makanan itu?
Baca Selengkapnya
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona
15 Oktober 2020   Kesehatan
Selain kesehatan fisik, sangat penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental dalam menghadapi perubahan gaya hidup semenjak pandemi ini. Kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...