20 Agustus 2019   Kesehatan

Inilah 5 Tips Mengatasi Pingsan Saat Upacara 17 Agustus Nanti

578     0
Setiap negara, tentunya memiliki hari raya kemerdekaannya masing-masing dan tentu saja dirayakan dengan penuh kegembiraan dan meriah. Tak terlepas negara Indonesia, hari kemerdekaan kita selalu dirayakan setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Akan ada beberapa acara yang biasanya dilakukan, mulai dari merayakan upacara kemerdekaan, melakukan lomba, hingga meniru gaya para pahlawan.

Namun, perayaan 17 Agustus tidak akan lengkap tanpa adanya upacara untuk memperingati hari kemerdekaan sambil mengenang jasa para pahlawan. Namun, hal ini seringkali tidak didukung oleh fisik yang kuat dari para peserta upacara sehingga, dapat memicu terjadinya peristiwa pingsan saat upacara. Oleh karena itu, sebaiknya kamu ketahui 5 tips berikut ini untuk mengatasi pingsan.

1. Pindahkan ke Tempat yang Aman

Jika kamu melihat seseorang pingsan saat upacara 17 Agustus, maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengamankan korban ke tempat yang teduh. Baringkan pada posisi tubuh rata dan beri ganjalan pada area agar aliran darah dapat kembali mengalir ke otak. Jangan lupa, kendurkan pakaiannya jika terlalu kencang. Namun, lakukan hal ini pada sesame jenis kelamin ya.

2. Jangan Biarkan Pingsan Terlalu Lama

Saat seseorang pingsan, jangan biarkan korban tertidur dalam waktu lama. Segera bangunkan dengan cara mengguncangnya hingga terbangun. Namun, jika tidak berhasil sebaiknya berikan minyak aromaterapi atau minyak angin untuk memancing responnya. Jika hal ini sudah dilakukan dan korban belum memberikan respon segera berikan CPR dengan teknik yang benar.

3. Posisikan Tubuh ke Arah Samping

Mengatasi pingsan saat upacara dengan cara seperti ini juga perlu dilakukan pada orang yang mengalami pendarahan dari mulut. Hal ini bertujuan untuk mencegah korban tersedak saat pingsan. Lakukan secara perlahan untuk menghindari cedera pada tubuh korban.

4. Lakukan Ini pada Korban Setelah Sadar

Jika cara mengatasi pingsan saat upacara telah berhasil maka, berikan minuman manis pada korban seperti teh atau jus buah untuk mengembalikan energi tubuhnya. Jangan biarkan korban sendirian saat memulihkan kembali energinya. Selain itu, berikan ruang nafas baginya dengan tidak membiarkan orang-orang mengerumuninya. Cara ini akan membuat energinya cepat pulih.

5. Atasi Pingsan Pada Diri Sendiri

Jika saat upacara kamu merasakan tanda-tanda akan pingsan seperti mual, pusing, dan lemas maka, sebelum kehilangan kesadaran sebaiknya segera cari tempat istirahat. Berikan waktu untuk tubuhmu beradaptasi dengan kondisi yang baru saja dialami. Jika merasa sudah tidak kuat, carilah bantuan dari orang sekitar untuk mengambilkan air minum manis seperti teh agar energi dapat terisi kembali.

Pada dasarnya, gejala pingsan memang mudah dialami oleh siapa saja. Namun, tidak bisa diabaikan. Pastikan teman-teman terdekat mengetahui kondisi fisikmu yang sedang lemah agar mereka juga menjadi lebih waspada.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pingsan saat upacara 17 Agustus. Jika kamu merasa tidak memiliki fisik yang kuat maka, sebaiknya jaga kondisi tubuh dari sebelum kegiatan upacara. Tidurlah yang cukup, konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin agar fisik lebih kuat, dan jangan lupa sarapan di pagi hari ya.

Tubuh yang sehat maka kondisi fisik pun akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Hal ini akan membantu kamu lebih lancar dalam menjalani aktivitas outdoor. Selain itu, kamu juga bisa mulai latihan fisik seperti jogging, ya.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...