30 Agustus 2019   Kesehatan

Ini 5 Penyebab Kanker Lidah Lainnya yang Perlu Diwaspadai

808     0
Kanker lidah merupakan penyakit kanker yang menyerang jaringan lidah yang terjadi karena adanya kelainan atau perubahan genetik pada sel-sel jaringan lidah dan tumbuh secara tidak normal dan tidak terkontrol.

Perlu dipahami jika lidah terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian depan yang posisinya ada di dalam mulut serta bagian belakang atau pangkal yang posisinya ada di dekat tenggorokan. Kanker ini biasanya terjadi di bagian 2/3 bagian depan lidah.

Kebanyakan pengidap kanker lidah dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan kecanduan terhadap alkohol dan sering merokok. Orang yang pernah terinfeksi virus HPV (Human Papilloma Virus) rentan mengalami kanker lidah.

Penyebab Kanker Lidah


Biasanya pengidap kanker lidah adalah laki-laki berusia di atas 50 tahun terutama yang memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker lidah sebelumnya. Selain itu, beberapa faktor yang menjadi penyebab kanker lidah, yakni:
  1. Konsumsi minuman keras (alkohol). Terlalu sering mengonsumsi minuman alkohol, memicu orang tersebut mengidap kanker lidah. Mengonsumsi alkohol bisa merusak fungsi tubuh untuk mencerna nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, folat, dan vitamin E, alkohol bisa memicu oksigen reaktif sehingga mengancam DNA, lemak, dan protein pada tubuh
  2. Terserang infeksi Human papillomavirus (HPV). Infeksi Human papillomavirus (HPV) bisa memicu pertumbuhan jaringan yang berlebihan di dalam mulut dan lama-kelamaan bisa memunculkan kanker. Hubungan seksual secara oral diduga mampu  menyebarkan infeksi HPV di dalam mulut
  3. Kesehatan rongga mulut yang tidak dirawat. Penyebab kanker lidah juga berhubungan dengan bentuk gigi yang terasa kasar, tidak rata, dan bergerigi, adanya iritasi yang terjadi pada gigi yang ditambal dan bentuk gigi palsu yang tidak sesuai
  4. Menerapkan pola makan yang tidak sehat. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food, tidak mengonsumsi buah dan sayur juga menjadi penyebab kanker lidah. Apalagi tidak mendapat asupan vitamin E yang cukup. Salah satu manfaat vitamin E sendiri untuk mencegah kanker
  5. Pertahanan tubuh yang lemah. Sistem imun membantu menangkal berbagai jenis infeksi yang bisa mengganggu kesehatan kamu. Orang yang memiliki pertahanan tubuh kurang baik, akan mudah terinfeksi bakteri dan virus masuk ke tubuh.

Ciri-ciri Kanker Lidah


Sama seperti penyakit kanker yang lain, kanker lidah juga memberikan gejala yang bisa terlihat. Salah satu gejala yang paling umum adalah adanya bercak berwarna merah atau putih pada lidah. Selain itu, gejala kanker lidah lainnya yang sangat mengganggu adalah
  1. Timbul benjolan yang ada di daerah mulut dan leher
  2. Berat badan mengalami penurunan
  3. Terjadi perdarahan pada lidah tanpa diketahui penyebab yang jelas
  4. Adanya perubahan suara
  5. Timbul rasa kesemutan pada mulut yang terjadi terus menerus
  6. Mengalami sakit tenggorokan dan nyeri ketika menelan yang berlangsung terus-menerus
  7. Sariawan yang tidak membaik selama beberapa minggu
  8. Rahang sulit digerakkan
  9. Bau tidak sedap
  10. Rahang dan lidah sulit digerakkan
 
Baca Juga: Sering Disepelekan, Ini Dia 5 Gejala Kanker Lidah yang Harus Diketahui Sejak Dini!
Dari ciri kanker lidah di atas, ada sebagian pengidap kanker lidah yang mengabaikan gejala kanker lidah tersebut karena mereka terkadang tidak menyadari keluhan atau ciri-ciri kanker lidah di atas.

Untuk mendeteksi kanker lidah sejak awal, kamu sebaiknya menjalani pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 3 bulan, 6 bulan hingga 2 tahun sekali.

Selain itu, sebaiknya bila ada beberapa ciri kanker lidah di atas sudah kamu rasakan dan terjadi lebih dari tiga minggu, baiknya segera periksakan diri ke dokter, apalagi jika kamu sering mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok.
Kamu juga perlu memproteksi diri kamu dengan menyediakan asuransi AXA Cancer & Save dari AXA Direct.

Ini merupakan asuransi yang memberikan manfaat tunai untuk biaya pengobatan apabila kamu terdiagnosa kanker sejak stadium awal. Salah satu keuntungannya adalah memberikan uang pertanggungan Rp250.000.000 bila terdiagnosa atau meninggal dunia karena penyakit kanker.
tags: tips,seo

Inspirasi Terkait
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
Yuk, Lihat Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia Berikut Ini
16 September 2019   Lifestyle
Hari pelanggan nasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September. Penasaran dengan sejarah dan proses penetapan tanggal 4 September sebagai hari pelanggan nasional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!
Baca Selengkapnya
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
Tips dan Trik Menghemat Pengeluaran yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Boros
16 September 2019   Lifestyle
Jika kamu memiliki kebiasaan boros, perlu terapkan cara menghemat pengeluaran berikut ini agar bisa memanfaatkan uang dengan sebaik mungkin.
Baca Selengkapnya
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
Pertama Kali Cek Kehamilan di Bidan? Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Berikut Ini
16 September 2019   Kesehatan
Saat ingin melakukan cek kehamilan di bidan perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil.
Baca Selengkapnya
Mohon tunggu...